Beauty Diary by Rahma

Diary Rahma: Melanjutkan Kuliah S2

s2 UPI

[last updated 09/07/2020] Selamat pagi semua! Ini postingan pertama di Diary Rahma. Aku mau berbagi sedikit cerita tentang pengalaman mendaftar dan mengikuti tes S2/Magister di UPI Bandung. Di sini dituliskan pengalaman cara pendaftaran, memenuhi persyaratan dan saat tes. Jadi mohon disimak baik-baik di bagian itu agar tidak menanyakan pertanyaan yang jawabannya sudah aku tuliskan di sini. 
Pertimbangan memilih UPI ini karena tiga faktor. Pertama, berkaitan dengan jurusan yang aku pilih. Pendidikan. Namanya juga Universitas Pendidikan Indonesia. Program studi pendidikan sudah menjadi spesialisasinya. Kedua, status universitasnya negeri. Kalau swasta, orang tua kurang mendukung. Terakhir, jarak UPI dengan rumah relatif paling dekat. so this is the best university I can find around my home.

Cara mendaftar S2 UPI

Segala hal berbau pendaftaran S2 UPI bisa dilihat di web pmb.sps.upi.edu (website PMB) dan di web sps.upi.edu (website SPS, Sekolah Pasca Sarjana). Jadi kalian wajib untuk mem-bookmark kedua web tersebut supaya lebih mudah mendapatkan semua pengumuman resmi dari UPI.

Tata cara pendaftaran tersaji di halaman utama web PMB. Pertama, kita mengambil nomor bayar dulu. Tinggal klik tombol "Ambil nomor bayar" yang terletak di sebelah kanan. Nanti akan muncul sebuah nomor. Simpan baik-baik ya.

Kedua, siapkan uang pendaftaran sebesar Rp. 750.000,- (tiap tahun mungkin berbeda) untuk dibayarkan ke UPI melalui Bank Negara Indonesia (BNI). Nanti kalian pergi ke teller, jelaskan hendak membayar pendaftaran tes masuk S2 UPI. Berikan nomor bayar tadi beserta uangnya pada teller. Kemudian teller akan memberikan bukti pembayaran. Di sana juga akan tertera nomor bayar dan PIN. Keduanya kita butuhkan untuk proses log in di web pmb.

Ketiga, masuk ke web pmb menggunakan nomor bayar dan PIN. Upload persyaratan dan isi semua lampiran yang ada. Oia, kita diberikan dua opsi untuk memilih prodi yang kita inginkan loh. Usahakan cari prodi yang memang benar-benar disukai.

Terakhir jika semua data telah diisi dan yakin tidak ada kesalahan pemasukan data, klik tombol verifikasi. Setelah diklik, data tidak bisa dirubah kembali. Kemudian unduh bukti pendaftaran beserta kartu ujiannya. Cetak dan simpan baik-baik. DOWNLOAD SATU KALI SAJA. Nanti bisa bermasalah seperti pengalamanku (keep reading).

Dalam kartu ujian akan tertera tanggal dan tempat ujian. Pastikan sehari sebelum ujian sudah ada dekat lokasi untuk mengecek ruangan.

tes masuk s2 upi
contoh kartu tes masuk s2 upi


Persyaratan Daftar S2 UPI

Sebelum log in sebaiknya persiapkan persyaratannya terlebih dahulu. Gak ribet. Cukup sediakan dokumen berikut dalam bentuk digital ataupun fisik.
  1. Fotokopi Ijazah Pendidikan terakhir yang telah disahkan oleh yang berwenang
  2. Fotokopi Transkrip Akademik yang telah disahkan oleh yang berwenang
  3. Rekomendasi Akademik dari Pimpinan/Dosen Pembimbing Format Rekomendasi Akademik;
  4. Pas Foto berwarna ukuran 3 x 4
  5. TOEFL 500 dan 550 untuk pendidikan Bahasa Inggris
Persyaratan dalam bentuk digital bisa diunggah ke web pmb.upi.edu untuk melengkapi isian pendaftaran. Jika tidak memiliki bentuk digital, persyaratan fisik dimasukkan ke dalam map coklat, dibawa pada saat tes tulis untuk diserahkan kepada panitia.

Syarat nomor (3) dan (5), surat rekomendasi akademik dan sertifikat TOEFL, ternyata tidak wajib. Boleh ada atau tidak. TOEFL diwajibkan untuk keperluan seminar proposal dan sidang tesis sehingga prodi akan memberikan kesempatan hingga menjelang sidang untuk melengkapi persyaratan tersebut.

[update 09/07/2020] Banyak yang tanya, sertifikat TOEFLnya yang seperti apa? Boleh melampirkan TOEFL dari ETS seperti TOEFL ITP/iBT. Boleh juga sertifikat kemampuan bahasa inggris dari lembaga lain seperti PTESOL UPI atau ELPT ITB. Yang penting sertifikatnya menunjukan level kemampuan bahasa inggris yang setara 550 (tergantung jurusan) atau lebih.

