Beauty Diary by Rahma

Manfaat Lemon untuk Kecantikan

| on
February 05, 2016
Akhir-akhir ini aku lagi rajin pakai lemon untuk kulit wajah. Yang paling utama, aku ingin mengurangi atau kalau bisa sih menghilangkan noda hitam di wajah ^__^ karena sudah sering pakai produk-produk kecantikan yang ada di toko, mahal dan hasilnya biasa aja, nah sekarang aku mau coba yang alami. Walaupun produk skin care menyatakan dia itu berbahan alami, tapi kalau lihat komposisinya pasti mereka menambahkan beberapa zat kimia. So, today I’m back to nature and I chose LEMON. Kalau aku check lagi, memakai lemon lebih murah (beli di pasar 1/4kg = 5.000, bisa untuk 2 mingguan ^__^) dan praktis dibandingkan dengan menggunakan produk-produk kimia. One for all problems. Tinggal rajin aja :D karena aku pakai lemon ini tiap hari, tiap malam.
Ok deh, let’s check out what lemons do for our beauty :D


menghilangkan jerawat dan komedo. Lemon ini memiliki zat anti bakteri. Sehingga, dia bisa menyembuhkan, mengurangi dan juga mencegah jerawat di kulit. Komedo pun perlahan akan hilang. Caranya gampang. Iris lemon. Kemudian gosok lembut irisan lemon pada kulit wajah. Diamkan hingga kering atau tunggu 10 menit sebelum dibilas air dingin.

mencerahkan kulit. Lemon bisa mencerahkan bukan hanya kulit wajah tapi juga kulit tubuh. Kandungan asam pada lemon membuat kulit lebih cerah (bukan memutihkan ya :D) sehingga lemon mampu menyamarkan noda hitam dan noda bekas jerawat. Bisa dipakaikan juga pada lutut dan sikut yang hitam ataupun kasar. Tapi, perlu berhati-hati jika terdapat luka terbuka karena akan terasa perih jika asam lemon masuk ke dalam luka tersebut. Asam dalam lemon juga meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV. Jadi saat melakukan treatment jangan terpapar sinar matahari langsung. Sehingga, disarankan untuk melakukan treatment pada malam hari.

membersihkan kulit. selain sebagai masker, lemon juga bisa berfungsi sebagai cleanser dan moisturizer. Jadi, dia membersihkan sekaligus melembabkan kulit. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan juice lemon, yogurt dan minyak lavender ata chamomile. Kemudian pijatkan pada wajah untuk mengangkat kotoran. 

memutihkan gigi. Jika perawatan gigi ke dokter mahal, maka lemon bisa menjadi alternative murah untuk memutihkan gigi dan asamnya bisa merontokan plak di gigi secara alami. Caranya, ramu baking soda dan jus lemon. Gosokkan pada gigi dan diamkan sekitar 1 menit. Lalu, gosok lembut dengan sikat gigi.

mengurangi minyak pada wajah. Kalau aku perhatikan banyak produk perawatan kulit berminyak mengandung lemon di dalam komposisinya. yah, faktanya lemon secara efektif mengurangi minyak di wajah. Gosok lemon secara lembut pada kulit wajah sebelum tidur untuk mencegah minyak berlebih pada pagi hari.

mencerahkan warna rambut.  Lemon bisa digunakan sebagai pewarna rambut alami, membuat warna rambut lebih terang. Caranya dengan mencampurkan kira-kira ¼ cangkir conditioner dengan 1 cangkir perasan lemon (kira-kira 4 lemon). Pijat rambut dengan ramuan tadi. Kemudian jemur rambut di bawah sinar matahari selama 1-2 jam. Lalu cuci. Ulangi treatment hingga mendapatkan warna yang diinginkan. Bisa dilakukan satu minggu sekali.

mengeraskan kuku. Dengan mencampurkan olive oil dan lemon, kuku akan menjadi lebih keras, sehat, tidak gampang patah dan bersih. It is easy, it is cheap :D

melembabkan kulit kepala yang kering dan menghilangkan ketombe. Lemon bisa digunakan masker rambut dengan cara mencampurkan minyak kelapa, olive oil, madu dan lemon.

melembapkan kulit bibir. Treatment ini sama seperti pada kulit wajah. Perawatan wajah dan bibir di waktu yang bersamaan :D air lemon bisa mengangkan sel-sel kulit mati pada bibir sehingga memudahkan kita saat memakai lipstick.

Kesimpulannya, Lemon ini bisa dipakai sebagai cleanser, toner, moisturizer, hair mask, facial mask, lip balm, pemutih gigi, dan bisa dipakai untuk perwatan kuku juga. WOW :O satu produk untuk semua.

source
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Sedang terkena spam, jadi komentarnya dimoderasi ya. Tinggalkan link blog di name/url (bukan link artikel). Link hidup di kolom komentar langsung dihapus :)

Custom Post Signature