Beauty Diary by Rahma

#SerbaSerbi Blogger Pemula: Mendapatkan Rupiah dari Blog

| on
February 09, 2017
Selamat Pagi!

Teman-teman udah berapa lama jadi blogger sih? kayaknya ada yang gak pede dengan istilah blogger atau bingung menentukan "aku blogger atau bukan ya?". Jadi, sekali lagi aku tanya, udah berapa lama menulis dan curhat-curhatan di blog? Setahun, dua tahun, atau mungkin ada yang baru mulai menulis ya? Alhamdulillah, aku sudah konsisten menulis sejak tahun lalu. So, aku gak malu dan gak asing lagi dengan istilah blogger. Setahun jadi blogger, tapi sebenarnya baru 6 bulan kemarin aku berani bilang aku blogger kok ehehehe. Jika ada orang yang bertanya "kamu blogger ya?" sekarang aku pasti akan jawab,"IYA!"

rahmaediary - serba serbi monetizing blog

Buatku, menyandang status blogger punya kebanggaan tersendiri. Itu artinya aku udah mantap dan serius dalam blogging dan menulis *tinggal diseriusin sama kamu aja*. Pas jaman SMA dan kuliah, sudah tak terhitung berapa kali membuat dan gonta-ganti blog. Baru setahun ini, merasa nyaman dan konsisten dengan satu blog. Tidak sedikit loh orang yang putus asa di dunia blogging. Rajin di awal dan pada akhirnya menghilang kaya avatar. Ada yang putus asa karena bingung mau nulis apa lagi dan udah bosan gonta-ganti blog. Ada yang putus asa karena merasa sendirian ngeblog, sepi komentar. Bahkan, ada juga yang merasa blogging gak ada gunanya. 

Tipe terakhir itu biasanya adalah seseorang yang ngeblog karena faktor ekonomi. Jadi dia berharap banyak, bisa dapat duit cepat lewat blog. Salah gak sih? Gak salah berharap punya penghasilan dari blog. Namun semuanya ada proses. Butuh waktu untuk blog berkembang dan diminati orang. Jadi, sekali lagi, konsistensi menulis adalah faktor utama dalam blogging agar ada "sesuatu untuk dijual". Gak bisa lah sebulan nulis, trus langsung menghasilkan uang banyak *kecuali kalau kamu udah terkenal duluan* karena blogging menuntut kesabaran dan konsistensi. 

Tujuan aku ngeblog sendiri ya, untuk senang-senang aja. Bersenang-senang yang agak diseriusin. Bisa berbagi tulisan trus saling komen dan menyemangati sesama blogger. Setidaknya, kita bisa bersilaturahmi dengan blogger-blogger di Indonesia. Perasaan senang, fun, itu juga yang membuat aku (hingga sekarang) tetap menulis walaupun enggak digaji. Ngeblog karena senang-senang akan sangat indah saat mendapatkan rupiah loh. 

Itu yang aku rasakan saat pertama kali dapat tawaran job. Pertengahan tahun 2016, ceritanya aku dikasih job article placement. Mereka sudah siapkan artikel, kita tinggal publish saja di blog. Uangnya gak seberapa, tapi aku ngebalas emailnya sambil senyum bahagia banget dan gemeteran kaya yang lagi dilamar xD lebay kan? standar article placement itu dikisaran Rp. 50.000 - Rp. 100.000. Minimal menutupi biaya internet lah ya. Bulan-bulan selanjutnya beberapa tawaran datang lagi, hingga sekarang pun masih ada. Alhamdulillah sekarang sudah terbiasa dan gak gemeteran lagi pas ngejawab emailnya.

Awal-awal, aku bingung juga saat membalas email yang menanyakan "ketentuan dan fee". Itu biasanya email untuk job review. kalau article placement mah biasanya mereka sudah menawarkan ketentuan dan fee-nya, tapi masih bisa kita nego. Untuk membalas email itu, dulu sampai searching "bagaimana cara membalas email tawaran job yang baik dan benar". Aduh kocak ya, dasar blogger bocah. Habis aku bingung ketentuan yang dimaksudkan apa sih? dan feenya harus berapa? 

Berdasarkan pengalamanku, ketentuan isinya ya tentang persyaratan kita agar mau ngereview atau ngepublish artikel mereka. Misalnya: artikel yang disediakan tidak boleh artikel copas, tidak memiliki link eksternal dofollow lebih dari 5 (misalnya), artikel dipublish 3 hari setelah diterima atau barang harus aman dan halal digunakan. Yang begitu-begitu lah. Nah, sekarang fee. Berdasarkan pengalaman juga sih, kalau masih awal-awal ngeblog fee jangan jauh-jauh dari Rp. 50.000.

Pernah dikacangin sesudah ditawarin job? Pernah. Baru sekali sih dikacangin tapi itu memberi hikmah yang berharga karena aku sendiri yang salah ehehehe. Ceritanya, dulu ditawarin untuk produk review dan aku terima tawaranya. Nah, mereka minta media kit / informasi blog dan fee. Pada saat itu aku lagi sibuk dan gak tahu kenapa lagi stress banyak pikiran jadi koneksi otaknya terganggu :D hehehe. Pas baca "minta media kit-nya" aku bingung. Padahal waktu itu aku tahu kok media kit itu seperti apa, tapi entah ya perasaan sama pikiran malah kebingungan. Mungkin karena sebelumnya belum pernah diminta yang begituan jadi agak gimana gitu. Belum lagi tentang fee. Aku harus ngasih tarif berapa ya? searching juga gak nemu harga standar untuk review-an berapa. Tanpa pikir panjang dan emang terburu-buru dikejar waktu kerja, aku balas "fee-nya 100rb", udah segitu aja tanpa memberikan media kit yang diminta. Trus mereka gak balas lagi. I understand...

Kesalahan pertama, email balasanku terkesan buru-buru dan gak profesional. Kedua, tidak ada media kit ataupun informasi blog yang diminta. Silahkan teman2 searching media kit itu apa dan seperti apa. Website yang ngasih template media kit gratis juga ada. Secara umum, isinya tentang deskripsi blog, monthly visitor, unique visitor, kontak, kerja sama dll. Ya, singkatnya media kit itu KTP blog. Kesalahan terakhir adalah pada fee. "Udah mah isinya jutek minta bayaran segitu, situ artis? ngaca dong!" kira-kira itu yang ada di otak aku. 

Finally I've learnt something. Jangan terburu-buru membalas email apalagi emailnya singkat. Email singkat bisa dicap jutek. Selalu tambahkan smiley ":)" untuk mencairkan suasana ehehehe. Sebenarnya untuk masalah fee, ngasih segitu bahkan lebih mahal gak apa-apa karena fee itu negotiable. Mungkin nanti bisa ditambahkan kata-kata "fee bisa didiskusikan kembali, jika dirasa tidak cocok". Terakhir, persiapkan media kit walaupun jarang diminta.

Kok bisa ya ada yang nawarin job? Bisa dong, mereka sendiri yang nyamperin atau kita yang nyamperin mereka. Pertama, mereka yang nyamperin sendiri ehehehe ya, mungkin mereka lihat medsos dan blog kita. Kemudian tertarik untuk bekerja sama. Cara kedua, paling sering aku lakukan, yakni kita yang nyamperin mereka. Kan kadang ada agency ataupun brand/komunitas yang membuka kerja sama/campaign dengan blogger. Kita tinggal apply aja untuk campaign-nya.

Bagaimana sih caranya bisa sampai dikasih tawaran job? Caranya adalah aktif bersosialisasi di dunia maya. Ikutan grup ini-itu. Tambah relasi di perjagatan dunia blogger. Namun selain itu juga, blog harus rapih dan dipercantik. Memang agak ribet dan butuh kerja keras. Tapi gak usah dibikin stress. Nikmati saja proses menulis dan dibikin simple.

