Beauty Diary by Rahma

Emina Sun Protection SPF 30: Sunscreen Murmer Anti Lengket

| on
April 25, 2018
review emina sunscreen
Akhirnya, aku beli satu produk dari brand Emina yang punya ciri khas dengan kemasan unyu-unyu. Beli produk cantik begini berasa jadi muda kembali hehehe super girly and young. Dari semua produknya aku coba sun protection dulu. Barang yang katanya amat penting untuk pemilik kulit kering.

Agak sedikit trauma beli sun protection. Dulu pernah coba-coba pakai sun protection yang aku temukan di lemari, ntah punya siapa. Awal pakai adem, tapi lama-lama kulit berminyak dan gerah. Tidak nyaman. Ada sih yang enak dan banyak direkomendasikan orang-orang, but godamnit harganya ratus ribu HAHA it must be a joke to my pocket, I will never buy.

Been stalking on this Emina sun protection for months, bisa dikatakan 9/10 memberikan kesan sangat baik terhadap teksturnya. Alhasil, aku merasa ini barang yang mesti dicoba. Harganya juga gak bikin dompet ketawa. So, pas lewat counternya aku langsung pilih si unyu ini.

review emina sunscreen

Pertama kali mencoba, aku fokus sama teksturnya yang berupa krim. Warnanya putih agak kehijauan, tanpa ada bau menyengat. Jadi baunya lumayan soft. Saat aku blend, kulit terasa sejuk dan surprisingly dia menyerap dengan cepat. Gak terasa lengket. Setelah menyerap dengan baik, kulit tidak mengeluarkan minyak berlebihan. I can say produk ini aman di kulitku yang kering.

SPF 30
Angka dari SPF, 30, dirasa sudah cukup untuk daerah tropis. Aku sendiri merasa gak perlu pakai produk yang berSPF tinggi. Pertama, aktifitasku kebanyakan di dalam ruangan. Kedua, Alhamdulillah pigmen di kulit masih ada, gak sepolos bule, plus tempat tinggalku tidak seterik Gurun Sahara. Aku tinggal di daerah pegunungan dan perbukitan gitu deh.

Lah kalau sering indoor dan diam di tempat tinggal sejuk kenapa mesti pakai perlindungan? Seperti yang sering aku bilang di sini, kulitku kering. Tanpa perlindungan, kulit "retak" dan gosong begitu kena matahari langsung. Kemudian, walaupun masih berpigmen warna kulitku cenderung lebih terang. Alhasil kemungkinan untuk terbakar matahari juga lebih cepat. Dulu aku gak ngeh betapa pentingnya tabir surya. Hasilnya, kulit wajah belang. Bagian yang tertutup kerudung lebih terang dibanding yang tidak tertutupi. Nyadarnya telat banget ya?

sunscreen emina review

PA+++
Sunscreen emina ini juga memilika PA+++, yaitu Protection Grade of UV-A. Kalau tadi SPF gunanya melindungi kulit dari UVB yang membuat kulit gosong, maka PA melindungi kulit dari UVA yang menyebabkan penuaan dini seperti bintik hitam dan kerutan.

Secara sekilas produk ini terlihat lengkap untuk menjaga kulit dari UVA/B. Akan tetapi, di artikel yang aku baca, hanya produk yang berlabel "broad spectrum" saja yang benar-benar menangkal kedua ultra violet tadi, terutama UVA, sedangkan emina gak punya label itu.

Kalau SPFnya udah ada di emina ini dan gak perlu khawatir dengan UVB. Nah, mungkin untuk UVAnya, sunscreen ini hanya memberikan perlindungan medium. Aku sarankan untuk memakai produk anti-aging lain agar perlindungan lebih baik. Dengan menggunakan sunscreen emina, noda hitam dan efek-efek dari UVA memang tidak hilang tapi minimal tidak bertambah.

Yang aku rasakan setelah secara rutin memakain Emina sun protection adalah kulit tidak cepat panas ketika beraktivitas di luar. Aku juga gak terlalu khawatir akan bertambahnya noda hitam. worry free. Bukan berarti bisa seenaknya panas-panasan di luar ya. Lebih baik menjauh ketika matahari sudah terik.

Cara pakai
Karena ini termasuk chemical sunscreen, kita harus menunggu 15 menit agar produk benar-benar terserap dan siap untuk menjaga kulit dari radiasi sinar matahari saat beraktivitas di luar.

Isu whitecast
Beberapa orang yang pernah memakai sunscreen pasti benar-benar gak suka dengan efek whitecast. Efek ini diakibatkan oleh sisa dari pemakaian produk yang memberikan bayangan putih pada kulit, tapi tenang aja, emina sun protection tidak memberikan efek whitecast. Lagi pula, rata-rata efek whitecast disebabkan oleh physical sunscreen a.k.a sunblock yang mengandung mineral.

Untuk mengenal istilah-istilah dasar pada produk sunscreen silahkan baca link "melindungi kulit dari sinar matahari" di atas ya :)

Let's sum up
1. Dengan produk ini kulitmu akan terlindungi dari paparan buruk sinar matahari, terutama UVB
2. Tidak memberikan kesan lengket, gerah ataupun minyak berlebih
3. Membuat kulit sejuk
4. Harumnya lembut
5. Kemasannya lucu dan praktis
6. Tidak menyebabkan whitecast
7. Tidak menghambat pori-pori/tidak menyebabkan komedo 

Harganya sangat terjangkau: Rp. 30.000,-an
recommended for pelajar, berkulit dan berdompet kering HAHA
yang punya kulit sensitif dan berminyak, aku gak yakin untuk produk ini. Kulit sensitif sulit diprediksi , hanya orang yang punya kulit sensitif itu lah yang tahu sesensitif apa kulitnya. Produk ini membuat kulitku berminyak tapi tidak banyak, jika dipakai ke kulit yang sudah memiliki kadar minyak tinggi kemungkinan kurang baik. But gak ada salahnya dicoba sih. Harganya juga murah gak bikin nyesek kalaupun coba-coba beli.

Selamat mencoba :)
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature