Beauty Diary by Rahma

[Review] Maybelline Super BB Cushion 03 Natural





[update 07/09/2016]
Kali ini, saya mendapatkan kesempatan dari Yukcoba.in untuk me-review BB Cushion pertama dari Maybelline. Maybelline Super BB Cushion 03 Natural ini merupakan BB Cushion pertama saya juga loh. Dibandingkan dengan BB cream berkemasan tube, BB cushion lebih praktis dan higienis dalam penggunaan. Tidak usah khawatir krim-nya belepotan, tinggal tekan sponge pada cushionya dan aplikasikan ke wajah. 

Maybelline BB Cushion
Ukuran Maybelline Super BB Cushion ini, untuk tangan saya bisa dibilang terlalu besar. Setelah saya ukur, produk ini berukuran tebal kira-kira 2,7 cm dan diagonal 7,5 cm dengan berat 14 gr. Dessain kemasanya terbilang sederhana. Dipoles dengan dua warna, tutup berwarna metalik, sedangkan bagian bawahnya berwarna putih. Tidak terlalu ramai. Hanya ada tulisan Merk, shade, berat, kode-kode produksi serta tempat produksi.


Maybelline BB Cushion


Sedangkan informasi lebih lengkap bisa didapatkan pada kemasan kartonya. Memiliki warna senada dengan kemasan wadah, di kemasan karton terdapat informasi komposisi, cara pemakaian, kandungan utama, exp date, kode manufacturing dan penjelasan singkat produk.

Maybelline Super BB Cushion

Terdapat bagian khusus di bagian depan wadah yang bisa ditekan untuk membuka produk. Di dalam akan didapati kaca dan sponge. Kacanya sendiri hampir sama besar dengan ukuran wadahnya, lumayan besar lah. Sedangkan untuk spongenya, mirip seperti sponge untuk bedak padat. Karena bentuk BB krimnya cair, sponge akan terasa kesat saat digunakan. Jadi memang penggunaanya mesti ditekan-tekan ya, supaya mudah meratakan produknya.

Maybelline BB Cushion

Tekankan sponge pada cushionya. Jangan terlalu keras agar tidak terlalu banyak krim yang menempel. Kemudian tekankan sponge secara lembut dan merata ke seluruh wajah. Dengan cara ini, penggunaan BB krim lebih praktis ketimbang BB krim biasa yang dikemas dengan bentuk tube.

Cushionya terasa seperti sponge cuci piring. Kenyal-kenyal gitu. Ditekan pakai tangan keluar deh krimnya. Bingung juga kalau saya sebut krim. Karena ini lebih cair dibanding BB krim biasa. Di kartonnya pun disebut dengan “liquid formula”. Oke lah, kita sebut alas bedak saja ya.

Maybelline BB Cushion 03 Natural

Maybelline Super BB Cushion memiliki SPF 29/PA +++ sebagai pelindung kulit dari efek negatif UV. Kandungan utama lainya tertulis di kemasan karton “... contains correcting minerals and moisturizing essence.” Sehingga, bisa ditebak bahwa finishingnya tidak akan matte. Kandungan mineral ini biasanya memberikan efek glowy untuk menghasilkan efek flawless. Efek ini biasa ditemukan pada produk kecantikan korea. Well, mereka kan sukanyanya shiny and glowy gitu. Ditambah lagi dengan moisturizernya, alas bedak ini tidak akan terasa kering di wajah.

Untuk kulit kering seperti saya, produk ini cocok. Terasa nyaman, tidak lengket, tidak mengkilap berlebihan. Mungkin bagi kulit berminyak perlu pertimbangan lagi ya. Walaupun setelah saya baca-baca ada yang mengatakan BB cushion ini cocok untuk semua tipe kulit, finishing yang glowy dan moisturizernya bisa saja mengakibatkan kulit wajah tambah berminyak.

Maybelline BB Cushion 03 Natural

Maybelline Super BB Cushion mempunyai dua macam shade yakni, light dan natural. Shade 03 natural memilik warna agak gelap. Lebih ke warna coklat, krem atau mungkin beige. Biasanya saya pakai shade light untuk alas bedak. Awal melihat shade ini, takut terlalu gelap dan tidak cocok di kulit. Setelah di blend ternyata tidak terlalu gelap juga ya. Lebih terlihat natural.