Sekedar berbagi pengalaman aja, aku ditawari job dan mendapatkan rupiah dari blog setelah melakukan tiga hal berikut :

1. Ikut komunitas blogger
Komunitas blogger ini, buatku, adalah alam penghubung antar blogger dan juga penghubung blogger dengan sponsor. Ikuti banyak komunitas jangan cuma satu aja, mau lokal, national atau bahkan international, yang penting komunitasnya aktif. Komunitas lokal di kotaku belum ada, jadi rata-rata aku join komunitas blogger nasional dan biasanya khusus perempuan aja. Disesuaiakan dengan target pembaca dan sponsor yang diinginkan. Di sidebar blog ini kalian bisa lihat bagian "part of". Nah, itu beberapa komunitas yang aku ikuti. Sebenarnya sih ada beberapa komunitas lagi yang lain. Hanya saja mereka gak aktif. Bisa dikatakan hampir mati. So, tidak aku cantumkan. Pastikan komunitasnya aktif, ya. Biar terasa manfaat dan silaturahmi nya.

Ikuti juga grup seperti "job untuk blogger" atau grup-grup yang khusus berbagi tentang job untuk blogger. Ini sarangnya blogger untuk hunting job. Mereka suka share tentang article placement dan campaign suatu brand. Kalau belum cukup, kalian bisa hunting di web projects.co.id. Aku belum pernah nyari di sana ding, tapi beberapa orang yang share job kadang beberapa sumbernya dari web itu. Oia, ada lagi web yang mirip projects.co.id, yakni socia buzz dan activate. Activate kelasnya internasional, banyak job yang gak pas buatku. Jadi aku pass aja.

Jika sudah mendapatkan job yang dirasa cocok, kita tinggal apply saja. Setelah itu berdoa lah semoga terpilih dan ada email kerja sama yang masuk.

2. Aktif bersosialisasi
Sesudah gabung di grup-grup, kalian wajib aktif bersosialisasi. Sebelum posting, baca dan patuhi peraturan grupnya. Kadang ada member yang posting sembarangan di grup. Aku emang bukan adminya sih, tapi gak enak aja kalau lihat orang tidak menaati aturan. Kemudian bukanya sok kenal sok akrab. Begitu gabung, perkenal diri dan blog supaya member lain bisa Blog Walking (BW). Itu fungsinya untuk apa? untuk nambah trafik, tambah teman, tambah semangat nulis biar kalian gak berasa sendirian ngeblog. Jangan lupa untuk BW balik dan tinggalkan alamat blog di kolom komentar supaya orang-orang bisa BW juga ke blog kita. Kegiatan semacam itu menunjukan kalau blog kita bernyawa alias hidup. 

Kegiatan di atas selain menunjukan kehidupan suatu blog, berpengaruh juga ke statistik blog seperti Alexa Rank dan DA/PA blog *katanya*. Berdasarkan pengalamanku sih, selain konsistensi menulis, BW mempengaruhi Alexa Rank. Tahun 2016, kan aku rajin banget BW untuk "memperkenalkan" blog. Alexa rank berubah drastis dari 5 jutaan ke angka 1,1 juta. Targetku waktu itu punya rank minimal kurang dari 1 juta. tinggal sedikit lagi padahal. Namun, aku dapat kerja, konsentrasi dan waktu terganggu. Internet kan dipaket midnight. Yang kerja mah waktu midnight itu enaknya tidur bukan lihat komputer. Kemudian alexa rank sekarang turun ke angka 1,5 juta RUPIAH ehehehe. Anggaplah alexa rank itu popularitas blog. Semakin kecil angkanya semakin popular blognya.

Setiap BW kita meninggalkan link blog (bukan link postingan di blog) di kolom komentar kan? bagusnya link di simpan di bagian username "name/url" bukan di kolom komentar. Hanya saja ada beberapa blogger yang mematikan option itu. Aku juga deh hehehe. Soalnya kalau pakai "name/url", gambar usernamenya gak nampak. Ya, udah aku matiin aja. Hal yang paling menyebalkan itu adalah spam komentar, tiba-tiba aja ada yang ngiklan dan menyimpan link hidup. Mohon teman-teman gak kaya gitu ya. *katanya* spam komentar bisa mempengaruhi kredibilitas blog di mata google. Anyway, link hidup dalam kolom komentar gak kan muncul di blog ini. Udah aku kasih mantra. Maaf aja ya spam komentar akan dihapus. 

