Beauty Diary by Rahma

L'oreal True Match Liquid Foundation 04 Nude Beige

| on
April 18, 2017
Jarang-jarang aku ngebahas foundation. hehehe. . . aku tipe orang yang emang gak suka pakai foundation. Jadi, gak terlalu banyak beli foundie. Apalagi kalau produknya mahal. L'oreal true match liquid foundation ini juga hanya sekedar hibah dari kakak. Kebetulan dia kulitnya agak tidak bersahabat dengan macam-macam make-up. Dari pada mubazir, isi masih banyak, dia kasih aja. Apakah foundie ini cocok untukku?

True Match Liquid Foundation 04 Nude Beige


Kita mulai dari kemasan ya

Bentuknya pump. aku suka banget karena mudah dan gak bikin belepotan di kemasan. Praktis banget. Cukup tekan dan produk akan keluar. Cuma kalau ngeluarin produknya terlalu banyak, kayaknya akan susah untuk dimasukin lagi. So, sebagai pengguna mengeluarkan produknya sedikit-sedikit aja kali ya. Lebih baik nambah dari pada mubazir hihihi
Si wadahnya sendiri bisa menampung isi sebanyak 30 ml dan bahanya agak tebel. Menurutku ini berupa plastik kaca, gak pure kaca karena gak terlalu berat. Walaupun berbahan plastik tetep aja bentuk-bentuk yang bening kaya gini bikin was-was aja takut tersenggol dan jatuh, pecah berkeping-keping. 

True Match Liquid Foundation 04 Nude Beige

Di bagian belakang kemasan, terdapat informasi mengenai manufacturing, deskripsi produk dan klaim yang bisa didapat dari penggunaan L'oreal true match liquid foundation. Mereka mengklaim liquid foundation ini sangat mudah diblend, bertekstur ringan dan memberikan efek flawless pada kulit. Dia juga mengandung hyalluronic acid yang bisa memberikan sekaligus menjaga kelembapan kulit.

Kandungan lainya 

L'oreal true match liquid foundation sudah memiliki SPF 17 dan PA +++ untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. SPFnya segitu cukup gak sih? hehehe katanya sih cukup, walaupun rata-rata produk wajah yang aku punya SPFnya lebih dari itu. 

Kadang aku gak terlalu memperhatikan besaran SPF karena gak terlalu terasa efeknya. Cuma tetep aja was-was kalau produk berSPF kecil. Maklum lah, kulit aku entah kenapa banyak noda hitamnya, padahal jarang panas-panasan di luar. Pernah juga kulit jadi gosong, terbakar matahari, karena terlalu lama terpapar sinar matahari TANPA pelembab ataupun sunblock. Nah, dari situ aku mulai peduli sama produk berSPF. Gak harus pakai sunblock, yang penting produk itu berSPF biar kulit gak gampang gosong. Makin gede angkanya makin tenang panas-panasan di luar. . . emang mindset yang salah, tapi selama hasilnya oke untuk kesehatan kulitku, dipercaya aja deh =___=

Lihat swatch nya yuk

Ini aku kasih swatch tangan dan swatch muka sebagai perbandingan. Ribet amat ya. Habisnya kan ada yang suka swatch di tangan biar nanti warna kulit tangan dan muka gak belang. Untuk orang yang warna kulit muka dan tanganya gak beda jauh ya disaranin swatch langsung ke kulit muka aja biar bisa lihat kesesuaian shade produk dengan kulit muka secara langsung.

L'oreal True Match Liquid Foundation 04 Nude Beige

Kalau aku sendiri lebih memilih swatch langsung ke muka, walaupun nyatanya kalau milih produk di toko tetep aja swatch di kulit tangan biar praktis hihihi Lihat aja deh swatch tangan dan muka di gambar di atas. L'oreal true match foundation nude beige ini memang kelihatanya pas dengan warna kulit tangan, tapi pas disandingkan dengan kulit muka sepertinya lebih gelap. Walaupun gak terlalu gelap, ya aku senengnya alas bedak itu memberikan warna sedikit lebih terang dibandingkan warna asli kulit wajah.

Sebelum mengeluarkan produk, KOCOK dulu ya. Kan pas swatch di muka itu aku gak dikocok dulu. Langsung dikeluarkan aja. Eh pas mau diblend, kok warnanya agak kehitaman. Entah ini produk terlalu lama gak dipakai jadi banyak bahan-bahan endapanya atau gimana, tapi bukan itu aja sih. Ini perlu dikocok agar teksturnya lebih mudah diratakan di wajah. 

Aku gak biasa pakai foundie tebel karena gak nyaman di kulit, jadi disini aku pakai satu layer aja. Hasilnya, sebagian noda hitam, terutama noda ringan, bisa tersamarkan. Untuk menutupi noda-noda yang agak berat bisa ditambahkan lagi layernya. Dua sampai tiga layer cukup kali yah lima layer juga boleh hahahaha terserah enaknya kalian aja gimana.