Maybelline Super BB Cushion 03 Natural

Tidak berlebihan jika Maybelline menambahkan kata “super” pada produk ini. Coverage-nya memang super. Lebih bagus dari alas bedak kebanyakan. Noda-noda di wajah lebih tersamarkan. Maybelline super BB cushion juga lebih bagus dibandingkan foundation yang saya punya. Dengan kelebihan pada teksturnya yang ringan sehingga tidak berat di kulit, Maybelline super BB cushion bisa dijadikan alternatif pengganti foundation. Kemampuan meratakan warna kulitnya pun sangat bagus karena produk ini mudah diratakan.

Finishingnya glowy. Di gambar memang tidak terlihat jelas. Namun, ketika saya berkaca, kulit wajah terlihat sedikit mengkilap. Jelas itu bukan minyak berlebih dari wajah. Setelah dipakai selama 4 jam, tidak ada yang berubah. Tidak terdapat minyak berlebih dan masih terlihat alami. Dan selama pemakaian itu, saya tidak memakai bedak. yups, hanya Maybelline BB cushion saja... yet the look is still good ;) 

Sepertinya Maybelline tidak mau menyiakan kesempatan pada BB cushion pertama mereka. Produk ini memberikan kesan postitif dari penggunanya.

Maybelline Super BB Cushion

  1. High Coverage...? iya. Dibandingkan dengan alas bedak sejenis, lebih menyamarkan noda-noda di kulit
  2. Moisturizing...? iya. Selama penggunaan dan setelahnya kulit tidak terasa kering.
Secara singkat berikut hal-hal yang saya sukai dari Maybellin Super BB Cushion ini...
  • kemampuan menutupi noda yang bagus
  • Melembabkan kulit
  • memiliki efek glowy untuk tampilan flawless
  • penggunaan praktis
  • tekstur ringan dan tidak lengket
Saya hanya kurang menyukai ukurannya yang besar. Karena ini BB cushion pertama saya juga, jadi tidak bisa membandingkan dengan produk lain. Ya, mungkin saja rata-rata ukuran BB cushion memang seperti ini. Namun selama produk bisa dimasukan ke tas, saya kira ukuran tak menjadi masalah besar.

Harganya, saya lihat ada di kisaran Rp. 200.000 - Rp. 250.000,-. Gak tahu pasti harga aslinya berapa karena dapatnya gratisan.. hehe setelah melihat beberapa opini pembaca, ternyata harganya terlalu mahal untuk BB cushion tanpa refill. Beberapa BB cushion merk Korea dengan kualitas hampir sama memiliki harga lebih murah. Ada pula cushion dengan harga setara, namun sudah diberi refill saat pembelian pertama.





70 komentar

  1. Mahalnyaa.. tapi tertarik karena high coveragenya. Racun nih mba 💓💔 hahaha

    www.sparklingrainbow.com

    BalasHapus
  2. Gak dapat refill ya dengan harga segitu...

    vinasaysbeauty.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih, rata-rata BB Cushion emang mahal.. =__=

      Hapus
  3. Waduh..harganya lumayan mehong yah hehehe...mending beli cushion dr korea aja...

    coolatmoshpeer.blogspot.com

    BalasHapus
  4. wishlist!!! setau aku kalo di jokep Bandung harganya kisaran 230K hihi

    https://isthiud.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  5. Waaaaah mba Rahma yang jadi reviewer buat maybelline ini yaa ^^ beruntung buanget!

    Aku liat2 di orang2 kayanya shade ini masih keterangan buat kulit cewek indo. Jadi aku ga berharap lebih sih sama cushion. Apalagi dgn finishingnya yang dewy, duh, nih muka tambah keling2 kali yaaaaaa


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks, sher :D kayanya karena sy baru dafter di yukcobain, jd kesempatan menangnya lebih tinggi hehe

      Hapus
    2. Mba, halal ga ya bb chusion maybeline ini? Hhehe

      Hapus
    3. kurang tahu juga sih, karena belum ada isu haram dan yang memperdebatkan jd aku pakai aja :v

      Hapus
  6. Naksir mak. Dulu prngen beli laneigh tapi kemahalan. Takut ga cuco kl mahal mubazir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga naksir laneigh, tapi pas lihat harganya langsung ciut.. xD

      Hapus
  7. Naksir mak. Dulu prngen beli laneigh tapi kemahalan. Takut ga cuco kl mahal mubazir.

