Beauty Diary by Rahma

Dua Jenis Utama Popok Bayi yang Sering Digunakan

| on
May 28, 2017
Sebagai seorang wanita, tentu secara alaminya kita akan lebih banyak menghadapi hal-hal yang berkaitan dengan mengurus bayi. Semua wanita khususnya yang akan menjadi ibu dalam waktu dekat sebaiknya mulai mempersiapkan dan mempelajari perlengkapan anak yang akan dibutuhkan oleh bayi mungil nantinya ketika terlahir ke dunia.

image: canva
Salah satu yang paling penting adalah popok bayi. Popok bayi sangat penting diperhatikan karena tentu saja bayi belum bisa membersihkan dan menangani higinitasnya sendiri. Jika perawatan ini terabaikan, kesehatan kulit bayi akan terganggu.


Setidaknya bayi yang baru lahir akan mengalami BAK (buang air kecil) sebanyak 10 kali. Kadang jaraknya pun berdekatan. Baru saja digantikan popok, ia kadang BAK kembali. Sehingga, ibu perlu menyiapkan banyak sekali popok bayi.

Terdapat dua jenis utama popok bayi yang terdapat dipasaran. Anda bisa memilih disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan.


Popok Kain Bayi


Ini adalah jenis popok bayi yang bisa dipakai berkali-kali. Sama seperti kebiasaan ibu-ibu zaman dulu yang menggunakan popok kain biasa, popok ini juga bisa dicuci dan dijemur. Setelah kering, bisa dipakaikan kembali.

Perbedaanya terletak pada bentuk. Jika dulu popok kain hanya selembar kain bertali, kini modelnya dibuat semenarik mungkin, hampir seperti popok sekali pakai. Untuk memudahkan pemakaian, tali biasa diganti dengan kancing snap, mirip perekat layaknya popok sekali pakai.



Perbedaan lainya juga terdapat pada harga. Popok kain konvensional memiliki harga yang sangat murah karena hanya terbuat dari selembar kain. Sedangkan popok bayi kain saat ini memiliki harga lebih tinggi karena memiliki kain yang jauh lebih tebal. Tergantung pada ukuran. Biasanya ukuran terkecil untuk bayi berat 3kg memiliki harga di atas 50 ribu per item.



Popok Bayi Sekali Pakai


Popok sekali pakai saat ini sangat populer digunakan. Sesuai dengan namanya, popok jenis ini tidak bisa dicuci dan tidak bisa dipakai kembali, hanya sekali pakai. Setelah terisi penuh maka harus dibuang. Sehingga, ibu perlu memerlukan stok popok sekali pakai agak banyak.

Walaupun ibu memerlukan popok sekali pakai dalam jumlah banyak, tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan di pasaran sangatlah beragam. Jika dibandingkan dengan popok kain, maka popok sekali pakai jauh lebih murah. Bisa dibeli per pack atau pembelian satuan karena beberapa merk menyediakan produk dijual satuan dengan harga Rp. 2.500,- per item.



Bentuknya sangat praktis dan biasanya berbahan plastik kuat, menjadi salah satu kelebihan utama dari popok ini. Sangat disarankan dibawa ataupun dipakaikan jika bayi akan dibawa keluar rumah. Ukuranya tipis bisa dimasukan ke dalam tas kecil sekali pun.

Kekuranganya yakni pada proses pembuangan. Hal yang memang kurang diperhatikan oleh masyarakat luas di Indonesia. Bahan popok sekali pakai biasanya terbuat dari plastik dan memiliki bahan gel sebagai penyerap urin bayi. Kedua bahan tersebut merupakan zat yang sulit diuraikan secara alami.

Dari semua jenis popok bayi di atas, tentu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda memiliki perhatian tinggi terhadap lingkungan dan tidak berkeberatan untuk mengeluarkan dana serta sedikit tenaga saat mencuci, maka pilihan popok kain sangat tepat. Namun, apabila Anda memiliki kesibukan tinggi dan senang hal-hal praktis serta ekonomis, popok sekali pakai tentu menjadi pilihan tepat.

Kedua jenis utama popok bayi di atas bisa ditemukan di pasaran secara luas. Untuk popok kain modern nan stylish mungkin keberadaanya masih terbatas di pasar "fisik", maka toko online adalah pilihanya. Selamat berbelanja keperluan anak.




Follow this blog via GFC
Thank you ^^
XOXO
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Sedang terkena spam, jadi komentarnya dimoderasi ya. Tinggalkan link blog di name/url (bukan link artikel). Link hidup di kolom komentar langsung dihapus :)

Custom Post Signature