L'oreal True Match Liquid Foundation 04 Nude Beige


Coverage and finishing

Namanya juga foundation, memang coveragenya bisa dibilang sama-sama ringan seperti BB/DD cream. Namun tetap ya hasilnya lebih memuaskan walaupun cuma pakai satu layer. Bisa menutupi pori-pori kulit dengan lebih baik. Hasilnya lebih flawless dan mulus. Aku suka banget. Trus, kalau diperhatikan lebih dekat lagi, liquid foundation ini punya bahan blink-blink nya gitu. Ada titik titik gemerlap di prouduknya. So hasilnya pasti gak kan matte.

Kan aku cuma pakai satu layer aja ya, nah rasanya ternyata sama aja kaya pakai BB/DD cream. L'oreal true match liquid foundation ini teksturnya ringan. Gak terasa cakey ataupun lengket. Tapi kalau berlapis-lapis pakainya, enggak tahu juga rasanya gimana.

Finishingnya berupa dewy look, no matte. Mungkin kurang disarankan untuk kulit berminyak. Aku pernah pakai foundie ini pas acara nikahan si teteh. Kurun waktu kurang dari tiga jam pakai foundie ini, kulit aku udah mulai berminyak. Paling kinclong di daerah T. Pada waktu itu juga cuaca agak panas. Udah touch up pun, minyak muncul cepat banget di bagian T itu. Belum lagi shadenya yang agak gelap, membuat wajah aku gak karuan. Jadinya, aku sering banget ke belakang buat touch up. Tambahin bedak lagi dan lagi.

L'oreal True Match Liquid Foundation 04 Nude Beige
finishing dewy/flawless
Minyaknya gak banyak banget sih kan kulit aku kering. Cuma kelihatan kinclong lah. Dulu aku menganut prinsip matte is perfect. Pokoknya gak boleh ada kilapan. Padahal semua wajah pasti akan mengeluarkan minyak pada saat kondisi tertentu. Selama gak berlebihan, rasanya kinclong dikit masih wajar. Eh, sekarang setelah Korean makeup yang flawless dan kinclong makin ngetrend, aku berubah haluan deh, jadi seneng yang dewy look.

L'oreal True Match Liquid Foundation 04 Nude Beige

*Maafkan muka doraemon ini ya. . . sedang belajar percaya diri, selfie pakai kaca mata walaupun terlihat amat jauh lebih tua hehehehe*

Ketahanan

Baru-baru ini aku pakai ke acara pernikahan teman. Mulai pakai foundie jam 10 pagi dan berakhir di jam 13.00. Beda dengan kejadiaan pemakaian di pernikahan teteh, kali ini sebelum pakai foundation aku pakai toner, gel pelembab dari Make Over dan cream siang. Lumayan ya dengan bahan tambahan itu foundie lebih gampang diblend. Awalnya shade ini terlalu gelap di wajah. Trus aku pakaikan Make Over silky loose powder shade snow. Eh, ternyata pas lihat di foto hasilnya malah bagus. Masih terlihat natural, pas dengan kulit asli dan kulit tangan.

Hasilnya, selama tiga jam itu warna foundation tidak berubah. Kan ada yang suka nanya, alas bedak ini oksidasi gak sih? selama pakai tiga jam itu warna foundie tidak berubah secara drastis, masih mirip dengan awal pemakaian. Entah ya kalau dipakai lebih lama lagi akan seperti apa. Namun, setelah aku baca-baca ternyata memang ada beberapa faktor yang bisa mengakibatkan foundie teroksidasi secara alami and here's how to solve it. . . Mencegah foundation teroksidasi.

Setelah pulang ke rumah, aku perhatikan hanya ada minyak berlebih di bagian hidung saja. Iya, lagi-lagi minyak berebihnya selalu muncul di hidung. Selebihnya muka masih terlihat flawless. Pengalaman dan hasil ini tentu akan berbeda di masing-masing kulit, iya kan? Belum lagi cara penggunaan yang berbeda akan berbeda pula hasilnya. Misalnya aja kalau kalian pakai primer dan bedak yang bagus. Mungkin saja hasilnya akan lebih bagus dan bisa menahan minyak lebih lama dari tiga jam.

Harga

Tekstur dan shadenya udah dibahas, gimana dengan harganya?
Harganya sendiri di atas 100rb. Kan ini emang belinya udah lama. Teteh bilang dulu harganya kurang dari 125rb atau sekitar di segitu lah. Lagi diskon kali ya? Eh, sekarang aku googling, kok rata-rata harganya di atas 150rb. Malah di sociolla harganya hampir 200rb. Menurutku harga segitu agak mahal ya? coverage dan ketahananya menurutku biasa aja, cuma ya memang kelebihan utamanya ada di hasilnya yang bagus, membuat kulit mulus. 

Review

Yuk kita bikin ringkasan reviewnya. . . 
(+) tekstur ringan, mudah diratakan di wajah
(+) berSPF
(+) kemasan pump praktis
(+) hasilnya flawless, bikin kulit terlihat mulus di foto hehehe

(-)  harga terlalu mahal
(-)  ketahanan terhadap minyak kurang

Shade 04 nude beige tidak begitu cocok di kulit putih atau terang, lebih cocok ke warna sawo matang. Bisa pakai bedak berwarna putih/terang untuk menyeimbangkan warna.
Kocok dahulu sebelum dipakai.

