Beauty Diary by Rahma

Review: Etude House Moistfull Collagen




Hi, ladies. Selamat Pagi! Semangat Pagi!

Kali ini aku mau share tentang salah satu produk hasil dari giveaway bulan kemarin. Baru coba dua kali, jadi mungkin ini lebih ke first impression. Dan produk ini berasal dari Korea dimana hampir semua keterangan produk di tulis dalam bahasa Korea. So, jika kalian tahu lebih tentang produk ini please comment below. Aku juga searching semampunya di google kok.

Pertama kalinya dapat produk Etude House, sepaket lagi, tentu senang banget. Walaupun dapat travel size, justru punya kelebihan sendiri. Lebih gampang habisnya. Ya, karena aku seneng coba-coba, lebih cepat habis lebih baik. Plus, jika memang tidak cocok dan mesti dibuang, enggak akan terlalu sayang soalnya isinya dikit banget. Rata-rata sekitar 10-20 mL.

etude house rahmaediary.com

Yang aku khawatirkan dari produk ini adalah kehalalanya. Judulnya collagen kan ya? Pikiran ini langsung ingat ke babi. Collagen babi kan menjadi bahan favorite untuk industri kecantikan bahkan makanan. Setelah dibaca di websitenya, kandungan utama dari Etude House Moistfull Collagen ada dua yakni extract yang berasal dari pohon Baobab dan Marine collagen.

as far as I know, pohon baobab itu pohon menjulang tinggi yang batangnya mirip botol dengan cabang-cabang pohon yang berada di ujung batang berbentuk seperti jamur. Biasanya terdapat di Afrika. Aku pernah lihat dokumenter tentang pohon aneh ini. Dan aku salut karena dia bisa menyimpan banyak air di batangnya. Exract pohon baobab memiliki kandungan kalsium dan vitamin C tinggi, 10 kali lebih banyak dibandingkan vit C dalam bulir jeruk. Bahkan, di beberapa bagian pohonya mengandung kadar protein dan vitamin A yang tinggi. Karena itu, ekstrak baobab dipercaya sebagai antioksidan. Walaupun memang masih sedikit produk kosmetik yang mengandung baobab ini.

Marine collagen adalah serat protein yang diambil dari kulit ikan laut, termasuk juga ikat cod dan salmon. Lega deh, bukan dari babi ternyata ^__^ Marine collagen bisa mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar UV, kekeringan dan berbagai masalah kulit yang berkaitan dengan proses penuaan. Bahan inilah yang memiliki tugas utama untuk melembabkan dan membuat kulit terasa kenyal.

itulah kenapa nama produk Etude House ini Moistfull Collagen, melembabkan dan mengenyalkan kulit hehehe jadi ladies buang jauh-jauh tentang skincare pencerah. Ini merupakan skincare untuk kulit kering, tanpa embel-embel pencerah ataupun pemutih. Cocok banget dengan kebutuhan kulit diriku. here is my bare skin, so dry and so dull.

rahmaediary.com

all right. Kita bahas produknya satu-satu berdasarkan langkah pemakaianya ya. 

[update]
Sekarang kan aku lebih sering banget pakai skincare, jadi lebih sering baca tentang tips perawatan kulit terutama untuk skincare Korea-nya. Skincare Korea memang memiliki banyak macam. Pantaslah banyak orang yang kebingungan tentang urutan pemakaian produknya. Cuma yang lebih simple adalah ikuti aturan ini "Mulai lah dari produk dengan tekstur paling encer hingga ke tekstur padat". Aku mengikuti saran di Journal Sociolla, berikut tahapan pemakaiannya: 
Exfoliating Toner —> Hydrating Toner —> Booster —> Ampoule —> Serum —> Essence —> Emulsion —> Moisturizer / Face Oil —> Sleeping Mask.

Step 1 Moistfull collagen facial toner

Toner memiliki tekstur lebih cair dibandingkan essence, jadi dia yang pertama dipakai. Eh, aku baru nyadar bentuk kemasanya mirip dengan pohon baobab. aneh begitu. Isinya 20 ml. Dengan ujung botol terbuka tanpa tutup bagian dalam. agak susah mengeluarkan produknya. Kandungan utamanya adalah air baobab dengan fungsi utama pemberi kelembapan.

etude house moistfull collagen

Moistfull collagen facial toner berupa cairan kental. Dibandingkan dengan essence, ini lebih lengket dan lebih "basah" saat diaplikasikan ke kulit. "Like jelly, the water droplets are soft to the skin yet firm in absorption" teksturnya seperti jelly, lembut dan menurutku licin banget pas dipijit-pijit di kulit dan perlu waktu lebih lama untuk menyerap. Cara menggunakanya ternyata memang dipijit dengan arah dari tengah ke luar secara merata keseluruh kulit wajah.