Kalau masih gak dapat skor yang ditetapkan setelah kuliah bagaimana? Pokoknya harus bisa! Prodi biasanya akan terus menunggu. Silahkan konsultasikan saja dengan prodi masing-masing. Resiko terberatnya mungkin seminar proposal harus ditunda dulu hingga melampirkan persyaratan TOEFL tadi.

Aku sendiri saat itu tidak melampirkan sertifikat TOEFL ketika mendaftar karena belum mencapai 550. Sertifikat baru dilampirkan pada akhir semester 1 pas ditagih prodi. Teman lain yang belum punya diberi kesempatan hingga semester selanjutnya. Lebih cepat lebih baik ya

Tes S2 UPI

Tes masuk ada dua jenis, yaitu tes tulis dan tes wawancara. Semua program studi memiliki tes tulis yang sama. Jadi mau masuk ke prodi mana pun soal tesnya sama, Bahasa Inggris dan tes potensi akademik (TPA). Kecuali untuk tes wawancara, hanya dilakukan oleh beberapa prodi saja, seperti prodi kebahasaan.

Tes tulis dimulai dari jam 7.00 - 12.00. Jam istirahat berdurasi 30 menit saja pada jam 9.00. Pokoknya jadwal lengkap ujian tertera pada kartu peserta. Ketika di kelas saat ujian, cukup perhatikan instruksi panitianya ya.

Tes Bahasa Inggris dimulai jam 7.00. 30 menit pertama dialokasikan untuk mengisi data diri. Ini adalah bagian yang sangat penting. Jangan sampai salah. Tenang dan periksa kembali data diri. Mulai dari nama, nomor peserta, kode prodi pilihan dan kode soal. Tes Bahasa Inggris berjumlah 60 soal dan semuanya reading alias membaca. Tidak ada soal structure atau pun grammar.

TPA dimulai jam 9.30 dengan jumlah soal 120. Dibagi ke dalam 4 bagian. Setiap bagiannya sudah ada alokasi waktunya masing-masing. Kita tidak diperkenankan melanjutkan ke bagian selanjutnya tanpa instruksi dari panitia. Seriously soal-soalnya bikin eneg. Ada soal persamaan kata, arti peribahasa, hitungan sederhana, menarik kesimpulan, dan terakhir soal pola gambar. Tes ini berakhir pukul 12.00.

Di akhir tes TPA, panitia akan mengumumkan ruangan untuk tes wawancara. Sekali lagi, tidak semua prodi mengadakan tes wawancara. Kebanyakan prodi kebahasaan saja yang mengadakan tes wawancara. Sehingga, penanggung jawab tes ini pun dilimpahkan ke panitia program studi masing-masing. Beda dengan tes tulis yang menjadi tanggung jawab panitia pihak universitas.

Tes wawancara dimulai dari jam 13.00 hingga selesai. Tidak ada waktu pasti. Rata-rata berakhir di jam-jam ashar. Jika peserta wawancara masih ada, biasanya mereka menunda tes hingga besok. Waktu itu aku diwawancarai oleh dua dosen. Seperti sedang sidang saja. Pertanyaan pun tidak susah. Hanya seputar daerah asal dan skripsi. Semakin banyak wawasan, semakin baik.
  1. Asal dari mana?
  2. skripsi tentang apa?
  3. suka topik penelitian apa?
  4. bagaimana pengalaman mengajar?
  5. pendapat anda mengenai "....."?
  6. etc
Tes wawancara memang hanya diselenggarakan oleh prodi tertentu, terutama prodi kebahasaan. Sehingga, bahasa yang dipakai saat wawancara pun tergantung pada prodinya. Contohnya, aku mengambil prodi Pendidikan Bahasa Inggris maka proses wawancara menggunakan bahasa Inggris. 

Anyway, gak tahu juga sih prodi lain apakah pakai full bahasa asing atau tidak. Sesuai pengalamanku aja, prodi bahasa Inggris menggunakan full English.

Apa yang harus dilakukan jika ada masalah saat ujian?

Ketika aku masuk gedung, bapak-bapak dan ibu-ibu panitia sudah bertebaran dimana-mana. Sepertinya dari jam 6 pagi mereka sudah ada di tempat. Waktu itu mereka memakai seragam abu-abu polos untuk memudahkan peserta mengenali panitia. Mereka juga sigap membantu peserta yang kebingungan mencari ruangan atau pun mendapatkan masalah.

Contohnya, seperti saat aku mendapatkan masalah pada kartu ujian. Karena aku mengunduh kartu ujian dua kali, jadi kartuku berubah. Nama dan nomor peserta tidak berubah, tapi tanggal dan ruangan ujian berubah. Aku tidak tahu mana yang benar, maka aku datang di hari pertama tes.

Iya, jadi tes masuk ini dibagi jadi dua gelombang, pada hari Senin dan Selasa. Kartu pertama menunjukkan hari Senin, kartu kedua menunjukkan hari Selasa. Akhirnya panitia memutuskan untuk memasukkanku ke ruang cadangan. Ini adalah ruangan khusus bagi para peserta yang bermasalah.

Tidak ada perlakuan istimewa, hanya saja kita mengisi kehadiran secara manual. Jangan khawatir hasil ujiannya tidak terdata ya. Sudah dipastikan semua lembar kertas jawaban peserta masuk dan diolah panitia. Nyatanya, walaupun masuk di ruang cadangan, aku dinyatakan lulus pada pengumuman kemarin hehehe. . .  Alhamdulillah.

Pengumuman Hasil Seleksi Tes S2 UPI

Aku mengikuti tes pada tanggal 22/23 Mei 2017. Kemudian, baru tanggal 16 Juni 2017 kemarin mereka memberikan pengumuman. Hasil seleksi diumumkan di web SPS. Mereka akan menyediakan link untuk mengunduh hasil seleksi dalam bentuk PDF.

Filenya lumayan besar karena dokumen tidak dipisah berdasarkan prodi. Hanya ada nama prodi dan daftar peserta yang lulus. Jadi, dokumen itu berisi hasil kelulusan dari semua prodi. Sangat menegangkan ketika kita harus mencari nama diri kita di sebuah daftar panjang pada dokumen itu.

Langkah selanjutnya tinggal menunggu jadwal daftar ulang beserta tata caranya. Semuanya ada di web PMB dan SPS. Cukup dua website itu yang menjadi patokan pengumuman, atau silahkan saja hubungi pihak universitasnya langsung melalui kontak yang disediakan di web PMB.

Karena ingin mengajukan beasiswa, saat ini aku sedang menunggu LoA-nya (Letter of Acceptance). Kalau sudah punya surat itu, rasanya aku baru yakin sudah benar-benar diterima. Hehe.

*update* beberapa hari kemudian, pihak universitas sudah menerbitkan LoA yang isinya pernyataan lulus beserta jadwal daftar ulang. LoA UPI bisa diakses di web SPS UPI.

contoh LoA UPI
contoh LoA UPI

Kalau kalian gagal di tes gelombang 1, masih ada gelombang 2. Tidak apa-apa lah kita ikut tes dua kali kalau memang benar-benar ingin masuk ke universitas itu. Kalau masalah soalnya sama percis, aku tidak tahu. Namun, mau sama ataupun tidak kita wajib mempersiapkan diri.

Beberapa Tips

Memang akan banyak sekali tips yang orang-orang berikan. Walaupun belum tentu sepenuhnya benar, tapi bisa dijadikan pertimbangan saat nanti menghadapi tes kembali. Jadi, berikut tips yang aku temukan sebelum dan sesudah ujian, dari pengalaman pribadi mau pun dari teman-teman lain.
  1. Sehari sebelum tes sudah ada dekat lokasi dan mengecek ruangan.
  2. Sebelum tes persiapkan fisik dan mental dengan baik.
  3. Tes TPA menyumbang skor paling banyak, sehingga usahakan menjawab banyak soal dengan benar di tes ini. Aku sendiri beberapa hari sebelum tes, hanya berlatih menjawab contoh-contoh tes TPA. Itu strategi aku sih. Sebaliknya, dosen pembimbing aku bilang, justru tes wawancaranya yang paling menentukan.
  4. Jangan panik ketika mendapat masalah ruangan tidak ada, kartu bermasalah, atau tidak ada nama pada daftar. Konsultasikan pada panitia bukan pada yang lain.
Nah, mungkin itu yang bisa aku sampaikan mengenai perjuangan awal untuk berkuliah di jenjang S2/Magister. Semoga bermanfaat.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
** Karena ada yang minta contoh surat kelayakan akademik/rekomendasi akademik, aku sertakan link downloadnya kalau link di atas broken:

112 komentar

  1. With... liar bias. selamat atas kelulusannya kak. semoga kuliahnya lancar dan bisa selesai tepat waktu dengan nilai yang bagus

    BalasHapus
  2. Hi Rahman Anan!
    Ga sengaja iseng cari info tentang sps upi, taunya saya nemu blog kamu ini. Kebetulan tahun ini saya ikut tes s2 pend bajasa Inggris upi juga, Alhamdulillah, keterima. Jadi waktu baca blog kamu ini berasa ketemu teman baru 😊
    Cuma saya lagi halau nihh... Ternyata pra perkuliahan diundur jadi tanggal 28-31 Agustus. Saya jadi galau karena pada tanggal tersebut saya khawatir tidak bisa datang 😭
    Sempat nanya2 ke sps katanya wajib, tp tdk ada sanksi kalau tdk datang, tanya ke teman-teman yang sudha ambil s2 upi duluan, katanya juga todak apa-apa kalau tdk datang. Tapi saya khawatir kalau ada hal penting 😭. Jadi galau...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry... Rahma. Typo tulis namanya 😜. Btw.. Nice to meet you

      Hapus
    2. Hi asai, nanti aku update tentang pra perkuliahannya di blog ya... Bisa juga nanti tinggalkan alamat e-mail ataupun whatsapp utk informasi ttg pra perkuliahan. :) emailku ada d halaman about ya.

