Beauty Diary by Rahma

Review Purbasari Metallic Color Matte Lipstick in Sunstone 74 and Goldstone 75

| on
Maret 11, 2018
Purbasari Metallic Review

Purbasari belum lama ini meluncurkan lipstick berkarakter metallic dengan lima pilihan warna. Aku sendiri tertarik mencoba karena sebelumnya pernah memakai lipstick Purbasari dan tidak mengecewakan. Jadi penasaran saat mereka mengeluarkan produk baru, so aku beli dua sekaligus. Lagi pula, jenis lipstick metallic tidak sebooming ‘pure’ matte lipstick. Masih sedikit yang memakai and here is my review.

Kemasan
Jika lipstick dan lip cream purbasari sebelumnya didominasi warna hitam, kali ini mereka memberikan warna cerah dan mencolok. Lipstick dibungkus kotak kardus putih dengan garis gold untuk memberikan kesan premium. Warna wadah lipsticknya sendiri dibalut warna emas dengan tulisan purbasari berwarna putih di bagian bawahnya. Sedangkan, deskripsi dan informasi yang menurutku cukup lengkap ditulis pada dus putihnya.

sunstone 74 dan goldstone 75

Deskripsi singkat:
Purbasari Metallic Color Matte Lipstick adalah lipstick metallic dengan tekstur creamy yang diperkaya dengan vitamin E sebagai pelembab dan memiliki tampilan warna yang pigmented.

Ada beberapa bahan yang menarik perhatian: Ricinus communis seed oil, Candelilla cera extract, dan Copernicia cerifera cera. Tiga bahan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, semuanya memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Mungkin lipstick ini nantinya akan memiliki tekstur berminyak.

What they claim?
Mereka mengklaim Purbasari Metallic Color Matte Lipstick bisa bertahan lama alias longlasting, tidak membuat bibir kering alias hydrating serta tentunya pigmented.

Warna
Totalnya, Purbasari Metallic Lipstick memiliki lima warna. Aku membeli dua warna yang aku suka aja, Sunstone (74) dan Goldstone (75). Ah alesan aja sih. Aku suka semua warnanya. Cuma gak tega beli banyak-banyak. Urusan duit hehehe

74 SunstoneSun itu matahari dan stone adalah batu. Kalau digabung jadi batu matahari hahaha warnanya seperti matahari terbenam. Warna ini lebih terlihat orange dan lebih berkilau daripada goldstone.

Review Purbasari Metallic Color Matte Lipstick

75 Goldstone
Gold artinya emas dan stone adalah batu, jadi batu emas. Sayangnya warna ini gak ada kuning-kuningnya kaya emas hehe warnanya lebih ke arah merah metalik.

Review Purbasari Metallic Color Matte Lipstick

Ketika melihat dua foto swatch di atas, agak bingung juga. Kok hasilnya jaidi kelihatan sama ya? Well, biar gak terlalu bingung, pokoknya si sunstone ini lebih orange. Ini ada foto yang brightnessnya aku tinggikan agar si orange nya kelihatan.

Review Purbasari Metallic Color Matte Lipstick

Selain dipakai di bibir, aku juga pakai di kelopak mata. Hasilnya lumayan bagus juga kok hehehe ntah deh kalau dijadiin highliter atau blush. Is It a good idea? I don’t know. Try it!

Review Purbasari Metallic
kiri sunstone, kanan goldstone
Tekstur dan Ketahanan
Teksturnya di klaim creamy, tapi menurutku malah cenderung kering. Gak ada basah-basahnya. Saat dipakai pun agak seret. Enaknya sih, lipsticknya nempel di bibir, pigmented, cepat kering dan tidak mudah transfer. Di bibir pun tidak terasa berat. Ringan seperti tak memakai lipstick.

Klaim tidak membuat bibir kering? Aku setuju. Kalau di foto swatch itu memang bibirku sudah kering duluan hehehe Saat dan setelah pemakaian, bibir keringku ini tidak tambah kering ataupun pecah-pecah.