etude house moistfull collagen

Step 2 Moistfull collagen essence

Essense ini teksturnya lebih terasa kental dibandingkan toner. Makanya lebih enak kalau dipakai setelah toner.

etude house moistfull collagen

Kemasan essence dalam travel size ini berupa pump. enak sih, higienis. tapi kalau keluarnya kebanyakan susah ngebalikinya lagi. but no problem, keluarkan sedikit sedikit saja. Isinya 15 ml dengan masa pakai 12 bulan. Teksturnya mirip gel. Begitu digunakan, kulit terasa seger, cepat meresap dan tidak lengket! good job. Jangan lupa ditepuk-tepuk pakai tangan biar benar-benar meresap.

etude house moistfull collagen

Kandungan utama dari Etude House Moistfull Collagen Essence ini adalah Baobab tree extract dan marine collagen. Selain melembabkan dan mengenyalkan, ternyata moistfull collagen essence juga mempertahankan kelembapan pada kulit kita. Bahan lain pada essence ini adalah ceramide, merupakan komponen/bahan minyak antar lemak yang berfungsi menjaga kandungan air dalam tubuh. 

Step 3 Moistfull collagen emulsion

Kandungan utama moistfull collagen emulsion adalah ekstrak pohon baobab dan collagen. here it is di sana tidak dicantumkan marine collagen, hanya collagen saja. So, jika teman-teman tahu jenis kolagen apa yang digunakan dalam emulsion ini mohon kasih info di bawah ya. Kemasanya sama dengan facial toner, dengan isi 20 ml dan masa pakai 12 bulan. Untuk masa pakai memang semuanya 12 bulan.

etude house moistfull collagen

Entah karena essence dan toner, saat dipakaikan emulsion ini terasa lembut di kulit. Emulsion ini memiliki tingkat konsentasi pelembab yang tinggi untuk meningkatkan kelembapan serta kesehatan kulit. Meningkatkan elastisitas dan mengurangi garis-garis halus pada kulit. Dengan emulsion ini diharapkan kita akan mendapatkan tekstur dan tone kulit yang jauh lebih baik. Teksturnya seperti lotion, yup hand and body lotion, berwarna putih.

etude house moistfull collagen

Step 4 Moistfull collagen cream

Langkah perawatan paling akhir adalah moistfull collagen cream. Dikemas dalam bentuk jar, isi 10 ml. Walaupun kecil menurutku ini yang paling susah habis. Teksturnya kaya apa ya, krim jel? Kinclong begitu. Ambil sedikit, kemudian pijatkan ke kulit dan dia bisa "membasahi" banyak area. very nice. Tugas utama dia adalah melembutkan, menyegarkan, dan memberi efek watery pada kulit. Cuma dari semua produk menurutku ini yang agak susah menyerap. *tepuk* *tepuk*.

etude house moistfull collagen

Okay. Semuanya sudah aku bahas. Berikut perubahan-perubahan pada kulit saat memakai produk satu per satu.




Terlihatkan, kulit lama-lama semakin lembab dan terlihat lebih sehat. Aku suka banget dengan hasilnya. Terlihat lebih berair juga. So, tentu produk ini sangat direkomendasikan untuk ladies yang memiliki kulit kering ke sangat kering. Dengan Etude House Moistfull Collagen kulit jadi super lembab, super 'basah' dan segar.

Terlihat ribet memang, ada empat langkah perawatan. Untuk menyingkat aku kira, kita bisa pilih salah satu antara emulsion dan krimnya, biar gak terlalu lembab juga sih. Padahal dulu bercita-cita ingin beli satu skincare kit full size. Udah tahu ribet begini, aku mundur lagi hehehe

Bau keempat produk ini hampir sama semua. Ada seperti bunga, tapi bukan ya? lebih seger. Mungkin ekstrak baobabnya hehehe  Baunya gak menyengat jadi menurutku gak masalah sih.

