Beauty Diary by Rahma

Sasa Santan Kelapa Buat Gulai Kambing Makin Lezat

| on
December 21, 2017

sasa, santan, kelapa, kreasi, masakan, resep
background image from kulinersehat.com with editing

Gulai kambing biasanya identik dengan perayaan hari raya idul adha. Yupz bener banget guys karena ini merupakan menu masakan istimewa untuk hari yang istimewa pula. Dan memang bener rasanya kurang lengkap apabila idul adha tidak ada hidangan berbahan dasar kambing seperti sate kambing, gulai kambing, ataupun menu masakan lain. Walaupun memang, kita bisa juga dapatkan Gulai kambing di beberapa warung makan yang kebetulan menyediakanya.

Nah pada kesempatan kali ini saya bakalan ngebagiin resep gimana sih cara bikin gulai kambing yang lezat dan fenomenal. Karena kebanyakan dari kita kurang pede dengan hasil masakan gulai kambing yang telah kita buat. Entah rasanya yang keasinan ataupun kurang kena di lidah. Padahal dilihat dari segi bahanya saja, Gulai kambing ini termasuk makanan mahal dan butuh banyak bahan untuk membuatnya. Jasi sayang sekali bila tidak mampu menciptakan rasa yang fenomenal. 

Bahan dan Cara Membuat Gulai Kambing

gulai kambing
ilustrasi gulai kambing, scr: kulinersehat.com

Jadi dari pada kalian bersedih terus menerus yuk simak pembahasan kali ini. Untuk mempersingkat waktu, sebelum mulai memasak alangkah lebih baiknya kita persiapkan bahan dan bumbunya terlebih dahulu ya. Oh ya, untuk santanya, kita akan menggunakan Sasa Santan Kelapa ya. Jadi catat baik-baik saat berbelanja, belilah dua bungkus Sasa Santan Kelapa. Selama ini bahan inilah yang selalu jadi resep masakan saja. Sebab bahan ini mengandung Santan yang berkualitas, sama dengan santan yang baru diperas, memiliki aroma dan rasa sesegar kelapa yang langsung diperas. 

Meski Sasa Santan Kelapa ini bisa bertahan lama ketika di simpan, ia tanpa pengawet lho. ia hanya dikemas dalam keadaan sudah matang dan siap pakai. Makanya cocok untuk semua masakan baik makanan dan minuman. 

Bahan yang diperlukan untuk membuat gulai kambing itu terdiri dari: 
  •  400 gram daging kambing di potong-potong sesuai selera
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 4 lembar daun salam
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 1 batang serai ambil dagingnya saja lalu memarkan
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • Dua bungkus Sasa Santan Kelapa
Kemudian untuk bumbu halusnya yang harus kita persiapkan adalah
  • 6 butir bawang merah
  • 6 buah kemiri
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sdt garam
  • Penyedap rasa jika di butuhkan atau sesuai selera anda
Nah setelah semua bahan dan bumbu tersedi, tak perlu menunggu berlama-lama lagi. Yuks kita mulai memasak gulai kambing lezat dan fenomenal.
  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah, haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit dan juga kemiri. Kemudian sisihkan.
  2. Kemudian panaskan minyak sayur di atas api sedang dan masukkan daging kambing. Masak sampai daging berubah warna.
  3. Selanjutnya tumis bumbu halus hingga tercium aroma harum. Kemudian tambahkan daun jeruk purut, serai, daun salam, garam, dan juga merica bubuk. Aduk sampai rata.
  4. Setelah itu, masukkan Sasa Santan Kelapa ke dalamnya, aduk sampai rata dan mendidih menggunakan api sedang. Tunggu sampai daging benar-benar matang dan kuah mengental. This is it Gulai kambing lezat fenomenal siap di hidangkan.
Nah itulah resep membuat gulai kambing lezat dan fenomenal yang bisa saya bagikan kali ini. Gunakan Sasa Santan, Aslinya Santan maka kalian akan mendapatkan citarasa yang fenomenal.  Semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi dan see you.
1 comment on "Sasa Santan Kelapa Buat Gulai Kambing Makin Lezat "
  1. Semakin kebntu masak yah kak kalau ada sasa santan. Makananpun jadi nggak kalah enknya sma santan buatan/ meras sendiri 😁😁

    ReplyDelete

Sedang terkena spam, jadi komentarnya dimoderasi ya. Tinggalkan link blog di name/url (bukan link artikel). Link hidup di kolom komentar langsung dihapus :)

Custom Post Signature