Beauty Diary by Rahma

#SerbaSerbi Mengadakan Giveaway Pertama

| on
January 24, 2017
Selamat pagi!

Oke, sekarang aku mau sharing tentang pengalamanku pas ngadain giveaway pertama bulan Desember kemarin. Buat kalian yang udah ikutan, terima kasih banget, dan yang belum menang doakan saja semoga aku bisa ngadain giveaway lagi pertengahan tahun ini. *Lama banget ya nunggu giveaway nya. Lagi ngisi amunisi dulu, biar hadiahnya nanti tambah cetar*

Pertama kali ngadain giveaway ya aku rada nerveous, bakal ada yang ikutan gak sih? soalnya hadiahnya kan cuma lip cream. Gak seberapa emang, soalnya kan buat seneng-seneng aja. Pada akhirnya setelah rajin posting link sana-sini, ada beberapa orang yang ikutan. Dan lewat giveaway itu juga aku tahu blogger-blogger baru. 

Untuk mengadakan giveaway yang simple nan mini ini, aku perlu menyiapkan mental selama sebulan loh. Terutama menyiapkan dana untuk hadiahnya hehe. Kalau terburu-buru, takutnya malah acak-acakan. Jadi aku bikin tahapan-tahapan di notebook, untuk membuat giveaway pertamaku...

PERTAMA, tentukan persyaratan peserta
Aku membatasi partisipant dalam giveaway ini karena bidikan utamanya adalah wanita Indonesia aja. Ini penting dicantumkan. Untuk kesesuaian dan pengiriman hadiah nantinya. Kan hadiahnya lip cream. Jadi, menurutku cocoknya yang ikutan kaum perempuan aja. Dan harus berdomisili di Indonesia untuk menekan biaya kirim hadiah. Lagian blogku ini di level nasional aja belum begitu terkenal. Hadiahnya juga gak seberapa, orang sebrang mana mau dapetin hadiah yang kaya gini :D. Nanti malah biaya kirimnya 1000x lipat lebih mahal dibanding harga hadiah itu sendiri. parah, kan.

KEDUA, sistematika giveaway dan penentuan pemenang
Merencanakan tata cara untuk mengikuti giveaway bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Rata-rata bagian "follow akun medsos sponsor dan admin giveaway" selalu wajib masuk ke daftar ini karena tujuan utama giveaway sendiri emang untuk menambah follower dan reader blog. Hanya saja, aku gak suka kalau kebanyakan follow ini-itu. Mungkin kalian pernah lihat atau ikutan giveaway dimana kalian harus ngefollow sampai 10 akun medsos dan itu menyebalkan! Aku sangat menghindari hal yang seperti itu. Kemarin kalau gak salah aku cuma mewajibkan untuk follow tiga akun aja. gak terlalu ribet kan? hehe

Ada juga yang menambahkan "jika setelah ikutan giveaway unfollow, maka akan diban di giveaway selanjutnya". Aku sih enggak. Memang itu tujuannya untuk menjaga follower dan reader, tapi aku orangnya gak suka maksa sih. Kalau memang layak untuk terus difollow dan dibaca, mereka gak kan nge-unfollow. Jika mereka meng-unfollow, itu artinya (mungkin) postingan kita belum begitu bagus untuk disimak lebih lanjut.

Ketika partisipan mengikuti langkah-langkah giveaway ini, nanti mereka akan dapat poin undian yang selanjutnya akan dikocok lewat random.org. Sistematika seperti ini sangat mudah dilakukan, apalagi kalau yang ikutan banyak. 

Sebenarnya, menentukan sistematika giveaway memang agak ribet juga sih. Jadi, sebagai referensi, aku mengandalkan sistematika giveaway yang pernah ku ikuti. Tinggal hapus saja ketentuan-ketentuan yang kurang pas. Awalnya, aku mau pakai refflecopter. Itu aplikasi giveaway gratis paling simple. Cuma dia gak begitu ramah pas dibuka di handphone. So, akhirnya aku pilih jalan manual saja. Mencatat poin partisipan dan memasukanya ke kocokan random.org. 

KETIGA, banner giveaway
Tahapan ini gampang-gampang susah. Foto utama tentu harus dilihatin hadiahnya dong, biar orang-orang mau ikutan. Terus kasih tulisan judul giveaway dan blog/admin penyelenggara. Yang susahnya apa? susah mendesain biar kelihatan cute dan eye-catching hihi aku kan gak terlalu jago mendesain. Banner giveaway kemarin yang putih, simple begitu aja perlu waktu sampai 3 hari.

KEEMPAT, Pengiriman hadiah
waduh, ini tahapan yang aku khawatirkan. Kan hadiahnya mau langsung aku kirim dari olshopnya. Enaknya, aku gak perlu keluyuran keluar rumah untuk nyari dan ngirimin hadiah. Gak enaknya kalau shade/barangnya out of stock. Harus nunggu lamaaaa. 

Dan ternyata bener, shade barangnya ada yang habis. Untunglah bisa dinego, yang menang gak keberatan ganti warna, yang penting gak nunggu lama. cuss aku kirim semua hadiahnya deh dan enk..ink..enk.. Biaya kirim hadiah itu lumayan membebani. Kalau diitung-itung biaya kirim itu setengah dari total hadiah. Gak apa-apalah sekarang. Itu bekal pengalaman giveaway selanjutnya. Ke depannya, harus siapin dana lebih untuk ongkos kirim atau mungkin diatur-atur lagi ketentuan dan jumlah pemenangnya. Mudah-mudahan sih ya, ada sponsor. Biar gak berasa sendirian. iya kan, mblo? :p

-------------------------------------------- = = = ------------------ = = = --------------------------------------------
Pengalamanku menang giveaway lumayan banyak. Tahun kemarin dapat banyak hadiah hahaha bukan cuma giveaway blogger tapi juga giveaway dari website produk-produk gratis. Makanya banyak posting review produk di blogku. Tapi gak selamanya menang giveaway itu indah. Ada beberapa yang bikin aku berasa digantung dan di_PHP-in sang admin giveaway. Kan aku pernah beberapa kali menang giveaway tapi hadiahnya lamaaaaaaaaaaaaa sampai, bahkan ada yang hadiahnya sampai saat ini aku belum terima.

Giveaway pertama hadiahnya dikirim dari luar, gak seberapa juga sih, jadi aku tidak memperpanjang. Udah berbulan-bulan, malah 3 bulan lagi udah mau setahun, barangnya belum datang juga. Giveaway kedua, waktu itu udah mau sebulan sejak pengumuman pemenang tapi barang belum sampai. Aku takutnya dia udah kirim tapi ada masalah di pengiriman. Cuma agak gak enak juga ya kalau mau nanyain hadiah udah dikirim atau belum hehe... Tapi akhirnya aku nanya juga ke mba nya. lalu, beberapa hari kemudian hadiahnya sampai.

Ada yang pernah menang di 0.8 liter gak? Pertengahan bulan ini, di papan pengumumanya aku menang sebuah cream. Sudah berminggu-minggu, tapi barangnya belum datang. Ini pertama kalinya aku menang di website itu. Gak tahu juga harus berapa lama nunggu barang untuk sampai. Mungkin nanti awal Februari aku kontak mereka aja ya? yang pernah dapat barang dari 0.8 liter, boleh dong share di kolom komentar.

Yang terakhir giveaway dari instagram. Udah sebulan lebih dari pengumuman pemenang, hadiahnya belum sampai juga. Memang aku konfirmasi data dirinya telat, tapi pemenang lainya yang udah konfirmasi sebelumku pun masih belum mendapatkan hadiahnya. Apa aku harus nanya? enggak ahhh tunggu aja sampai bulan depan. Kalau udah dua bulan mah perlu aku tanyain. Itu juga hak aku, kan? 

Walaupun hadiahnya gak seberapa, tapi alhamdulillah hadiah giveaway-ku sampai dengan selamat ke para pemenangnya di minggu-minggu awal bulan Januari. Percuma juga kan menang hadiah banyak dan mahal tapi barangnya gak sampai. Dan ketika para pemenang sudah konfirmasi dapat kiriman hadiahnya, itu adalah momen yang paling aku suka saat mengadakan giveaway ini. Iya dong, aku senang akhirnya bisa berbagi dengan blogger-blogger lain dan akhirnya giveaway pertamaku tuntas tanpa masalah besar.

share juga yuk pengalaman kalian saat ikutan atau mengadakan giveaway...!
See you ^__^

  
Facebook | Instagram | Twitter
Follow this blog via GFC
Thank you ^^
XOXO
18 comments on "#SerbaSerbi Mengadakan Giveaway Pertama"
  1. wah infonya berguna banget kak. pengen juga nih ngadain giveaway buat naikin reader
    masih agak bingung soal sistematika giveaway sama penentuan pemenang hehe. btw kak rahma kemarin berarti adain sendiri ya nggak pakai sponsor?

    lindadevip.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sistematika sama penentuan pemenang suka2 yg ngadain giveaway sih, , 😁
      Iya kemarin g ada sponsor, cuma ingin coba2 ngadain giveaway, wlopun kcil2 lumayan nambah follower,, 😊

      Delete
  2. Hai Rahma! Aku kemarin ikutan giveaway kamu tapi belum beruntung. Aku ikutnya rada telat sih, jadi poin yang terkumpul juga sedikit. Hehe. Tapi gakpapa, nambah pengalaman.

    Aku udah jadi kuter sejak akhir tahun 2012, menang sekali terus kecanduan. Pertengahan tahun 2013 udah jadi blogger yang sering memburu giveaway. Terus 2016 kemarin sempat vakum karena kerjaan di kantor lagi super banyak. Nah, baru lah di akhir-akhir tahun aku mulai ikutan lagi. Sebulanan ini udah beberapa kali menang, nanti bakal aku share juga di blog setiap akhir bulan. Buatku sendiri, ikutan giveaway dan lomba itu menyenangkan. Bisa ngasah mental juga kemampuan juga ajang buat bersenang-senang. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalah menang kadang di giveaway mah faktor keberuntungan juga.. Iseng2 berhadiah lah.. πŸ˜‚
      Hebat nih pengalaman jd kuternya udh lumayan lama, aku baru mulai tahun kemarin aja, barengan pas rajin ngeblog... πŸ˜†

      Delete
  3. Hi Rahma salam kenal :*
    New follower nih, jadi gak sempet ikutan giveawaynya deh. Tapi tar kalo ngadain lagi pasti ikuutt!!
    Kalo aku mah iseng-iseng ikutan giveaway sampe sekarang belum ada yg menang :')) tapi kayak gitu emang buat asik-asikan dan nambah pengalaman aja si yaa. Walopun gak menang tapi tetep aja semangat kalo ikutan giveaway lagi wkwkwk

    My-makeupdiary.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Iyka salam kenal juga. Semangat hunting giveaway nya ya,, sekalinya menang pasti ketagihan... 😊

      Delete
  4. Banyak juga pengalaman ikut giveawaynya ya mbak. Saya baru sekali ikut di Ren's Little Corner, Alhamdulillah langsung menang. Hadiahnya 4 buku pula, uuu senang banget waktu itu. :D *peluk mbak Ren*

    Tapi kayaknya habis baca pengalaman mbak ini saya jadi pengen buat giveaway juga deh. Karena saya suka ngeblog dan ngedesain kalau hadiahnya template minimalis yang responsif kira-kira ada yang tertarik gak ya mbak? Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Alhamdullilah, beberapa kali menang,, menghemat pengeluaran juga sih.πŸ˜…

      Semangat bikin GA nya mba nurul. Klo aku dg hadiah Template blog tentu mau ikutan, apalagi klo desain cantik, responsif, seo friendly dan gampang diedit..*banyak banget syaratnya ya* pernah dlu ikut GA hadiah template, tp sayang aku belum berhasil.
      Aku jg udh coba template gratis dari mba nurul di blogku yg lain, cantik & cute. thanks ya 😊

      Delete
  5. Belum pernah ikutan giveaway orang kak, kemaren ada yang cocok di brownplatform.com tapi udah terlambat huhu u,u

    ReplyDelete
  6. Waah keren kak, aku dulu juga pernah sekali buat giveaway. Memang ngaruh sih dalam meningkatkan reader dan follower :)))

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen buru-buru bikin GA kak, cuman belom kesampean mulu ^^


    www.christinauntari.com

    ReplyDelete
  8. mbak rahma infonya informatif banget, semangat bikin giveaway selanjutnya

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  9. Saya baru aja ngadain #FirstGiveaway. Skrng lagi bacain blog2nya, lagi nentuin pemenang. Dan nyocokin hadiah yg pas. Soalnya hadiahnya buku tulisan sendiri atau kolaborasi. Ternyata ada toh web untuk milih pemenang. Makasih infonya...Coba nanti saya cocokkan. Salam kenal...

    ReplyDelete
  10. Kece banget kak ngadain giveaway pertama tanpa sponsor😁 oh ya kak, kalau mau nentuin pemenang boleh enggak suka suka yang ngadain giveaway nya? Tanpa web gitu..

    talithaalimah.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. menentukan pemenang sebaiknya bersifat objektif.. Bisa juga suka2 yg ngadain contohnya pemenang ditentukan berdasarkan opini terkreatif atau gambar terindah atau poin terbanyak. Nah tolak ukur kreatif atau indahnya itu kan ditentukan sendiri oleh yg ngadain GA. :)

      Delete
  11. Aku belom pernah bikin giveaway.. Hihihi.. Tapi share pengalamannya seru nih, siapa tau entar bakal bikin giveaway juga.. :D

    ReplyDelete
  12. Kalau yg ngadain GA sesama tmn blogger biasanya (saya) gak cari hadiahnya mbak, buat nambah2 silaturahim aja gtu hehe
    Btw aku jg pengen bikin GA tp msh bingung hehe

    ReplyDelete
  13. kalo dari 0.8 l aku pernah dapat sih Mbak. Nah, kalo punyaku ga berapa lama koq sekitar sebulanan gt aja dah sampe. Hehehe.. Tapi selanjutnya ga pernah menang lagi.. Hihihi...

    ReplyDelete

Sedang terkena spam, jadi komentarnya dimoderasi ya. Tinggalkan link blog di name/url (bukan link artikel). Link hidup di kolom komentar langsung dihapus :)

Custom Post Signature