      Hapus
    3. Nanti aku tulis di blog ttg pra-perkuliahannya, asai. bisa berkomunikasi lewat email atau whatsapp, emailku ada di halaman about ya. Nice to meet you too. . . see you :D

      Hapus
    4. Assalamualaikum,,hai mbak Rahma..mohon infonya dong.Btw di UPI ada kelas khusus?atau kelas karyawan.kebetulan saya bekerja di Kalimantan. Saya ingin melanjutkan S2 program study Bahasa Inggris.
      Terima kasih

      Hapus
    5. Waalaikumsalam
      Saat ini, setauku UPI khususnya prodi pend. Bhs inggris tidak membuka kelas karyawan. Semuanya reguler :)

      Hapus
  3. Many...many...thanks Rahma.... 😘

    BalasHapus
  4. Hallo kak Rahma..
    Aku Hilal kak.
    Thanks for sharing your experience! ^^
    Aku mau tanya kak. Kebetulan aku ada rencana mau daftar pascasarjana UPI utk tahun 2018 ini. Nah, dari info yg aku baca, cuma ada 1 gelombang penerimaan.
    Niatnya, utk antisipasi, aku mau daftar di dua Uni kak. Tp prioritas UPI..
    Nah, (yg berhasil aku dapat) jadwal penerimaan utk tahun 2017 ini ada di bulan Mei-Juli.
    Nah, apakah ada sistem penerimaan Gel 1 & 2?
    Kalau ada, perkiraan waktu utk Gel 1 & 2 kapan ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk jumlah gelombang yang akan dibuka tahun depan saya kurang tahu, tapi biasanya upi membuka dua gelombang. Di tahun saya kemarin malah 3 gelombang, utk memfasilitasi peserta LPDP, tapi menurut panitia di tahun selanjutnya tidak akan ada 3 gel lagi, maksimal hanya dua. untuk info jelas dan terpercaya rajin buka website SPS upi saja.
      Pengalaman saya kemarin, pendaftaran gelombang 2 biasanya dibuka berdekatan dengan tes seleksi peserta gelombang 1. Jadi kalau merasa tes gelombang pertama ragu akan lulus, bisa daftar lagi di gelombang kedua.
      Waktu pendaftaran gel 1 di sekitar bulan Feb/Maret (awal2 semester dua) tesnya bulan Mei. Pengumumuman kelulusan bulan Juni. Kalau gel 2, pendaftaran bulan Mei-Juli, dan pelaksanaan tes di bulan Juli. Pengumuman kelulusan gel 2 di bulan Juli bersamaan dengan pengumuman pelaksanaan registrasi ulang.
      good luck ya Hilal...! :)

      Hapus
  5. Mau tanya kak. Kalau mau lanjut s2 pndidikan bahasa inggris, untuk skor TOEFL nya memang harus 550 atau bisa on going aja sambil kuliahnya?
    Di jawab ya kaka cantik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa sambil kuliah. Diberi batas waktu sampai akhir semester satu untuk memenuhi toefl 550 :)

      Hapus
  6. Kak tanya dong
    Kelas karyawan sps upi hr apa aja ya kak? Apakah weekend?

    BalasHapus
  7. Kak tanya dong
    Kelas karyawan sps upi hr apa aja ya kak? Apakah weekend?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya di UPI tidak ada kelas karyawan. Weekend semua perkuliahan libur baik itu postgraduate ataupun s1.

      Hapus
  8. Assalamualaikum kak mau tanya,kebetulan tahun ini saya berencana akan daftar s2 upi, tp ijazah s1 saya baru keluarnya bulan Agustus jd bagaimana yah kak kira2 apakah boleh melampirkan dl surat keterangan sementara atau bagaimana yah kak kira2? Terimakasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada temanku yg waktu masuk belum wisuda. Dia bilang pas daftar melampirkan surat keterangan lulus, ijazah dilampirkan setelahnya :)

      Hapus
  9. ka saya mau tanya, gini rumah saya kan bukan di kota s1 tempat saya kuliah dulu, rencananya dekat2 ini mau ke tempat kampus ketika s1, nah upi kan juga ada rekomendasi dosen berarti saya hrs kesana, cuman kan pendaftaran upi belum buka, jadi saya download surat rekomendasi dosen buat ke upi itu dari web kk, maksudnya biar gak bolak balik ke kampus s1, itu boleh engga sih ka?
    Apa surat gak boleh Donload sembarangan harus pas pendaftaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Format rekomendasi dosennya ada di web UPI kok... Di aku kayaknya ada dehdfilenya... Nanti kalau ada, ditambahkan link downloadnya di sini deh. insha'Allah.

      Hapus
  10. Hallo mbak,
    Wah jadi dedegan juga nih....
    Mbak mau nanya, surat izin dari atasan yg lg kerja juga perlu ya mbak?

    Di saat pendaftaran diminta gak mbak untuk upload sertifikat toefl?
    Saya ingin tanya2 lagi tentang s2 di UPI mbak, saya bisa mntak kontak mbak?
    Email, WA, line, atau sebagainya.
    Terimakasih mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sedang kerja, perlu surat dari atasan. Sertifikat itu tidak wajib di awal pendaftran. Bisa kontak saya lewat email anan.rahma@hotmail.com atau lewat ig @ananrahma :)

      Hapus
  11. Ka aku boleh minta kontak kk engga? Mau tanya2 masalah upi s2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh lewat email atau dm igku (@ananrahma) dulu ya :)

      Hapus
  12. Ka aku boleh minta kontak kk engga? Mau tanya2 masalah upi s2

    BalasHapus
  13. Infonya sangat bermanfaat. Kak aku mau tanya,utk surat rekomendasi apakah menjadi salah satu penentu kelulusan? Saat mendaftar secara online apakah surat rekomendasi di upload juga ya? Atau hanya dibawa saat tes saja? Mohon infonya kak
    Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku penentu kelulusan hanya tes saja. . Surat rekomendasi diupload ke webnya pas daftar. Pengalamanku, jika tidak bisa mengupload file, berkas persyaratan dibawa pas ujian (diserahkan secara fisik ke panitia) :)

      Hapus
  14. Assamulaikum Mbak Rahma. Saya berencana ingin lanjut S2 di UPI, apakah IPK saat S1 juga mempengaruhi masuk s2 pascasarjana? IPK saya hanya 3,19 waktu S1. Dari pendidikan matematika mbak. Mohon jawabannya ya mbak, Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama memenuhi syarat minimal pendaftaran, IPK tidak masalah. Setelah syarat pendaftaran terpenuhi, Kelulusan ditentukan oleh skor tes masuk.

      Hapus
    2. wah kok bisa sama ya. saya juga khawatirnya sama yg ini. IPK saya 3,15.

      Hapus
  15. mvak mau nanya, seandainya kita mengikuti tes masuk pada tahun ajaran ini.. Namun karena gak ada biaya mendaftar ulang, tidak bisa mendaftar. Apakah kita bisa masuk/mendaftar ulang pada tahun ajaran berikutnya?? Atau kita harus tes lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang begitu paham sih, tetapi ada aturan kalau mahasiswa tidak daftar ulang dianggap mengundurkan diri, artinya gugur.

      Bisa ditanyakan langsung ke bagian akademiknya untuk lebih jelas.

      Hapus
  16. Mba mau tanya, kuliahnya hari apa za buat pend biologi s2 upi? Apakah senin-jumat full?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap angkatan di setiap jurusan memiliki jadwal yg berbeda2, tidak ada jdwal baku. Bisa full senin-jumat, bisa juga tidak. Yg jelas sabtu libur.

      Hapus
  17. Mba mau tanya, kuliahnya hari apa za buat pend biologi s2 upi? Apakah senin-jumat full?

    BalasHapus
  18. Diary yang berisi informasi dan bermanfaat sekali. terima kasih kak Rahma sudah sharing pengalamannya.

    BalasHapus
  19. Mbak mau nanya, saya juga mau daftar upi juga jurusan pend inggris, apa gak ppa gak nyertain surat rekomendasi akademik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dilihat kembali wajib tidaknya di web. Waktu aku daftar dulu itu tidak wajib. Temenku juga ada yg tidak menyertakan surat itu dan masih bisa ikut ujian.

      Hapus
  20. Assalamu'alaikum kak. Saya mau tanya, untuk tes TPA itu dalam bahasa inggris juga gak kak?
    Saya dpt info dari mhs s2 jurusan pend.biologi (tes tahun 2017 jg) soal "tes"-nya b.inggris semua. Apakah sama utk pend. b.inggris?
    Makasih kak.

    BalasHapus
  21. teh maaf kalo g pake ijasah tapi pake syrat keterangan lulus bisa?

    BalasHapus
  22. This comment has been removed by the author.

    BalasHapus
  23. Kak mau nanya. Tes toefl upi itu kapan dilaksanakannya. Sesudah pengumuman kelulusan atau gimana? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toefl adalah tes kemampuan berbahasa inggris. Balai bahasa upi memiliki jadwal tersendiri untuk mengadakan TOEFL ITP setiap bulannya. Ada juga PTESOL, sejenis TOEFL, diadakan setiap minggu kalau ga salah, biayanya lebih murah.

      Hapus
  24. Mau nanya kak, untuk total biaya keseluruhan program S2 kira" brp ya ? Klo pas jaman S1 kan begitu daftar ulang ada biaya uang bangunan dll. Apakah untuk program S2 juga seperti itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku, di UPI, pas masuk gak ada uang bangunan..hanya SPP. Dan tiap semester biaya SPP tetap. Sistem paket.

      Hapus
  25. Sist, bayar SPP pertama pada saat daftar ulang bulan pertama masuk perkuliahan atau bisa selama semester blm berakhir..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembayaran SPP dilakukan sebelum perkuliahan dimulai.

      Hapus
  26. kak mau nanya masalah field study itu gimana ya? sumpah bingung banget itu mksdnya pas penelitian buat thesis apa gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya saya tidak menuliskan field study di artikel ini :( kalau di penelitian field study itu seperti case study/studi kasus, salah satu design penelitian, berupa penelitian lapangan untuk membahas secara rinci suatu topic permasalahan.