    BalasHapus
  8. wah harganya lumayan yah :s

    Ray http://elusive-enigma.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak yang komplain soal harga ya... itu mungkin kelemahan lain dari BB cushion ini :)

      Hapus
  9. sayang gak dapet refill kayak cushion korea ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener juga ya, biasanya kan suka di kasih refill,, ooh maybeline another (-)

      Hapus
  10. wew sekarang even brand western mulai ikut2an korean trend yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trend Korea bagus2 soalnya dan rada aneh :D

      Hapus
  11. kak kalo bisa gak kita pakai , tapi kita masih pake krim dokter ? bantu jawab ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo kulit wajah lagi ga baik, hindari make-up. Klo krim dokternya cuma utk perawatan biasa, pake ini gpp karena hanya make-up ringan. Dan selalu cuci muka scr bersih stlh pakai.

      Hapus
  12. Harganya termasuk mahal ya >___<
    Awalnya penasaran sama produk ini, tapi kok lama-lama jadi kurang tertarik buat nyobainnnn~

    Nice review yaaaaaa~
    sweetmacaroonbyalo.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending coba yg Korea deh... :D ini emang mahal. Thanks for visiting.

      Hapus
  13. aduuuuh naksir sama finishingnyaaa tapi sayang banget gak dapet refill kayak cushion merk korea yaa padahal ini harganya lumayan mahal loh.

    www.zahratsabitah.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slalu aja ada kekurangan, lbh baik coba cushion yg murah dulu.. :) trims sudh berkunjung

      Hapus
  14. Kulit muku berminyak di daerah T - Zone kira-kira bakalan pengaruh nggak ya sm ketahaban si cushion ini? Terus aku jg ada redness di bagian dahi tertutupi dengan baik nggak kira-kira? Thankyouuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. *kulit mukaku
      *ketahanan

      Duh banyak sekali typonya 😂😂

      Hapus
    2. Shbat apapun coveragenya, ini ttp bb cream. Ga kan tertutupi secara sempurna, cuma akan samar2 aja rednessnya.
      Teksturnya g matte jd klo T zone berminyak ya akan tambah kinclong gitu xD ga bs nahan minyak dia.

      Calm aja, typo g dosa kok.. Hehe xD

      Hapus
  15. Untuk kulit kering kayak aku, ini produk hasilnya bisa super dewy finish kalau ngak di set pakai bedak. so lovely : )


    www.ayuindah.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skrg aku lebih suka dewy finish dibanding matte.. :)

      Thanks sudah Bw...

      Hapus
  16. hai sekedar info, maybeline masih belum cruelty product, kemarin saya tanya ke guru saya, sesuatu yg di halalkan itu yang tidak mengandung penyiksaan :))

    BalasHapus
  17. hai sekedar info, maybeline masih belum cruelty product, kemarin saya tanya ke guru saya, sesuatu yg di halalkan itu yang tidak mengandung penyiksaan :))

    BalasHapus
  18. Maybelline ini bikin line cushion yang menurutku kurang totalitas . .
    Secara kualitas oke punya, texture nya ringan, coveragenya bagus..
    cumaa ohh cummaa harganya mehong untuk cushion yang ga bisa direfill ..
    kalo tersedia refill nya kayaknya bakal jadi rave for everyone..
    Thank you for sharing

    icchrista.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang banyak yg menyayangkan...

      U r welcome, thanks for visiting 😊

      Hapus
  19. Thanks review'y sista😍😍 just bought n try this product n what I love it..
    Coverage'y buat aku sih perfect krn aku emang gada keluhan di muka kecuali fine line dibawah mata n shadenya juga ga bikin kaya pake topeng (aku pake 03 natural). Cuma kalo aku bilang untuk hasil yg lbh flawless n dewy bisa cobain L'oreal true match lumi cushion deh (aku pake shade N2) mukanya agak pink2 gimana gitcuuu😚😚😚 cuma emang sedikit lbh pricey lagi dibanding maybelline super bb cushion ini..

    BalasHapus
  20. Thanks review'y sista😍😍 just bought n try this product n what I love it..
    Coverage'y buat aku sih perfect krn aku emang gada keluhan di muka kecuali fine line dibawah mata n shadenya juga ga bikin kaya pake topeng (aku pake 03 natural). Cuma kalo aku bilang untuk hasil yg lbh flawless n dewy bisa cobain L'oreal true match lumi cushion deh (aku pake shade N2) mukanya agak pink2 gimana gitcuuu😚😚😚 cuma emang sedikit lbh pricey lagi dibanding maybelline super bb cushion ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sudah BW 😊 ini cushion pertamaku,sebenernya sih aku lebih cocok shade yg agak terangan dari ini.