Kok banyak yang nyimpen link-link hidup gitu ya, itu fungsinya untuk apa? *katanya sih* untuk menaikan DA/PA blog. Deskripsi DA/PA googling sendiri ya. Di sini aku cuma ngasih info aja kalau nilai DA/PA sangat penting untuk mendapatkan job. Kadang beberapa tawaran mensyaratkan nilai DA/PA tertentu untuk apply campaign mereka. Singkatnya DA/PA itu menunjukan tingkat ketenaran blog di mesin pencarian. Semakin tinggi nilainya, semakin mudah untuk muncul di halaman satu google, dan semakin tinggi pula untuk ditawari job. Nilai itu juga berpengaruh ke fee yang akan kita terima. Misal kalau nilai dibawah 20/20 feenya cuma 50K, di atas itu bisa 100K-150K.

Terakhir, besosialisasi di medsos. Jangan lupa saling follow dengan teman-teman blogger satu komunitas. Punya medsos dengan follower banyak penting ya? menurutku penting. Pernah ada beberapa campaign dari brand ternama yang bikin aku ngiler. Tentu saja mereka pasti ngelirik akun dengan follower banyak. Kadang ada yang lansung mensyaratkan jumlah minimal follower. So far, jumlah follower standar paling minimal itu 500. Kurang dari itu, sangat perlu ditingkatkan lagi. Aku juga masih sedikit sih dan masih terus mencoba aktif. Pokoknya kalau ada akun ngefollow trus di bio-nya ada nama komunitas yang aku ikuti, langsung follback deh. Anggap mereka saudara se-komunitas.

3. Merapihkan blog dan media kit
Blog jangan sampai acak-acakan dan membutakan pembaca. Baik itu templatenya maupun tulisanya. Sebisa mungkin ya simple, clean, responsive dan SEO friendly. Itu memudahkan kerja mesin pencari untuk memunculkan blog di halamanya dan membantu pembaca untuk menikmati bacaan. Tulisan juga jangan gado-gado. Kalau blog-nya tentang "beauty" banyakin postingan tentang kecantikan lah. Mau itu review ataupun sekedar curhatan dan tips tentang kecantikan. 

Tema utama blog penting untuk menentukan job seperti apa yang ingin kita dapatkan. Brand juga milih-milih blog yang kira-kira sesuai dengan tema produk/jasa-nya. Kalau brand kecantikan, yang dilirik blog kecantikan semua. Kalau dia punya produk atau jasa tentang fashion, tentu akan melirik blog-blog fashion aja.

Kalau domain blog, apa perlu ya kita pakai domain berbayar? Gini aja deh, aku gak mau bilang itu penting karena toh beberapa blog dengan domain gratisan juga ada yang suka dapat job. Aku juga takutnya kalau bilang penting, kalian semua langsung beli domain trus pas udah beli eh ternyata gak ada tawaran yang hinggap, akhirnya menyesal mengeluarkan uang untuk beli domain hingga kalian bunuh diri. Namun, berdasarkan pengalaman, tawaran job datang setelah aku pakai domain berbayar. Kebanyakan campaign & job yang aku apply juga mensyaratkan top level domain (TLD/domain berbayar). 

Masalah media kit ini berdasarkan pengalaman aku yang tadi aja ya. Walaupun jarang diminta tetap siap sedia. Sekarang aku pun udah bikin. Ya, walaupun simple begitu, yang penting deskripsi dan informasi tentang blog tercantum di media kit.

Ya, kira-kira itu langkah yang sudah dan masih aku lakukan dalam mengelola blog. Itu juga cara agar gak bosen nulis dan tetap ngeblog. Walaupun rupiahnya belum banyak, tapi tetap aku syukuri. Bisa tambah pertemanan dan ada tempat untuk curhat, itu hal utama dari blogging. Just have fun! 

Ke depanya aku ingin akun non-hosted google adsense :( ditolak terus euy. Yah, begitu lah. Monetizing blog gak selalu indah. Yang indah mah cuma lamunan aja.

But still,,, aku masih senang di dunia blogging...
Semangat menulis teman-teman
see you... :)


Follow this blog via GFC
Thank you ^^
XOXO
73 comments on "#SerbaSerbi Blogger Pemula: Mendapatkan Rupiah dari Blog"
  1. Waw, makasih banyak mba tipsnya, komplit banget.. seneng ya mba udah bisa monetizing blog.. semoga saya juga bisa segera nyusul ya #eh.. btw klo dr WordPress agak susah mau komen di blogspot mba klo ga ada name/url nya,#curcol, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya telat, sekarang name/urlnya sudah diaktifkan. . .:D

      Delete
  2. Waw, makasih banyak mba tipsnya, komplit banget.. seneng ya mba udah bisa monetizing blog.. semoga saya juga bisa segera nyusul ya #eh.. btw klo dr WordPress agak susah mau komen di blogspot mba klo ga ada name/url nya,#curcol, hihihi

    ReplyDelete
  3. Aduh baca ini membantu banget. Aku banget nih blogger bocah yang waktu di email ditanya ketentuan malah bingung dan akhirnya emailnya lama tak terbalas. Sekarang jadi tau gimana caranya bales email hahaha

    Terus2 juga baru tau loh kalo nulis url blog tuh bagusan di username daripada di kolom komentar, tapi gara-gara banyak yang nulis di kolom komentar jadi bingung gitu kalo ada yang komen nggak menyertakan nama blognya, aku jadi nggak tau blognya apa (mungkin bukan cm aku yang begini, makanya pada nulis url blog di kolom komentar)

    Berasa ikut les waktu baca tulisan ini. Thanks for sharing ilmunya kak!^^

    kaniarda.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 nulis di kolom komentar, selama linknya bukan link hidup. Kalau pakai name/url, itu linknya hidup tapi tidak mengganggu, yang punya blog juga nanti gampang untuk BW. Jadi sama-sama menguntungkan begitu :)

      Delete
  4. Uun juga beberapa hari lalu ditanyain media kit, cuman belum tahu begininan... jadi njawab 30k (eh dikasih 300k) agak bingung juga, tapi syukurlah nemu artikel ini :)


    www.christinauntari.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah rejeki anak soleh un hahahaha XD

      Delete
    2. Nah, itu mah namanya keren Un. . . xD

      Delete
  5. hai rahma thank banget atas tipsnya
    bener-bener berguna banget untuk blog pemula buat aku hahahah
    aku agak sedikit bingung dengan PA dan DA sih dan lagi coba memahami XD, emang sepertinya itu pertimbangan penting banget buat client
    tahun ini aku target sih mau ganti TLD domain dan lebih aktif juga di sosmed, soalnya kebetulan aku sekarang kerja di digital juga dan kerjaannya berhubungan dengan brand kosmetik dan ternyata fee blogger sekarang di hitung lebih ke jumlah follower IG nya :/

    talkingwithbeki.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang memang banyakan ngelihat follower.. seberapa "famous" orangnya. DA / PA mah ketenaran blognya. biasanya dipakai untuk article placement, naruh link, dan memperbanyak keyword.