      Hapus
  27. Mbak, mau tanya kalo lulusan S1 fmipa non pendidikan, apakah s2 nya bisa ke pendidikan? Misalnya s1 kimia murni, apakah bisa melanjutkan s2 pendidikan kimia? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja. Nanti pas kuliah akan ada matkul tambahan, matrikulasi, untuk yg non linier. Teman saya juga sekarang beberapa ada yang bukan asli pendidikan bhs Inggris kok.

      Hapus
  28. Sangat membantu mba..salam kenal sebelumnya saya jg lagi takut banget dengan tes TPAnya mba. Yang peribahasa sangat bru bgi saya.apakah soalnya hampir sama dengan verai oto Bappenas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tahu tentang verai oto Bappenas ini. . . aku latihan TPA sendiri di rumah, mencari dan download soalnya di google. Strategiku, mengerjakan soal yang mudah saja. yang susah dilewat saja hahaha karena waktunya juga sedikit.

      Hapus
  29. Ka Rahma saya mau tanya, syarat masuk UPI kan harus toefl 550 dan IELTS 6 untuk prodi b ing. Apakah kalau tidak mencapai maka tidak akan diterima masuk. Terimakasih ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. TOEFL persyaratan untuk sidang dan bukan persyaratan wajib saat daftar tes masuk. Kalau sudah punya sertifikat dg skor 550, silahkan dilampirkan saat pendaftaran. Kalau belum memenuhi, bisa dipenuhi dan diserahkan nanti saat hendak sidang.

      Hapus
  30. teh mau nanya sya s1 prodi pend.matematika, dan rencananya mau ambil s2 UPI administrasi pendidikan . Menurut teteh soal linearitasnya tuh gmna . aman kan yak ? nuhuun teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. prodi yang diambil sudah pasti tidak linier dg yg sebelumnya. untuk masalah akademik/proses kuliah nanti, non-linier seperti ini tidak masalah karena ada penyetaran dengan mengambil matkul tambahan (matrikulasi).

      Akan tetapi, resikonya mungkin ada pada jenjang karir. Contoh: dosen saya s1 pend. bhs inggris, s2 psikologi Pendidikan, ketika ingin mengajukan sertifikasi atau hal2 kenaikan pangkat, gelar s2-nya tidak dipertimbangkan karena tidak linier, akhirnya dia bersekolah kembali s2 Pendidikan bhs inggris.

      linieritas memiliki pengaruh pada dunia kerja pada beberapa kasus. demikian yang bisa saya sampaikan.

      Hapus
  31. Hai teh Rahma, semoga teteh sehat selalu. Nama saya Faridah Dian dari Palangkaraya.
    saya rencananya mau melanjutkan Pend S2 di UPI teh. Saya mau tanya untuk tes disana selain tes B.Ing dan TPA yg untuk semua jurusan.
    Apakah ada tes tambahan lg utk Pend B.Ing misalnya tes khusus kejuruan.?
    Dan saya juga mau tanya untuk biaya, selain yg Rp. 8.522.000. persemester.
    apakah ada biaya tambahan lg misalnya untuk matrikulasi / sumbangan pendidikan lainnya. Terimakasih. Harap maklum teh karena dr Kalimantan agak jauh..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua ujian tes masuk ada tiga macam dan telah saya tuliskan semuanya di postingan. Masalah biaya telah saya jawab di komentar di atas bahwa SPP berupa sistem paket, biaya awal masuk sampai nanti menjelang wisuda akan tetap.

      Good luck...

      Hapus
  32. Assalamualaikum Kak Rahma! :D
    Kak, maaf, aku mau tanya....untuk tes wawancara S2 Pendidikan Bahasa Inggris itu ketika diwawancara menggunakan bahasa inggris atau bahasa indonesia ya?
    Terima Kasih kak sebelumnya....
    Sukses terus kak!

    Wassalamualaikum Wr Wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, memakai bahasa Inggris :)

      Hapus
  33. assalammualaikum teh, punten bade nanya .. untuk skor TPA kira2 teteh tau gak minimal brp ? nuhun teh ❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam.. saya kurang tahu. Skor tidak diperlihatkan ketika pengumuman kelulusan.

      Hapus
  34. oh iya teh , maaf nanya lagi teh .. terus kalo bentuk soal kemampuan bahasa inggris nya itu seperti toefl yang terdiri dari listening, structure, dan reading atau gimana teh ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yg saya tulis di postingan, "Tes Bahasa Inggris berjumlah 60 soal dan semuanya reading alias membaca". Terima kasih 🙏

      Hapus
  35. Kak kalau ngelanjutin kuliah S2 di upi, kalau lulus ujiannya, ada biaya pangkalannya ga yah? Spp nya berapa ya kak? Makasih 😊

    BalasHapus
  36. Kak apakah di upi bisa penundaan kuliah setelah dapat LOA? Karena masih mau mencari beasiswa lpdp ataupun BU? Jadi tahun ini daftar sps UPI lalu tahun depan baru kuliah ? Apa bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah terbit LoA nanti diminata daftar ulang kan ya dg membayar uang spp, klo tidak daftar ulang dianggap mengundurkan diri.

