Beauty Diary by Rahma

Ingin Mengurus Kartu BPJS Kesehatan Dengan Mudah? Begini Caranya

| on
Maret 31, 2018

source: jamkesnews.com
Sekarang ini kita berada di era yang serba digital, di mana kita bisa melakukan banyak hal dengan mudah dan bahkan nggak perlu repot-repot beranjak dari tempat kita sekarang ada. Nah, begitu juga dengan kesehatan, di mana hal yang satu ini jadi salah satu poin penting yang nggak bisa dianggap remeh begitu saja oleh siapapun. Untungnya saat ini hadir BPJS Kesehatan yang membuat kamu nggak perlu terlalu khawatir. Tapi, bagaimana sih cara mengurus BPJS Kesehatan ini? Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yang pertama adalah pergi mendaftar ke kantor BPJS terdekat di kota kamu.

Kalau harus pergi dan mendaftar dengan cara konvensional, pastinya cukup menyulitkan orang-orang yang masih harus membagi waktu dengan tanggung jawabnya di tempat lain. Apalagi jika kantor BPJS di kotamu terletak jauh dari domisili. Namun sebenarnya kamu nggak perlu bingung banget untuk urusan yang satu ini. Yap, karena kini kamu juga bisa mendaftarkan BPJS Kesehatan secara online. Kamu bisa mendaftar BPJS dengan mudah melalui situs resmi BPJS lho.

foto:BPJS Kesehatan
Selain situs resmi BPJS, kamu juga bisa mendaftarkan diri lewat aplikasi ponsel yang bernama Mobile JKN dan beberapa situs penyedia lainnya. Setelah semua proses dilalui, kamu akan menerima email konfirmasi yang memuat URL aktivasi dan Virtual Account (VA). Kamu perlu menggunakan nomor VA ini untuk melakukan pembayaran iuran perdana. Setelah pembayaran lunas, kamu bakal mendapatkan e-ID yang berlaku sebagai identitas elektronik yang bisa diunduh dan dicetak sebagai kartu BPJS Kesehatan sementara. Nah, mengingat kartu tersebut hanya bersifat sementara, akan lebih baik kalau kamu menukarkannya dengan kartu peserta permanen di kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan ya. Dokumen tersebut adalah Kartu Keluarga, Nomor handphone, NPWP hingga KTP. Kamu juga harus menyiapkan scan foto untuk kelengkapan data kamu.

foto: BPJS Kesehatan
Untuk pembayarannya, tak perlu bingung lagi sekarang. Karena BPJS telah bekerjasama dengan beberapa Bank dan minimarket. BPJS juga bisa dibayar melalui internet banking, ATM, kasir minimarket dan merchant online lainnya. Apalagi Traveloka siap membantu kamu untuk membayar BPJS Kesehatan secara mudah dan nggak pakai ribet. Bahkan kita cukup menyiapkan komputer dan segelas minuman hangat saja untuk menemani saat proses pembayaran. Cukup masuk ke halaman Traveloka https://www.traveloka.com/bill-payment/bpjs/daftar-online dan kemudian kamu bisa melihat langkah-langkah mudah untuk membayar BPJS Kesehatan secara online.


Mengingat kartu BPJS Kesehatan sendiri memiliki segudang manfaat, jelas kalau kamu perlu mendaftarkan diri sebagai peserta dan sudah nggak bisa ditawar-tawar lagi. Tentunya kalau nggak mau repot, kamu bisa melakukannya dari rumah dengan melakukan pendaftaran secara online dengan mudah.
1 komentar on "Ingin Mengurus Kartu BPJS Kesehatan Dengan Mudah? Begini Caranya"
  1. wah sekarang sudah semakin canggih ya, kalau udah serba online semua jadi mudah

    BalasHapus

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar dan saran yang membangun :) terima kasih telah berkunjung

Custom Post Signature