Tidak ada klaim anti air ataupun waterproof di kemasannya. Dicoba dengan air mengalir, ternyata masih kuat. Permukaannya menolak air. Terkecuali jika digosok, jadi terasa oily dan malah jadi belepotan parah. Gak enak kalau dibawa wudhu. The best way is to remove the lipstick first with remover before praying. Dilap tisu kering bisa, tapi akan lama. Yang jelas jangan cuma pakai air saja hehehe

Suatu hari aku pakai dari pagi sekitar pukul 8an hingga pukul 14.30an. Lipsticknya memudar. Itu tanpa makan minum. Walaupun pudar, justru terlihat lebih bagus dan natural loh. Maklum lah lipstick metalik terlalu heboh untuk pemakaian sehari-hari. Dari pengalaman itu, aku jadi suka memakai lipstick ini tipis-tipis agar tidak terlalu mencolok.

Pernah juga aku bawa makan. Makanannya berat dan berminyak. Hasilnya adalah tentu lipstick gak akan bisa bertahan dan stain alias sisa lipsticknya jelek banget. Harus cepet-cepet touch up.

Review Purbasari Metallic Color Matte Lipstick

Which one is my favorite color?
I like sunstone. Warnanya lebih calm dan segar. Ketika dipakai tipis pun terlihat lebih natural dibanding goldstone. Anyway, kalau kalian mencari lipstick untuk riasan natural janganlah pakai metalik. Walaupun warnanya, katakanlah natural, tapi blink-blink/glitter nya itu terlalu mencolok.

Kadang ada yang suka nanya, “Teh warna ini cocok gak di kulitku?” jujur aja aku “buta” warna. Sulit untuk merekomendasikan warna ini cocoknya untuk kulit seperti apa. Perlu dicoba dulu secara langsung. Secara “teori” mungkin warna ini akan masuk untuk kulit fair to medium, tapi untuk masalah terlihat cantik atau enggak aku lebih terpengaruh oleh kenyamanan dan kepercayadirian si pemakai.

Tetehku punya warna putih hampir sama kayak aku. Ketika memakai kedua warna ini, it is a big NO for her. Dia tidak terbiasa bermakeup dan menurut dia warna ini dia terlihat tidak ‘nyaman’, gak pede pakainya. Akhirnya, aku pun sebagai penonton merasa warna ini enggak cocok juga buat dia. Padahal buatku, warna ini cantik-cantik aja pas dipakai. So, untukku saat ini cantik dan kecocokan lebih banyak dipengaruhi oleh faktor psikologi sang pemakai hehehe

Mari kita ambil ringkasan dari review ini
1. Tahan lama? So so
2. Tahan air? Yes, tidak pudar terkena air asal jangan digosok keras
3. Transfer? No, selama permukaan kering
4. Hydrating? Yes
5. Pigmented? Yes

Where to buy?
Aku beli di Borma Rp39.600. ya hampir Rp40.000,- harganya berbeda-beda di setiap toko. Borong aja gih hehehe

Selamat mencoba :)

4 komentar on "Review Purbasari Metallic Color Matte Lipstick in Sunstone 74 and Goldstone 75 "
  1. Wah aku baru tau Purbasari ada lipstick metaliknya! Harus banget coba sih. Warnanya so prettyyy xD

    kaniarda.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Warnanya cantik bgt, harga juga terjangkau ya.
    Aku pernah beli yg kemasan item sama lip cream nya, yg ini belum, jd penasaran hihi

    www.ursula-meta.com

    BalasHapus
  3. Kemarin sempet liat produknya di katalog guardian dan agak mupeng juga hahah
    dua-duanya cantik banget warnanya

    talkingwithbeki.blogspot.co.id

    BalasHapus
  4. Keren ini lipstiknya, bisa dicoba deh

    BalasHapus

Custom Post Signature