      Delete
  6. Thanks banget Rahma ilmu dan tipsnya, bener-bener ngebantu aku yg masih buta di dunia perbloggingan ini, padahal punya blog sedari 2014, masalahku cuma satu, kurang konsisten. Dulu sempet dapet tawaran kerjasama, trus mungkin gara-gara lama gak aktif lagi blognya jadi gak ada tawaran lagi bwahahaa... Emang kalo ditanya tarif itu masalah membingungkan banget ya, aku juga dulu galau. Tapi karna baca postingan ini aku jadi lebih tau balas email lebih baik tu gimana :D trus catatan juga buat aku, yg gak pernah aktif di komunitas blog ._. Ternyata ngaruh juga yaa.. Ah pokoknya postingan ini bikin buka mata deh, thankyou for sharing :***

    My-makeupdiary.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama... bagus lah kalau membantu, semoga bisa lebih aktif ngeblog ya dan ikut komunitas blogger biar lebih gampang cari job :)

      Delete
  7. Wah keren keren! Ngeblognya berproses ya Rahma.
    Aku ngeblog sejak 2013, sempat vakum, on lagi, vakum, on lagi. Haha. Bukan karena bosen, tapi biasanya karena lagi sibuk sama kegiatan di dunia nyata. Btw soal job dari blog, aku juga udah nyicipin manisnya. Dari yg 50 ribuan, sampe yg bisa dibeliin paket kosmetik brand yg lumayan mihil. Ngeblog enak ya. jangan berhenti belajar aja pokoknya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngeblog itu banyak tantanganya emang... :D aku usahakan tiap minggu ada postingan yg dipublish. Dulu mah mesti bertema beauty. karena sekarang aku juga agak sibuk di dunia nyata hehehe, jadi postingannya bakal rada beraneka ragam :(

      Delete
  8. Kak Rahmaa,, ini berguna banget. Apalagi untuk newbie kayak aku. Mau ngubek-ngubek media kit juga ahh. Thank you for sharing kak :)

    www.liamelqha.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama 😊 semangat blogging nya...

      Delete
  9. Waaahhh ini mak yg lagi aku cari buat belajar, maklum masih nubie bgt dlm hal monetize blog (meskipum ngeblog dr lama haha), makanya skg sedang menjejaki lagi spy bisa professional #halah ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama juga mba, aku masih newbie. . . 😂

      Delete
  10. Waah informatif banget! Makasih mbak ulasannya :D
    Aku bener2 masih newbie di dunia blogging.
    Salam kenal mbak

    sorayachaniifaa.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal... Sama kok aku juga masih newbie... 😅

      Delete
  11. Hi, Rahma! Toss dulu, saya juga sempat bingung begitu ada email penawaran kerja sama mendarat. Tetapi lama-lama bisa juga, hehehe. Sekarang lagi usaha menaikkan DA/PA yang suka jadi syarat buat terima job.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! Kukira cuma aku aja yg ngalamin hal itu... 😆

      Delete
  12. wahh nice infoo mba :D thank you yah infony bermanfaat banget buat nambah ilmu :)

    hatta-shani.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Trims sudah baca juga ya.. 😊

      Delete
  13. saya pun masih baru dalam dunia blog Mbaa, yuk sama-sama belajar :)

    salam kenal yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal... Trims sudah mampir.. :)

      Delete
  14. Waaaah... bagus banget artikelnya. Jadi pencerahan. :D

    Pas banget, awalnya kl ada email undangan /penawaran gitu, aku balesnya kaku banget, kayak business correspondence di kantor. :D

    Tapi biar nggak kaku-kaku amat, biasanya di akhir email aku tambahin smiley. XD
    Yang masih jadi PR sekarang, soal rate. Dan media kit.
    Ngga pede banget sama hasil media kit, juga kl ngasih blog rate. :/

    ReplyDelete
  15. Emg sih kadang suka speechless sndri kl ada email masuk nawarin kerja sama *hahah bocah banget*. Tp seneng sih, d smping sharing trnyata bs mendatangkan rejeki. Pr lagi nih rencananya mau beli domain. Tp harus aktif nulis lg.secara thun lalu ada kali ya 4bulanan jd agak krng rajin. Cm blm tau namanya bakalan jd apa *curhat lol������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Domain berbayar lebih kelihatan serius menjadi blogger :)

      Delete
  16. Sejak gabung di komunitas blogger, jaringan perteman sudah banyak, dan bisa dapat info job review juga.
    Ternyata butuh media kit lagi
    Jadi PR.
    Trims sharingnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama :) thanks sudah visit...

