Beauty Diary by Rahma

Kumpulan Emak Blogger : Komunitas Blogger Perempuan Indonesia

| on
April 22, 2016
[update]

Hi... Selamat Pagi :)
hari ini saya ingin share terkait blogging. Saya sendiri mulai blogging itu sejak kuliah. awalnya karena tugas salah satu mata kuliah dimana saya diharuskan memposting catatan singkat kuliahan per minggunya. Sekarang saya sudah lulus dan blog ini berkembang menjadi blog tentang kecantikan :D emang sih saya tak bertalenta masalah make-up and beauty. Tapi saya senang saja membeli make-up, terutama lipstick. Hal yang paling utama adalah saya nge-blog karena saya senang nulis. Kebiasaan menulis diary sudah saya lakukan sejak saya SD. Now, I make it more serious :D

Blogging itu ada kalanya terasa sulit. terutama kalau tidak ada ide. semangat pun turun, dan blog mulai terabaikan. Nah, untuk mendukung semangat nge-blog, saya bergabung dengan beberapa komunitas, grup diskusi blogger di medsos. Yang paling baru saya ikuti adalah KEB. Beberapa minggu yang lalu dari sebuah blog yang saya follow, saya menemukan sebuah logo bertuliskan KEB. setelah ditelusuri KEB singkatan dari Kumpulan Emak Blogger yang merupakan komunitas blogger perempuan Indonesia.

KEB digagas oleh emak blogger Mira Sahid pada tanggal 18 Januari 2012 melalui laman group Facebook dan dalam waktu 1 hari 100-an lebih blogger perempuan, baik yang masih aktif ngeblog maupun tidak, bergabung di group ini. Member KEB secara rutin saling berbagi inspirasi, informasi, motivasi dan karya melalui blognya masing-masing dan berdiskusi di Facebook Group KEB.
Persyaratan untuk gabung KEB ini gak ribet ko... 
1. Group KEB khusus untuk BLOGGER PEREMPUAN, baik yang sudah menikah maupun yang masih lajang.
2. WAJIB memiliki blog personal, bukan blog bersama, blog bisnis, online shop, dan/atau blog MLM.
3. Blog personal Emak minimal sudah memiliki 5 tulisan, dan/atau diupdate minimal 5 bulan terakhir sebelum mengajukan permintaan gabung KEB.
4. Wajib memiliki akun Facebook pribadi, bukan akun bisnis, akun bersama, atau akun komunitas. Facebook Emak tidak digunakan untuk bisnis atau berjualan.
Untuk cara bergabung di komunitas itu silahkan kunjungi halaman ini. Di sana ada formulir isian pendaftaran. Kita isi, kemudian 'submit'. selanjutnya admin, atau biasa disebut makmin akan meninjau pengajuan pendaftaran kita. apabila peninjauan selesai makmin akan mengirimkan email approval. untuk kasus saya sendiri membutuhkan waktu sekitar 2 mingguan. agak lama sih, awalnya saya kira pengajuan saya ditolak. Saya malah sudah melupakan tentang pengajuan KEB. eh, kemarin dapat email approval. rasanya senang :D seperti menghidupkan asa yang mati.
Kita balas email dari makmin itu. isinya menyatakan bahwa "saya menyetujui dan akan mematuhi tata tertib KEB". Setelah membalas email, kirim join request ke Facebook Group KEB. Nanti, makmin akan meng-approve request kita. Setelah diterima, kita memperkenalkan diri di wall grup. Perkenalanya santai aja, gak usah formal. Suka-suka kita. Pastikan nama, tempat asal, dan alamat blog tertulis di perkenalan. 
Untuk lebih dekat dengan KEB, kita bisa follow akun twitter dan instagramnya di @Emak2Blogger :)
Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan saya untuk bergabung di komunitas blogger:
1. Memberi semangat untuk membuat menulis. Walaupun kurang dari 24 jam saya bergabung dengan komunitas ini tapi manfaat psikologis nya sudah terasa. saya lebih bersemangat mencari ide tulisan. poin-poin untuk bahan tulisan sudah nambah.
2. memberikan inspirasi. Di grup KEB banyak blogger yang share tulisan mereka. dengan mengunjungi dan membaca post tersebut, saya terinspirasi untuk membuat tulisan tentang tema yang sama atau mungkin memberi inspirasi untuk menata ulang tampilan blog kita.
3. memberi informasi. Sudah saya tuliskan. di komunitas blogger, banyak event yang diselenggarakan baik oleh komunitas itu sendiri ataupun sponsor. Selain itu, mereka juga mem-posting tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia blogging. Membuat pengetahuan kita terus bertambah.
4. Menambah lahan untuk berbagi tulisan. Tentu saja, tujuan utama adanya sebuah komunitas blog ini untuk saling berbagi tulisan. sehingga, lahan kita untuk berbagi dan meningkatkan pengunjung blog akan bertambah.   
. . . dan masih banyak keuntungan lain untuk bergabung di komunitas blogger seperti KEB ini :)
Untuk semua teman-teman blogger, selamat berkarya dan tetap semangat menulis.
7 comments on "Kumpulan Emak Blogger : Komunitas Blogger Perempuan Indonesia"
  1. I love your website, I would appreciate it for a good read this...!!!
    Do not forget a visit back to my website: www.exotismabes.com

    ReplyDelete
  2. Wah mantap dan trendi sekali ini komunitas :D

    ReplyDelete
  3. Hai mba rahma..salam kenal.oya boleh nanya2 gaa..aku baru2 ini register untuk join di KEB.udah diemail jg dan diminta join fanpage KEB.udah di approve jg.nah..perkenalan di wall nya itu gmn yaa.. aku ga paham ��. Aku bingung mau nanya ke siapa. Help me. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perkenalan biasa aja mba... tulis di wall nama, asal, dan alamat blog... biar orang2 bisa BW ke blog mba... santai aja, nulis nya gak usah formal :) bisa sedikit curhat juga misalnya, "aku baru mulai ngeblog nih, mohon bimbingan dan salam kenal semua :)"

      Delete
  4. Wah kebetulan lagi nyari-nyari komunitas blogging. Udh punya dua sih, dari dulu udah tau KEB ini, tapi tak kira yang belum nikah gak boleh gabung hehe, habis baca tulisan mba, aku mau gabung dah. Lumayan, blog juga udah ada beberapa postingan hehe
    salam kenal

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Tinggalkan link blog di "name/url", bukan link artikel. Link hidup di kolom komentar langsung dihapus :)

Custom Post Signature