      Apply LPDP dulu atuh, baru ikut tes masuk.
      ATAU ikut tes masuk dulu, klo sdh dpt LoA baru apply BU.

      Intinya ikut tes masuk setelah semua siap.

      Hapus
  37. Kak, mau nanya pilihan pertma saya pendidikan matemtika. Tp utk pilihan kedua saya agak ragu kak krn gak tau yg linier dgn pendidikan mtemtika. Ad saran gak kak. Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilihan jurusan silahkan disesuaikan dg keinginan hati... :)

      Hapus
  38. Mksih kak.
    Stu lagi kak. Kn di tnya sumber biaya nya dri mana kak. Dstu ad pilihan biaya sendiri atau beasiswa sama d sponsorin kan kak. Jd binggung mau isi yg mana. Sbnrnya dari biaya sendiri kak. Tp klo bisa dpat beasiswa kan alhmdulillh kak. Jdi isi yg mana bgus nya kak.? Ad berpengruh gak kak?
    Mksih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disesuaikan dengan keadaan saat masuk sekarang ya. Jika sekarang pas daftar pakai uang sendiri berarti dipilih "biaya sendiri". Masalah di tengah perkuliahan mendapatkan beasiswa itu tidak jadi masalah.

      Hapus
  39. This comment has been removed by the author.

    BalasHapus
  40. Halo kak Rahma, terima kasih utk tulisannya. sebelumnya selamat hari raya Idul Fitri ya kak.
    Kak mau nnya,untuk pakaian saat tes ga ada ketentuan khusus kah? Ak cari diweb ga ada. Kemeja dgn celana atau rok dasar aja kn kak?

    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada ketentuan khusus. Pakaian bebas asal formal dan sopan.

      Hapus
  41. mkasih ka Rahma. Satu lagi ni kak wktu wawancara prtanyaan ttg suka topik penelitian ttg ap, kakak jawabnya mendetail ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak detail.. aku jawab, suka topik linguistik lebih ke fenomena bahasanya dibandingkan pengajaran. Gitu aja. Hehe

      Hapus
  42. Kak terimakasih tulisannya sangat membantu.
    Untuk wawancara bahasa yg digunakan apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk prodi bahasa inggris memakai bahasa Inggris, disesuaikan dengan bahasa prodi masing-masing.

      Hapus
  43. Makasih informasinya, Kak. Izin bertanya, Kak, untuk LoA itu apakah ada tenggat penggunaannya? Misalnya kita mau menggunakan LoA itu untuk beasiswa yang artinya kita juga harus menunggu hasil seleksi dari program beasiswa itu, dan pastinya waktunya akan melebihi dari tenggat waktu yang diberikan oleh UPI untuk melakukan pembayaran. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. LoA hanya menyatakan bahwa saudara diterima di universitas tsb. Tidak berkaitan dengan proses pembayaran ☺️

      Hapus
    2. Bearti, Kak, setelah kita lulus seleksi (yg berarti dapat LoA juga), kita bisa menunggu untuk LPDP?

      Hapus
    3. Ohhh. Iya, Ngeh. Saya baru ngerti, Kak. Maaf atas kelolaan saya 🙏

      Hapus
    4. Kita bisa ikut seleksi, terus dapat LoA, terus baru daftar LPDP atau beasiswa lainnya. Giti kan, Kak?

      Hapus
  44. Bearti, Kak, setelah kita lulus seleksi (yg berarti dapat LoA juga), kita bisa menunggu untuk LPDP?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sudah dapat LoA bisa daftar beasiswa. Tapi kalau tidak salah LPDP tdk ada syarat LoA.

      Hapus
  45. assalamualaikum kak. mau tanya, bagi calon maba pascasarjana yang nyusul sertifikat toeflnya, boleh ambil tes toeflnya di tempat lain? atau harus di kampus UPI kak? trus guna sertifikat toefl itu buat apa ya kak? untuk syarat sidang tesis kah?. ditunggu jawabannya ya kak 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toefl untuk syarat seminar proposal nanti. Bisa menggunakan hasil tes kebahasaan di lembaga lain kok.

      Hapus
  46. hmm gtu ya kak. terus harus tes toefl ITP ya kak? atau boleh yang prediction aja ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak harus ITP ya. Bisa pakai English proficiency test dari lembaga lain. Kampus2 seperti UPI, ITB dan beberapa tempat kursus biasanya mereka punya tes seperti TOEFL. Pastikan saja lembaganya terpercaya.

      Hapus
  47. kalau yang di upi tes toeflnya biasanya dimana kak? gratis atau bayar kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di Balai Bahasanya. Silahkan hubungi Balai Bahasa UPI untuk informasi biaya dan jadwal tes.