      Delete
  17. ini pencerahan banget.. makasih udah ngeshare ini. Aku ngeblog dari 2014,tapi baru aktif banget ya tahun ini, lol. pernah dapet tawaran kerjasama tapi rada kecewa karna nggak nyambung sama tema blog, jadinya aku tolak deh *gaya banget*

    tapi akhirnya aku jadi tau hal2 penting yg harus disiapin. jadi tambah semangat blogging, nih!

    adenadonia.blogspot.co.id/?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang lebih baik ambil kerja sama yg sesuai tema.. :) semangat bloggingnya ya...

      Delete
  18. Hehehehe.. sama.. adsense ku pun di tolak

    ReplyDelete
  19. Awalnya saya ngira ngeblog itu cuma nulis doang dan dibagikan ke semua orang, gak taunya bisa dpt uang juga

    ReplyDelete
  20. Ikut komunitasnya sudah, tapi bagian aktif bersosialisasinya masih nyumput di pojokan. Hahaha :D

    ReplyDelete
  21. Wah makasih mbak ilmunya, saya yang newbie jadi tambah tau tentang blog dan seisinya :)

    ReplyDelete
  22. nice sharing mbaak... infonya lengkap banget dan gak bikin bingung. *tercerahkan :)

    ReplyDelete
  23. Bermanfaat banget Rahma, jadi makin semangat nulis lagi hihi

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  24. wah, seneng banget bacanya, jadi semangat buat ngeblog. hihihi
    makasih kak...

    salam kenal kak :)

    http://mynurisaa.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  25. WOW, makasih kak tips untuk mendapatkan rupiah dari blog.

    ReplyDelete
  26. Makasih banget informasinya mbak! Benar, kita perlu sabar jadi blogger ini :)
    Salam, saya yelli dari Blogger Aceh, mampir ya ke rumah kami yellsaints.com

    ReplyDelete
  27. Ikut komunitas blogger emang membantu, bbrp kali dpt job dr sana, TFS tipsnya

    ReplyDelete
  28. Makasih sharingnya Mbak.. Informasinya berguna banget.. Semoga suatu saat bisa seperti Mbak Rahma juga yang dilamar ama job. Hihihi...

    ReplyDelete
  29. thks mba sharingnya baca ini sambil manggut2 xixixi aku jg merasakan yg mb rasakan ada yg nawarin gemeteran bgt balesnya wkwkwk

    ReplyDelete
  30. Makasih banyaak sharingnya mbaa :D
    Berguna banget!
    Duh saya udah bertahun tahun ngeblog sejak SMP, tapi lebih ke curcol gitu mbak nah pas kuliah ini ketemu temen ya yg udah ketjeh dapat penghasilan dari ngeblog jadi saya ikut kecipratan deh .. tapi sejauh ini saya masih banyak belum ngerti gimana dapat job yang emg khusus blog selain info endorsan dari komunitas blog mba

    ReplyDelete
  31. nice share mbak. tapi kadang yg ngehambat dan bikin nyerah itu uruaan berbau teknologinya. gaptek paraah ���� any suggestion???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kendala teknologi biasanya aku lihat tutorial2 di youtube hehe atau bertanya ke blogger lain yg sekiranya berpengalaman atau bisa membantu. . . bisa juga langsung bertanya di grup komunitas blogger, pasti lah ada yang mau bantu.

      Delete
  32. Nambah ilmu baru soal media kit nih :) lagi mencoba fokus ngeblog untuk satu niche, dan ternyata tambah susah hehehe.. Btw, aku udah daftar jd member BP untuk nonblogger, semoga segera bisa memberanikan untuk jd member blogger :)) Terima kasih infonya :)

    www.gitaagustint.blogspot.com

    ReplyDelete
  33. Wah lengkapnya.. makasih Mbak..

    sedikit sharing, aku baru ngeblog juga dalam bbrp bulan terakhir. Isinya curhat-curhatan doang.. hihi sampai akhirnya aku dapat sponsored post yang pertamaa.. tapi sayangnya, itu masih jadi satu-satunyaa.. blm dapat job lg skrg mah :D