Beli lagi gak ya?
Aku sih sebenarnya ingin beli lagi dengan shade yang lebih terang. Namun, berat diongkos hehehe. Belum rela ngeluarin 200rb buat foundation aja. Lebih baik cari produk lain berkualitas mirip dengan harga lebih murah. Kecuali kalau kalian emang punya budgetnya dan ingin mendapatkan penampilan flawless you might want to try this one, soal ketahanan terhadap minyak, jangan berkecil hati. itu bisa diakali dengan primer :) So, kalau mau beli foundie ini aku saranin beli primer juga.

Oke temans, cukup sekian review dari Rahma, share juga pengalaman dan kesan-kesan pertama kalian tentang produk ini di kolom komentar ya. Apakah kalian yang sudah coba akan membeli lagi? Jika kalian tertarik untuk mencoba kembali atau mencoba untuk pertama kalinya, L'oreal true match liquid foundation tersedia di Sociolla dan dapatkan potongan harga dengan voucher di banner ini, minimal belanja Rp. 250.000 ya. . . :)

diskon sociolla



Follow this blog via GFC
Thank you ^^
XOXO
10 comments on "L'oreal True Match Liquid Foundation 04 Nude Beige"
  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. kalo gw sih yah Rah, gak peduli berapa besaran SPF di suatu produk makeup. Karena gw selalu memakai SPF di produk yg terpisah (baca: sunblok) Bintik2 item di wajah itu krn keseringan terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yg lama Rah. Sebaiknya menggunakan SPF di produk terpisah (bukan dari makeup) biar lebih mantep perlindungannya. Karena ya, misal nih, untuk melindungi muka kita butuh sunblok sebanyak 1 ruas jari tangan. Lah kalo misal kita ngandelin perlindungan dari foundation berSPF? yakali kita pake foundie sebanyak 1 ruas jari. Bisa ketebelan. Jadi saran gw sik mending pake produk terpisah buat SPF nya Rah.

    Aelah.. ini malah bahas skincare xD

    btw, biar ga melenceng.. gw belom pernah nyoba si loreal ini. kaga begitu tertarik :/


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw, walo kita jarang panas2an di luar ruangan.. kulit kita tetep terkena pantulan sinar UV loh Rah. Walo kita di dalem ruangan, sinar UV bisa nembus lewat jendela.

      Delete
    2. wah jadinya, dimanapun kita beraktifitas kita tetep kena sinar UV ya, , Tapi kok kulit aku gampang muncul noda hitamnya kebangetan , , , apa mungkin itu lebih diakibatkan oleh dosa ya? HAHAHA

      iya sih mending pakai sunblock terpisah, , , cuma sampai sekarang masih belum pas sama sunblock. Rata-rata yang murah teksturnya agak lengket bikin kulit aku gampang berkeringat juga *kulit aku aneh?*. Ntah ya yang mahal kayak gimana. . . gak kuat didompet euy xD

      Delete
  3. baguss hasilnya keliatan flawless gitu walaupun nahan minyaknya agak kurangg, kira2 ini sama maybelline fit me bagus mana yah._.

    kaniarda.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, untuk yang fit me, sayangnya belum pernah nyoba. . . jadi gak bisa compare :)

      Delete
  4. Aku blm prnh nih pake foundie utk sehari2, palingan pas nikah dulu ato pas jd pager ayu :p. Abisnya kulit sensitif mba.. Kalo udh keseringan pake foundie ini kulit biasanya lgs bruntusan.. Lah pas nikah aja, selesainya kulitku agak masalah.. Padahal pake yg bagus wkt itu.. Makanya kalo g ptg2 banget acaranya, biasanya aku ga pake :D. Pdhl pgn jg, apalagi kalo ngeliat muka temen2 yg pake, dan jd kliatan mulus banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang foundie itu utk kulit tertentu bikin gak nyaman. Hasilnya mah bikin ngiler ya, mulus gitu. Cuma Aku sih merasa tiap hari pakai foundation, kulit asli jadi tambah lusuh gitu deh. . . makanya dua tahunan ini aku ganti ke alas bedak yg lebih ringan drpd foundie untuk riasan harian :) thanks sudah sharing, fanny.

      Delete
  5. L'oreal true match liquid foundation,hmmm aku kurang cocok dengan foundationnya..terlalu berat di muka aku jadinya malah buat beruntusan, mungkin karena ketahanan minyaknya yang menurut aku gak ada kali yah hahaha.. aku baru 2 jam pakai ini di muka udah kaya kilang minyak.

    kalau aku cocoknya yang bb creamnya, lebih ringan dan perasaan aku untuk hasil gak beda jauh dari foundinya...

    www.melirukman.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, mau seringan apapun foundation ya ttp aja gak seringan dan senyaman bb/cc/dd cream. . . :)

      Delete

Terima kasih sudah berkomentar. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Tinggalkan link blog di "name/url", bukan link artikel. Link hidup di kolom komentar langsung dihapus :)

Custom Post Signature