      Hapus
  48. oke terimakasih banyak atas infonya. sangat membantu. semoga sukses kak 🤝

    BalasHapus
  49. Assalamu'alaikum kak, trimakasih pengalamannya kak.. banyak membantu saya, insyaallah tahun ini sy ikut daftar juga kak.. barusan sudah verifikasi semua datanya kak.. qadarullah dikolom golongan darah, sy salah mencantumkan, dan alamat yg kurang lengkap, krna saya kira sudah terdata dikolom kecamatan, kabupaten, dan provinsi yg dipilih itu kak, jd saya tidak menuliskan ulang di kolom alamat selanjutnya.. apakah akan berpengaruh kak?

    Lalu, ketika saya coba untuk cetak kartu peserta, belum ada tempat dan waktu yg tercantum kak, apakah waktu untuk mencetak kartu ujian dilakukan setelah penutupan pendaftaran kak?

    Mohon info nya kak, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam... Info gol darah dan alamat yg kurang lengkap sepertinya tidak berpengaruh ke pendaftaran, tetap bisa mengikuti tes dll. Untuk info tempat dan jadwal tes sepertinya harus ditanyakan ke panitia karena pengalaman sy dulu info tsb langsung muncul di kartu peserta... Boleh coba direfresh dulu webnya atau tunggu 1 hari, kemudian coba download kembali kartu pesertanya.

      Hapus
  50. assalamualaikum kak mau tanya, mahasiswa pascasarjana yang bukan jurusan b.inggris kalau mau presentasi seminar proposal dan sidang tesisnya harus pakai b.inggris juga kak?

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum kk mau tanya, pendaftaran s2 masih ada lagi kira kira tahun ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, saya kurang tahu. Coba sering2 berkunjung ke web pmb upi saja.

      Hapus
  52. Mbak Rahma, terima kasih infonya soal kampus UPI. Boleh tau kah? Di UPI apakah ada kelas karyawan? Aturnuhun mbak...

    BalasHapus
  53. Mbak. Berapa lama waktu aktif LOA? Apa bisa sampai 2 thn? Mhn informasi

    BalasHapus
  54. Halo kak rahma. Saya kebetulan ketemu blog kakak saat mencari info pasca sarjana UPI. Mau nanya kak, saya ingin mencoba daftar seleksi tapi saya juga ingin menunggu seleksi beasiswa. Apakah Jika lulus seleksi masuk UPI, untuk menggunakan LoA kita tetap harus membayar uang semester setelah pengumuman? Atau boleh tidak membayar karena ingin mengikuti seleksi beasiswa dahulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. LoA terbit bersamaan dengan hasil pengumuman seleksi masuk. Untuk pembayaran perkuliahan pertama biasanya ada jeda beberapa minggu saja setelah pengumuman tes. Kalau saya dulu jedanya agak lama 2 bulanan karena ikut tes seleksi gelombang 1 (awal). Jadi utk menggunakan LoA kita tidak perlu bayar SPP dulu.

      Hapus
  55. Salam kenal kak rahma. Saya diah. Saya membaca postingan kak rahma dan ada sedikit yg saya ingin tanyakan. Di tulisan ada kak rahma sebutkan mendapatkan loa untuk mengajukan beasiswa. Apakah UPI memfasilitasi tunda kuliah jika misalnya ingin mendaftar untuk beasiswa lpdp kak? Trims kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu. Pengalaman saya kemarin tidak ada yg tunda kuliah. Tidak daftar ulang dianggap mengundurkan diri. Teman2 sy yang LPDP ikut pengajuan beasiswa dulu, setelah diterima baru ikut tes seleksi masuk univ nya.

      Hapus
  56. Assalamualaikum kak Rahma. Aku Fasya. Semoga kakak sehat2. Maaf mau tanya. Saya kerja di Cirebon tapi rencana mau daftar S2 di UPI. Apakah bisa saya tetap kerja sambil kuliah.?? Apakah jadwal sangat padat? Makasih kak

    BalasHapus
  57. Assalammualaikum kak Rahma. Kebetulan banget aku lagi nyari-nyari info seputar pendaftaran Pascasarjana UPI dan ketemu blog kakak.
    Aku mau nanya kak, kebetulan aku mau ambil pendidikan B.Inggris. Nah, skor untuk IELTS itu harus 6.5
    Kebetulan aku belum pernah ikut test IELTS. Apakah sewaktu mengikuti tes nanti sertifikat IELTS nya diminta kak?
    Kan kalo TOEFL bisa di berikan nanti sambil mengikuti perkuliahan.
    Kalau IELTS gimana kak?
    Terimakasih 🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, yang diminta saat pendaftaran adalah hasil tes kemampuan bahasa inggris, bisa berupa IELTS/TOEFL/PTESOL. jadi peraturan pada TOEFL akan diterapkan juga pada IELTS. jika prodi memberikan keringanan untuk menyerahkan sertifikat TOEFL saat proses perkuliahan (bukan saat pendaftaran) , peraturan itu pun aka
      berlaku utk penyerahan sertifikat IELTS. Silakan cek kembali dg seksama berkas2 yg wajib dilampirkan saat mendaftar ya. Bisa saja ada perubahan peraturan 🙏

      Hapus