      Hapus
  21. Halo kak salam kenal. Wah coverage-nya bagus banget ya. Kemasannya juga lucu lagi tapi sayang banget ya nggak ada refilnya huhu

    lindadevip.blogspot.co.id

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Mbaak maaf nih, oot, penasaran bgt, edit foto pake apa mbak kalo boleh tau? 😍

    BalasHapus
  24. Wahh thx reviewnyaa aku baru baca hihi.. Rencana mau beli ini di guardian jd hrs mikir2 lg karna kulitku berminyak :( btw di guardian lg diskon jd sekitar 150ribuan

    BalasHapus
  25. kak udh pernal nyoba loreal lumi gak ?
    yg mana ya kk lebih bagus ?
    bingung -__-

    BalasHapus
  26. kak udh pernal nyoba loreal lumi gak ?
    yg mana ya kk lebih bagus ?
    bingung -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya, aku belum pernah coba yg Loreal.. :(

      Hapus
  27. Cocok ga buat yg wajah bruntusan sama wajah jerawat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coveragenya hanya bisa menutupi noda2 kecil, klo jerawatnya parah dan banyak gak kan tertutup dg baik,, dan kalau kulit berminyak lebih baik cari bb cream lain.

      Hapus
  28. Mba, klo boleh tau produk cushion yg korea punya misalnya apa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. etude house, laneige, Nature repulic, the faceshop, innisfree, banyak ko... silahkan cek di online shop korea :)

      Hapus
  29. Aku udah prnah beli cushion etude hrganya 230rb tapi gak dpt refilnya wrnanya juga gak cocok di aku. Pas beli meybelline kayanya lebih cocok pdahl di area T muka aku berminyak. Klo mau tampilan yg mate aku cma ngakalin pke bedak baby di area T dan di bawa mata. Soal hrga aku rasa cocok2 aja dibanding harus beli foundation sama concealer blm lagi aplikatornya😀 kalo cushionkan udah ada smuanya, pakenya juga praktis

    BalasHapus
  30. Itu cushionnya greyish gak mba?

    BalasHapus
  31. Mba kulit saya ga putih ga item juga :D , kira2 cocok pake shade yg light atau natural ya? Mkasih mba sblm nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sulit mbak, harus di swatch langsung karena ga tau warna dan tone asli kulit mba kaya gimana. . . 😊

      Hapus
  32. waahhhh bagus banget cushionnya maybeline :D
    selama ini pake produk2nya korea sih untuk cushionnya, bisa dicoba nih punya maybelline :D

    BalasHapus
  33. Wah, aku juga udah nyoba dan alhamdulillah suka sih sama hasilnya, cuma kurang cocok ya untuk kulit berminyak :)

    http://mynurisaa.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  34. Bedanya sama yang case nya ijo apaan ya kak, aku sih sebelumnya pakai laneige , bagus bgt ga luntur hehehe tapi pengen nyoba si maybelline ini.. Mau bandingin gt hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata webnya, yg maybelline tutup ijo hasilnya matte, kalau yg ini dewy... :)

      Hapus
  35. bener-bener matte kalau d pakai.
    www.mediasehatku.com

    BalasHapus
  36. Kak mau tanya nih, kulit ku kan kuning langsat kalau mau coba super bb cushion nya cocokan pakai yang light atau natural? kalau light keputihan gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku pikir sih kedua shadenya gak kan cocok di kulit kuning. Pernah lihat shade light di youtube, shade nya emang bener2 putih. Mending langsung swatch di counternya biar kelihatan cocok enggaknya.maaf ya gak bisa bantu banyak masalah swatch kulit. ☹

      Hapus
  37. kak mau tanya, waktu dipake lama bakal nempel dijilbab ga ya?

    BalasHapus
  38. bagus ya kak untuk acara daily, tapi kalau untuk pengganti foundie buat ke acara formal bagus ga ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa2 saja, tapi tergantungg jenis dan masalah kulit. ini tekstrnya dewy dengan coverage light to medium.

      Hapus