Sekian review dariku. mungkin kalau ladies penasaran ingin coba, tapi masih agak ragu mengeluarkan uang dalam jumlah besar bisa coba ukuran travel size ini. Don't forget to share your thought in the comment box bellow. See you! ^__^



38 komentar

  1. Cocoknya buat kulit kering ya ini... trs kayanya lebih enak pake travel size gini. Kalo gak cocok gak rugi2 banget soalnya full sizenya etude moistfull collagen ini mehong 😂

    sugarsweetcookies.blogspot.com

    BalasHapus
  2. aku pernah pake essencenya tapi cuma berapa kali, soalnya ngerasa lengkt banget jd ga diterusin hmm

    beautybyliana.blogspot.co.id

    BalasHapus
  3. Wajahnya muluuuusssss bangeeettttt >_____< aku pernah coba emulsionnya dan suka banget~

    sweetmacaroonbyalo.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Waduh, tadinya jadi kepengen beli, tapi pas baca salah satu bahannya adalah ekstrak baobab, jadi ga pengen beli ^_^. Pohon baobab itu pohon langka yang pertumbuhannya lambat banget soalnya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak tau juga nih extractnya diambil dari tebangan pohonya atau bisa jadi hanya mengambil bagian pohon yg diperlukan saja...

      Hapus
  5. Aku juga pernah pake produk ini. Suka sama hasil akhirnya, cerah-cerah gimana gitu 😂
    fazirotulfirdaus.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kulit memantulkan cahaya lebih banyak jd terlihat bersinar, begitu? 😆

      Hapus
  6. aku kira Etude Moistfull Collagen ini bisa untuk kulit oily juga eh ternyata enggak yah, Mba. -_-
    oh jadi kalau di web etude menyarankannya essence dulu baru toner, ya? kalau aku skin care rutinnya biasanya toner dulu (sekalian ngebersihin sisa makeup yang kurang bersih setelah cuci muka) baru deh pake essence/ serum. hehe

    www.zahratsabitah.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya ga bisa utk kulit berminyak, cuma bagusnya utk kulit kering.. 😅

      Hapus
  7. terlihat lebih bersih dan kinclong ya kulitnya

    BalasHapus
  8. kak beli ini dimana? Pengen beli tapi selalu kehabisan yang moistufull collagen ini T.T
    Salam kenal ya hehe
    Aku udah follow kamu, kalo boleh follow balik aku yaa..
    Makasih sebelumnyaaaa
    waynblog.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan aku dapat ini dari giveaway. kalau mau beli bisa beli di toko2 skincare korea kaya althea dan hermo. atau bisa juga langsung beli ke toko etude house. lokasi tokonya bisa dicari di website etude house sendiri :)

      salam kenal dan thanks sudah follow.

      Hapus
  9. Keknya bikin kulit kenyal ya kak? Sukak hasilnyaaa!!!

    christinauntari.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kenyal 😍 cuma klo dipakai semua step-nya agak agak lengket gimana gitu... Jd berminyak juga 😐

      Hapus
  10. wah cocok untuk kulit kering yaa padahal pengen nyoba kulitku oily sih:(
    tapi kelihatan lebih lembab dan kinclong ya ka kulitnya stlh pakai ini:D

    winorinchan.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah pakai kulit jadi watery dan bener-bener basah... xD

      Hapus
  11. Halo kaak sekarang skincare nya pake yaa? Kulit kakak kering tapi berjerawat ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udh g pk ini, dikasih ke kakak krn kulitnya lbh membutuhkan dr pd aku. Hehe.. Aku kulit kering g berjerawat :)

      Hapus
  12. kak ini dipake siang / malam hari kak? dan untuk urutan siang / malam harinya sama nggak?

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Sis mau nanya, sy punya dari taun lalu. Msh boleh dipakai ga untuk taun ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dilihat expirenya aja sis, kalau sudah lewat tak usah dipakai apalagi kalau kemasannya pernah dibuka. . .:)

      Hapus
  15. Halo, ini pemakaiannya langsung berurut semua gt ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini satu paket, dipakai berurutan dari yg paling cair dulu biasanya, , , :)

      Hapus
  16. Kalo umur 15 tahun blh gk? Efek sampingnya ada gak y?

    BalasHapus
  17. Kalo umur 15 tahun blh gk? Efek sampingnya ada gak y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dipakai remaja. Efek samping aku kira gak ada karena bahan-bahannya tidak mengandung bahan berbahaya, hanya bahan pelembab kulit saja. Namun,, kadang ada saja kulit yang tidak cocok dengan suatu produk. Kulitku kering tapi tidak sensitif, selama dan sesudah memakai produk ini tidak ada efek samping negatif sama sekali.

      Hapus
  18. kulitku kombinasi, seringnya pakai ini pas malem aja pas mau tidur, bangun tidur kulit berasa makin kenyal, tekstur kulit jg membaik, intinya suka bgt sm produk ini..

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. aku orangnya senang coba2 skincare. sekarang sedang pakai elsheskin :)

      Hapus
  20. Ko di wajah aku kerasa lengket ya? Cara ngatasinnya gmna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dipakai semuanya kulit jadi sangat lembab dan cenderung lengket. jadi aku pakai sebagian aja. tidak keempatnya.

      Hapus