Beauty Diary by Rahma

Perjuangan untuk Pergi Nonton

| on
Maret 26, 2019
Pergi nonton ke bioskop masih terbilang hal baru buatku. Kenapa? Karena dulu di Garut belum ada bioskop yang “layak”. Malah sekarang bioskopnya sudah tutup karena fasilitas sangat tidak baik dan pilihan film usang membuat orang-orang lebih memilih bioskop di kota sebelah. Yups, keluar kota hanya untuk pergi nonton. Agak repot kan ya. Jadi, ide pergi nonton sepertinya tidak begitu baik di pikiranku. 

Baru sekitar tahun 2014, kakak mengajakku untuk menonton di Bandung. Secara resmi, itu adalah pengalaman pertama pergi nonton. Film yang kami pilih, kalau tidak salah, adalah “The Maze Runner”. Benar-benar menegangkan. Mungkin, kalau ditonton di rumah film itu akan terasa biasa saja. Berhubung studio menggunakan speaker berkualitas baik dan layar lebar sehingga film terasa sangat hidup. Pantas saja orang-orang suka menonton di bioskop dibandingkan mendownload film dan menontonnya di rumah. 

Sejak saat itu aku juga mulai sering pergi nonton bersama teman. Tapi, tentu saja saat berada di Bandung saja. Ketika kembali ke rumah di Garut, pergi nonton is out of the list. Hanya bisa makan dan berbelanja. Untungnya, pada tahun 2017 ada kabar tentang pembukaan bioskop ternama di Garut. Itu adalah kabar yang sangat menggembirakan. Tidak perlu lagi keluar kota untuk menonton. 

Di tengah kabar kemunculan bioskop itu, munculah inisiatif untuk menularkan rasa suka menonton ini kepada para keponakan. Setidaknya mereka harus merasakan sensasi menonton di studio juga. Hitung-hitung mengasuh begitu lah. 

Aku hanya mengajak enam keponakan saja untuk menonton. Itu baru setengah dari total keponakanku sih dan sudah terbilang banyak. Tidak mengapa pergi nonton bergerombol bersama keluarga. The more, the merrier. 

Seperti biasa, aku datang ke bioskop sekitar 15-30 menit sebelum film dimulai agar tidak terlalu lama menunggu. Beli tiket, beli makanan dan nonton. Kira-kira begitu rencanaku, tapi aku lupa kalau ini Garut yang baru punya satu bioskop.

Begitu tiba, aku sedikit syok. Antusias masyarakat dalam menyambut kehadiran bioskop ini sangat tinggi sekali. Dari balik pintu masuk berkaca tebal transparan sudah terlihat antrean mengular tanpa celah. Benar-benar rapat. Tempat menunggu penuh dan lobby pun sangat ramai oleh orang-orang yang lalu-lalang. 

Jika ikut mengantri entah jam berapa bisa dapat tiket dan tidak ada jaminan tiket masih tersisa. Akhirnya, hari itu aku hanya mengajak para keponakan untuk berkeliling melihat studio di bioskop saja dan pergi bermain di area anak. No one wants to wait.

Hari berikutnya kakaku sendirian mencoba untuk mendapatkan tiket, tetapi hasilnya sama saja. Kami baru bisa mendapatkan tiket di hari ketiga. Itu pun masih harus mengantri berjam-jam. Tidak pernah terpikirkan pergi nonton menjadi hal yang melelahkan.

Aku ceritakan perjuanganku mencari tiket pada teman kerja. Dia tidak terlihat terkejut, ”Emang penuh banget sejak libur lebaran, Miss. Kalau gak suka ngantri, beli tiket online aja.” Apa? Emang bisa beli tiket online? Mulai deh googling. 

Ternyata ada beberapa website dan aplikasi yang menyediakan pembelian tiket nonton, salah satunya Traveloka. Yups, sekarang Traveloka tidak hanya menyediakan pembelian tiket perjalanan dan reservasi penginapan, tetapi juga tiket nonton. Asiknya, kita bisa membandingkan harga tiket dari satu biokop dengan bioskop lain. 

Dengan menyediakan informasi dari banyak tempat, calon penonton bisa mendapatkan tiket dengan harga paling murah. Fitur ini juga yang menjadikan Traveloka lebih baik dari aplikasi lain yang pernah aku coba sebelumnya. Kalau di aplikasi lain, biasanya informasi yang ditampilkan hanya berasal dari satu bioskop saja. Kurang bervariatif. Jika ingin membandingkan harga tiket di tempat lain, harus mendownload aplikasi lagi. Menghabiskan memori tentunya.

pergi nonton

Enaknya lagi, Traveloka adalah aplikasi bepergian yang lengkap nan serba ada dengan user interface yang sangat ramah bagi pengguna. Cukup buka aplikasi dan masuk ke bagian “movie”. Tentukan kota tujuan dan film yang akan ditonton. Kemudian, Traveloka akan menampilkan semua bioskop yang tersedia. 

Hmmm, untuk saat ini rasanya menonton “Captain Marvel” bakal asik nih. The most anticipated movie akan diserbu banyak orang dan kemungkinan besar antrean akan mengular, apalagi weekend. Agar kejadian seperti dulu tidak terulang, kita pesan tiket di Traveloka saja! Pilih film, pilih tempat, tentukan jadwal dan tempat duduk sesuka kita. Itu semua hanya dilakukan dengan jari saja. 

Sangat bersyukur rasanya saat ini semakin mudah untuk bisa melakukan sesuatu tanpa harus mengorbankan banyak waktu. Saatnya, mengucapkan salam perpisahan pada antrean ular!

Mau pergi nonton? Cek Traveloka aja!



Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature