Beauty Diary by Rahma

Vaseline Petroleum Jelly

| on
July 12, 2016



Yang bibirnya sering kering selama puasa mana? yang kulitnya sekarang lagi kering karena cuaca mana? itu semua saya punya... :D

selama puasa, kebanyakan orang pasti menghadapi yang namanya bibir kering. kalau saya memang bibirnya sudah kering, ditambah puasa jadi pecah begini. cuaca aneh plus makanan kurang serat membuat kulit juga jadi kering. yang parah beberapa bagian kulit kaki saya sudah memasuki tahap 'sasangaleun' hehehe. Kata dari bahasa sunda yang artinya kurang lebih menunjukan tingkatan kulit kering parah yang biasa terjadi di area kulit tebal, seperti tumit, alas kaki, jari kaki dan lutut. kulitnya menebal, kasar dan kering, enggak banget lah. karena segudang masalah itu akhirnya saya memutuskan untuk membeli Vaseline Petroleum Jelly.

Petroleum Jelly

Saya tau produk ini dari tutorial memanjangkan bulu mata secara alami. salah satu bahan yang dipakai adalah Vaseline® Petroleum Jelly ini. trus saya googling. penasaran banget sih. namanya kan petroleum, lah bukanya itu minyak bumi ya? saya ingetnya langsung ke bensin, minyak tanah, solar dan lain sebagainya xD masa iya sih kita pakai yang gituan.

Dan ternyata memang betul ini minyak, cuma sudah diproses sedemikian rupa sehingga terbentuk bahan yang bisa dipakai di kulit. Saya juga baca banyak review tentang Vaseline Petroleum Jelly. ternyata manfaatnya banyak, multifungsi. sehingaa Vaseline Petroleum Jelly merupakana must-have item untuk perawatan kulit. nah... yuk kita kenalan..

Kemasan dan Harga Vaseline Petroleum Jelly

Vaseline Petroleum Jelly dikemas dalam berbagai macam ukuran yang terkecil 1,75 oz, 2, 75 oz dan 7,50 oz. saya beli yang paling kecil aja buat coba-coba, harganya IDR 45.000,00. dari salah satu e-commerce indonesia, cukup murah. walaupun kecil pasti bakal terpakai lama untuk saya. 

Yang saya beli ini sih katanya asli dibuat di USA. jadi, di kemasanya enggak ada nomor BPOM ataupun tanda halal. Bikin khawatir juga sih. takut enggak aman dan takut enggak asli. Jadi saya googling2. 

Mulai dari kemasan, apakah ini asli atau tidak? awalnya saya cemas, kemasan yang saya beli beda dengan yang muncul di web vaseline usa. Perbedaanya cuma sedikit sih. kalau di web vaseline USA enggak ada tanda merah "Protects Minor Cuts & Burns". ya, walaupun beda sedikit, tetap aja khawatir. untuk meyakinkan lagi, saya berkunjung ke web vaseline indonesia, kemasanya sama dengan vaseline yang saya punya. mulai reda deh. 

Saya juga cari info tentang kemasan Vaseline Petroleum Jelly asli dan palsu. Rata-rata, Vaseline Petroleum Jelly palsu memiliki bentuk wadah yang sangat berbeda dengan yang di web. berupa kotak atau wadah yang sudut ujungnya menyiku tajam. kalau yang asli kan ujungnya membulat gitu. trus logo dan penulisan vaseline nya pun berbeda. logo vaseline asli memiliki background biru dan silver. *silahkan saja lihat logo vaseline yang asli di web nya.*


Vaseline Petroleum Jelly

Vaseline Petroleum Jelly asli juga memiliki segel "triple purification guarantee" di kemasanya. itu adalah tanda yang menyatakan bahwa produk ini telah melalui proses pemurnian. Bahan dasarnya kan dari zat minyak bumi yang bisa menyebabkan kanker. Nah, dengan proses pemurnian ini, seharusnya zat-zat karsinogenik itu sudah hilang. Sehingga Vaseline Petroleum Jelly aman digunakan. 

Kalau aman kenapa gak ada BPOM nya? Saya googling lagi. kebanyakan dari artikel dan forum yang saya dapat, mengatakan Vaseline Petroleum Jelly tidak memiliki nomor BPOM karena katanya sulit untuk mendapatkan berbagai macam perijinan *ribet* di Indonesia dan mungkin juga tidak memenuhi standar kesehatan produk di Indonesia dan lainnya. 

Pantaslah kalau produk ini tidak dijual di toko-toko. saya lihat di web vaseline USA, ada user Indonesia yang bertanya mengenai keaslian & tanggal kadaluarsa produk yang dibelinya. ada gambarnya juga, dan produk yang user itu beli juga sama seperti yang saya punya. sayangnya, CS vasline tidak menjawab dengan jelas, hanya menyuruh untuk berkonsultasi melalui e-mail dan telepon :( saya juga mempertanyakan kehalalan Vaseline Petroleum Jelly. untunglah, dapat halal dan haram list dari Dr. Nazma Akter , dan ternyata Vaseline Petroleum Jelly ini halal.


Jadi apa itu Vaseline® Petroleum Jelly?

ini saya copas dari websitenya vaseline ya...
terbuat dari 100% petroleum jelly murni yang dicampur dengan berbagai minyak mineral dan lilin.Vaseline® Petroleum Jelly adalah "The Wonder Jelly" yang asli. Selama lebih dari 140 tahun, produk ini telah membantu menjaga kulit agar tetap sehat dan terlihat cantik. Vaseline® menggunakan bahan berkualitas tinggi dan tiga tahap proses pemurnian yang melibatkan proses distilasi, deaerasi, dan filtrasi. Hal ini memastikan bahwa setiap jelly dalam kemasannya benar-benar murni dengan konsistensi yang lembut.

Walaupun terbuat dari petroleum, Vaseline® memastikan keamanan jelly-nya melalui tiga tahap proses pemurnian. Proses ini menyingkirkan benda-benda kotor, sehingga jelly tersebut tidak menyebabkan iritasi dan reaksi alergi.
Masih takut pakai Vaseline® Petroleum Jelly? kalau saya sih iya. Jadi, pilih aman aja, gunakan produk ini ketika dibutuhkan. gak usah terlalu sering.

Vaseline Petroleum Jelly

Teksturnya mirip balsem colek. enggak lembut kaya cream, sedikit keras. enggak ada bau-bau minyak. cuma bau plastik dikit dari wadahnya aja. warnanya kekuningan, kalau saya colek kelihatanya jadi bening transparan. 

Jelly ini gak begitu enak dipakai di area kulit secara keseluruhan. Lapisannya tebal, seperti daun talas yang anti-air, bener-bener serasa dioles minyak. Jadi, gak usah banyak2 nyoleknya, terutama untuk pemakaian di bibir. biar gak hinyai :v *cuma orang sunda yang tau artinya*. kalau dipakai di kulit kasar nan tebal seperti di tumit, lumayan enak. Dipakai di lutut sikut juga oke-oke aja. kulit keras jadi lebih lentur.

Kegunaan Vaseline Petroleum Jelly?


Vaseline Petroleum Jelly

Wah kalau googling, kegunaan Vaseline ini banyak banget. Enggak cuma untuk kecantikan tapi dia juga bisa bahan pembersih. Di kemasan belakangnya ada "drug facts" yang berisi komposisi dan kegunaan Vaseline Petroleum Jelly. Diantaranya:
  • melindungi dan membantu penyembuhan luka ringan dan luka bakar ringan 
  • melindungi penyembuhan kulit kering 
  • melindungi kulit kering karena cuaca 
Ini dipakai untuk penggunaan luar ya. kalau lukanya parah dan dalam, jangan pakai ini. itu mah perlu berobat ke dokter :v di lembaran itu juga ada tulisan "guaranteed purity for soft, smooth and visibly healthy skin". tidak membuat kulit sehat, hanya terlihat sehat saja.

Vaseline Petroleum Jelly

Vaseline Petroleum Jelly membuat kulit lebih mengkilap. tapi ko saya malah gak suka tekstur kulit setelah pakai produk ini. saya senangnya sih efek produk-produk berair semacam moisturizer. kalau ini kulit malah gak nyaman, agak kepanasan gitu.

Cara kerja Vaseline Petroleum Jelly adalah sebagai berikut *copas dari web vaseline*
Vaseline® Petroleum Jelly bekerja dengan cara menciptakan pembatas antarsel pada kulit kering atau rusak, sehingga mengunci kelembaban dan mempercepat proses perbaikan alami kulit Anda, membantunya diperbaiki dari dalam. Fungsi zat occlusive-nya memungkinkan untuk melindungi kulit kering, pecah-pecah, luka gores kecil, kulit mengelupas, dan luka bakar. Produk ini juga membantu mengurangi kerut-kerut halus dan kering yang tampak. Vaseline® Petroleum Jelly juga dapat digunakan untuk melindungi kulit dan bibir Anda dari kekeringan dan pecah-pecah.
produk ini tidak akan menyumbat pori-pori Anda. Para ahli industri dari Jurnal Ilmu Kosmetik,1telah membuktikan secara ilmiah bahwa Vaseline® Petroleum Jelly ternyata non-comedogenic, yang artinya tidak akan menyumbat pori-pori, membuat kulit Anda iritasi, ataupun menyebabkan jerawat.
Jadi Vaseline Petroleum Jelly ini hanya mengunci kelembapan kulit. Kalau kulit yang tadinya kering ya akan tetap kering, minimal gak tambah kering. yang tadinya udah lembab akan tetap lembab juga.


Kesan-kesan pemakaian Vaseline Petroleum Jelly dan Kesimpulan


  1. Soft and smooth skin? No. saya gak terlalu suka teksturnya, terlalu berminyak. 
  2. membantu melindungi kulit kering? Maybe. Jadi, saya pernah pakai di bibir kering setelah memakai lipstick matte dan dalam keadaan puasa. hasilnya gak terlalu oke. kulitnya tetap aja kering, dan besoknya semakin kering. Malah dia membantu mengelupaskan kulit kering itu :D itu bisa dianggap membantu gak ya? kalau di kaki dan lutut emang saya suka. itu kan bagian kulit saya yang suka menebal dan kasar. saya coba pakaikan Vaseline Petroleum Jelly ini dan hasilnya kulit jadi lebih lentur, lebih enak disentuh. 
  3. Kulit terlihat sehat? No. dia bikin kulit mengkilap. emang kulit mengkilap sehat ya? menurut saya sih enggak. gak ada efek seger ke kulit malah bikin gerah gak nyaman.
    So, kesimpulanya Vaseline Petroleum Jelly ini tidak melembabkan kulit dan gak cocok dengan apa yang saya inginkan. saya rada kecewa juga sih. trus kenapa Vaseline Petroleum Jelly ini sering banget disebut-sebut sebagai "must-have item" di beauty product? itu karena penggunaan dia yang banyak. 

    Silahkan cari aja Vaseline Petroleum Jelly beauty hacks, trick and tips. bisa digunakan sebagai pembersih make-up, pembersih tas kulit, sepatu kulit, menghilangkan noda cat rambut, memanjangkan bulu mata dll. karena penggunaanya yang super luas itu, dia multifungsi banget dan menjadi barang yang perlu dimiliki di setiap rumah. walaupun tidak bagus untuk perawatan kulit saya, dia bisa dijadikan untuk membersihkan make-up. harganya juga relatif murah :v

    Selamat mencoba :)





    24 comments on "Vaseline Petroleum Jelly"
    1. mbak boleh tau beli dimana?
      pengen ini dari lamaa :3

      mau beli di OS bingung yang mana harga beda beda -_-

      ReplyDelete
      Replies
      1. Beli online mbak.. Di beauty haul Indonesia... Harganya yg kecil 45.000an :D

        Delete
    2. Di kulitku nggak terlalu ngefek juga mbak,dan setauku itu cuma mengunci kelembaban bkn memberikan kelembaban(cmiiw).tapi potreleum jelly ini aku pake di bulu mata trus dijepit eyelashcurler dan works kok^^

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama dong... Memang di kemasan nya pun tidak Ada kata2 melembabkan :v jd sy pk untuk membersihkan makeup aja terutama mata.. Oh pakai eylashcurler ya.. Tips nya akan Sy coba.. thanks ya mba ^^

        Delete
    3. Rahma, aku baca post kamu ini sambil liat bolak-balik ke petroleum ku >.< Punyaku yang buatan arab gitu sih, jadi ada tulisan arab-arab nya. Kemasannya gak flip top kayak kamu, tapi bukaan gitu. Errrr.... syusah jelasinnya. Wkwk

      Tapi ini kupake rutin sih harian. Tiap malem kupake buat alis, bibir, dan bulu mata. Ga pernah merhatiin detail sih, tapi rasanya alis dan bulu mata cepet panjang~


      tulisandarihatikecilku.blogspot.com

      ReplyDelete
      Replies
      1. Banyak ya yg pake Vaseline arab =__= klo Sy sih takut g asli... Byk tulisan arabnya, ga ngerti xD

        Delete
    4. Tulisan Triple purificationnya di sebelah mana mba?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Di tanda putih bulet deket 'vaseline', di bawah tanda merah.

        Delete
    5. Aku belum pernah nyoba sih tapi minat nyoba, soalnya aku termasuk yg suka sama produk2 begini, paling buat bibir sama kutila-kutila dan ngilangin bekas luka(sering luka ga sengaja). Aku pake tender care oriflame yg harganya pricey itk ukurn segitu. Tapi aku suka tmptnya kecil, praktis, gmpng dibawa kemana2. Mungkin mau nyobain yg vaseline ini utk yg lebih murah

      http://unextraordinarybeauty.blogspot.co.id/

      ReplyDelete
    6. Punyaku sm kyk dgmbr,ku kira kw, huuft
      Soalny bnyk yg blg dr arab asli,tpi tutupnya dibuka pke angkat,yg diarab. Kalo usa kyk diatas kyk buka lotion,cm aq ga tw exp ny kpn, tkutny udh exp. Ap itu tggl produksi ap gmna ya

      ReplyDelete
      Replies
      1. vaseline petroleum jelly ini gak ada masa expire-nya :)

        Delete
    7. Aku g pnh takut pke petroleum jelly, kualitas nya ok, harga jg terjangkau. Mslah halal g nya, tergantung personal nya toh di arab n negara yg pny musim dingin " must have item " emang bner2 berlaku

      ReplyDelete
    8. punyaku made in india dan ga ada pembungkus alumunium lagi didalamnya, yang made in usa ada ga ka? aku jadi ragu buat pake yang punya aku itu. tlnh jawab ya ka

      ReplyDelete
      Replies
      1. pembungkus alumunium? punyaku gak ada. Untuk lihat produk vaseline yang asli seperti apa coba deh lihat website vaseline USA, Indonesia, dan India, sebagai komparasi. .

        Delete
    9. Kalau mau beli yang made in arab beli di mana ya? Kok aku jadi sedih di Indo susah nyari vaseline petoleum jelly sama vaseline lip therapy. Takutnya yg di Indo kw :(

      ReplyDelete
      Replies
      1. wah, aku kurang tahu juga sih. But, kalau mau beli online pastikan penjualnya terpercaya. . . aku beli di beautyhaulindo. . ;)

        Delete
      2. kalo vaseline yg arab ada yg jual di pasar jatinegara, yg jual pak haji gitudeh setauku jual oleh oleh dari arab kaya kurma kacang arab dll. harganya terakhir beli disana 30ribu gatau skrg berapa. dan vaseline petroleum jelly ini skrg udah di produksi di Indonesia, aku beli dari indomaret di fakultasku harganya 21ribu dan original :)

        Delete
      3. Aku bru beli yg udah pke bhs indo. Harganya 17,900 di toko punya Gudang Garam

        Delete
      4. 17.900 untuk yang versi indonesianya (repairing jelly)?? murah banget ya... :O

        Delete
      5. Setahu saya Repairing Jelly Original kemasan 50 ml memang harganya sekitar 18.000-21.000 deh. Worth it kok . Saya pakai setiap hari sebelum berangkat kerja dan sebelum tidur malam. Tapi buat bagian kulit kaki aja, itu juga dokter yang menyarankan. Soalnya saya memang bermasalah sama kulit kaki yang kering banget. Nah, ini saya pakai udah sebulanan, selain kaki, juga buat si alis 'irit' dan bulu mata 'kesepian'saya juga, and IT'S REALLY GOOD! Buat bibir saya masih stay dulu ngabisin si pinky TENDER CARE. Kalo udah abis mungkin baru bakal beralih ke si biru VASELINE ini.

        Delete
    10. Di lazada udah ada yg ori versi vaseline indonesia, namanya vaseline repairing jelly. 100ml harganya 35000, aku beli dan emang enak dipakai

      ReplyDelete
    11. Kak coba kalau buat bibir kering dipakainya malam sebelum tidur, pas bangun tidur bibirnya dicuci terus digosok pelan aja pake sikat gigi. Alhamdulillah kemarin bibir kering pas awal puasa, trs pake vaseline petroleum jelly ini udah lembab lagi 😊

      ReplyDelete
    12. Aku juga beli di indomaret harganya 21rb,tp ga ada bungkus aluminium foil di dalamnya. Asli ga ya?

      ReplyDelete

    Sedang terkena spam, jadi komentarnya dimoderasi ya. Tinggalkan link blog di name/url (bukan link artikel). Link hidup di kolom komentar langsung dihapus :)

    Custom Post Signature