    ReplyDelete
  34. ilmunya sangat bermanfaat sekali,,,thanks

    ReplyDelete
  35. Kak blognya rapi banget. Aku suka deh jalan2 di sini XD hehe aku liat2 deh post kakak, sma thx banget, infonya berguna banget n komplit. Aku termasuk newbie, baru terjun blogging, jadi post ini bener2 memotivasi aku

    nadithaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat ya . . . and trims sudah mampir :D

      Delete
  36. Nice Post. Nge-blog tuh sambil menyelam minum air yak, sekalian cari rupiah juga. lumayan buat beli gincu. Hehhhee

    pretty-moody.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  37. mba Rahma keren banget tulisannya, lengkap dan bermanfaat. Sukses terus yaa buat blognya :)

    ReplyDelete
  38. Thanks semua yg sudah baca san komentar... Sukses untuk kita semua dan semangat ngeblog-nya.. 😊

    ReplyDelete
  39. Kalau nentuin fee emang bingung ya waktu awal-awal malah sempat googling, eh setelah join komunitas jd tau nentuin fee bagusnya gimana.

    Ehm dulu aku waktu nyari itu nemunya dari blogger luar, dan tentang how to monetizing blog menurut aku blogger luar lebih 'terbuka'. Mungkin karena jadi blogger di luar itu udah gak asing kali ya?

    www.indiranyan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku setuju,, sumber bacaan monetizing blog dalam negeri masih sedikit. Jarang ada yang 'blak-blakan'.

      Delete
  40. wah komplit banget mbak, makasih banyak artikelnya bener-bener bermanfaat buat aku :)

    khhrnisa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) semangat blogging...

      Delete
  41. Aku tipe blogger pemalu mbak. Posting diam-diam, ikut grup hanya stalking, blog walking seperti kucing senyap dan tanpa jejak. Tapi pengennya bisa dapat iklan, hehehe. Ini artikel mencerahkan sekali, Trims Mbak Rahma Anan. Sekarang aku beranikan diri untuk meninggalkan jejak, salah satunya di sini. Salam. vemelinda.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAmaan saya juga pemalu... Hehe... Sudah bisa meninggalkan komentar di blog2 lain sudah bagus, dilanjutkan dg rajin sharing postingan di medsos.. :)

      Delete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. Mba Rahmaaa, makasih sharingnyaaa membantu banget ilmunyaa :D
    Aku kemarin berpikir apa harus TLD yaa, karna banyak teman teman juga sudah TLD. Tapi setelah baca ini, kayanya keputusanku bulat deh untuk segera TLD hehe, makasihh Mba :D

    Cindy,
    apriljournals.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  44. Ternyata menulis blog butuh proses, ketekunan, dan konsistensi ya kak rahma. Biasanya aku selalu ditanya teman2 dan keluargaku dan mereka selalu tanya emang berapa penghasilan dari nulis blog trus emang ada yang baca. Tapi itu membuat aku jadi patah semangat dan menghancurkan mimpiku menjadi seorang blogger.

    nurazizahkim.blogspot.com

    ReplyDelete
  45. Aku serius membangun blog uda 2 tahun ini. Sebelumnya juga sama cuma buat curhat2 aja. Tp sekarang uda mulai nyaman cari uang dari nulis dblog. Memang semua ga mungkin mak bedunduk. Perlu konsistensi dan like u said, merapatlah ke komunitas

    ReplyDelete
  46. Kalau masih sebulanan ngeblog mah jngn harap dlu bakal dpat uang ya kn mbk hehe. btw, makasih tips tipsnya mbk. jadi pengen nyeriusin blog yg akhir akhir ini terbengkalai

    ReplyDelete
  47. aku juga masih bingung sama media kit

    ReplyDelete

Sedang terkena spam, jadi komentarnya dimoderasi ya. Tinggalkan link blog di name/url (bukan link artikel). Link hidup di kolom komentar langsung dihapus :)

Custom Post Signature