Beauty Diary by Rahma

Membuat Efek Bokeh pada Foto

| on
March 28, 2017
Sebagai blogger yang sering mereview suatu produk, kemampuan photography dan editing foto adalah dua hal yang wajib dimiliki. Tujuanya adalah agar foto di blog terlihat lebih eye-catching sehingga bisa mendatangkan pembaca. Jujur saja, kita kadang selalu lihat gambar-gambar secara penuh di sebuah postingan dibanding membaca tulisanya secara tuntas, bukan? Itu karena memang tampilan visual lebih mencuri perhatian dibanding teks.

Membuat Efek Bokeh pada Foto untuk pemula

Untuk mendapatkan hasil foto menarik, selain mengandalkan teknik-teknik photoraphy seperti pengambilan sudut dan pencahayaan, tentu juga mengandalkan proses editing. Walaupun kemampuan mengambil foto sudah dikatakan baik, tapi kadang ada saja masalah yang membuat foto terlihat kurang memuaskan. Contohnya saja, ketika memiliki pencahayaan yang terbatas, foto menjadi sedikit buram dan gelap. Maka diperlukanlah tool editing untuk meningkatkan pencahayaan dan kontras.
Selain editing standard seperti brightness dan contrast, penambahaan efek juga akan membuat suatu foto terlihat menarik. Menurut pandanganku, ada dua efek utama yang menjadi favorite para beauty blogger dalam mengedit fotonya. Pertama, efek clean (bersih) yang mengandalkan over-exposure. Proses editing ini sangat mudah dan bisa dilakukan di hampir semua jenis editing tool. Hanya tinggal mengatur brightness-nya ke level tinggi sehingga foto terlihat cerah, "putih" dan bersih. Kedua, adalah efek bokeh yang bisa menunjukan kesan romatis atau magical dan dreamy.

Efek bokeh ini memiliki tahapan yang sederhana juga, namun tidak semua editing tool bisa memberikan efek bokeh sesuai keinginan kita. Aku biasanya memakai Photoshop untuk memberikan efek bokeh pada foto. Dengan aplikasi ini juga efek bokeh bisa diatur sesuai keinginan kita, mulai dari posisi, transparansi dlsb. Berikut langkah-langkah membuat foto bokeh pada foto dengan menggunakan photoshop.

1. Siapkan foto yang akan diedit dan foto background bokeh HD yang bisa kalian dapatkan dari free image stock website atau googling di google image.
2. Buka aplikasi photoshop
3. Kemudian masukan foto yang akan diberi efek beserta foto bokeh HD-nya, dengan drag and drop dari folder ke jendela aplikasi photoshop
4. Tempatkan layer foto bokeh di atas foto yang akan diberi efek pada table layer. Cukup dengan click and drag layer foto untuk memindahkan posisi layer.
5. Klik layer foto bokeh, kemudian berikan efek "screen"
6. Nah, selanjutnya tahapan terakhir tinggal mengatur efek sesuai keinginan, kemudian simpan file dengan cara pilih FILE -> SAVE AS -> SAVE AS TYPE PNG/JPG -> SAVE.

membuat efek bokeh dengan photoshop


Keterangan pada gambar:

1. Layer foto yang akan diedit
2. Layer foto background bokeh
3. Efek "screen" pada layer foto bokeh
4. Opacity untuk mengatur transparansi.


Jika ingin mengatur posisi efek, klik layer foto bokeh kemudian tekan CTRL + T dan drag titik-titik yang ada disudut foto untuk mengatur posisinya. Jika ingin membalik (flip) atau memutar (rotate) foto, sesudah CTRL + T klik kanan pada foto di jendela editor kemudian akan terbuka opsi mengatur posisi foto.

Menurutku langkah-langkahnya simple. Langkah utamanya hanya memberi efek screen saja pada layer foto bokeh. Hasilnya foto yang biasa-biasa memiliki efek bokeh yang berkesan romatis. Aku tambahkan juga video singkat tutorial ini agar lebih mudah dipahami. Semoga bermanfaat. . .


Follow this blog via GFC
Thank you ^^
XOXO
4 comments on "Membuat Efek Bokeh pada Foto"
  1. Noted mbak :) Tutorial ini simple banget and yes ga pake ribeut hahaha..

    mizzlittlestories.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. Makasih mbak infonyaaa, berguna banget dan ternyata lumayan mudah :)

    tifanydheanisa.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Thanks sdh berkunjung :)

      Delete

Terima kasih sudah berkomentar. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Tinggalkan link blog di "name/url", bukan link artikel. Link hidup di kolom komentar langsung dihapus :)

Custom Post Signature