Beauty Diary by Rahma

5 Hal Penyebab AC Cepat Rusak

| on
Januari 14, 2019
5 Hal Penyebab AC Cepat Rusak

AC atau Air Conditioner merupakan pendingin ruangan yang sekarang ini telah menjadi kebutuhan rumah tangga bagi kelompok kelas menengah. AC tidak hanya akan dipasang di kamar tidur saja tetapi juga akan dipasang pada ruangan yang lainnya seperti ruang keluarga dan ruang tamu. 

Dibutuhkannya AC oleh masyarakat kelas menengah adalah dikarenakan demi kenyamanan dan udara yang semakin panas. Tetapi pada saat AC tersebut rusak maka akan terganggunya semua kenyamanan. Penyebab seringnya service AC adalah terus menerus digunakan dan peralatan elektronik tersebut tidak terawat dengan cermat. 

Tetapi selain karena kedua hal tersebut masih ada hal lainnya yang menyebabkan AC cepat rusak.Berikut 5 hal penyebab AC cepat rusak diantaranya yaitu : 

1. Salah Mengatur Suhu 

Banyak hal yang bisa menyebabkan pendingin ruangan dirumah tidak akan terasa dinginnya. Tetapi penyebab yang mudah untuk terlihat adalah pada pengontrolan suhu di remote AC. Pada saat akan mengatur suhu AC maka usahakan untuk disesuaikan dengan situasi yang ada. 

Sebagai contoh jika suhu udaranya memang panas, maka kamu bisa dengan menurunkan suhunya sehingga akan semakin dinginnya AC. 

2. Kotor Filternya 

Pada saat filter atau saringan AC kotor maka AC tidak akan memberikan rasa dingin. Jika filter kotor maka akan terbatasinya aliran udara hingga ke unit AC sehingga kemampuan untuk mendinginkan udaranya akan menurun. Sebaiknya kamu segera membersihkan filter AC jika sudah lama tidak membersihkannya. Mulai dari sekarang cobalah untuk membersihkan filter ini secara rutin setidaknya dalam satu bulan satu kalo. Terlebih jika AC yang berada di rumah secara terus menerus digunakan. 

3. AC Bocor 

AC akan mengalami kebocoran jika tidak dirawat dengan baik. Tanda jika AC megalami kebocoran adalah adanya air yang menetes dari AC. Umumnya AC akan mengalami kebocoran karena terhambatnya saluran pembuangan AC nya sehingga tidak akan lancar aliran airnya. 

Pada saat air AC sampai hingga ke bak penampungan maka akan menjadi menumpuk dan menetes keluar karena tidak lancar saluran pembuangannya. 

4. AC Berisik 

Adanya suara berisik yang keluar dari AC merupakan masalah lain yang bianya akan dialami pendingin ruangan di rumah. Seharusnya jika AC dalam keadaan baik maka pada saat dinyalakan tidak akan mengeluarkan suara. Tetapi jika AC yang berada di rumah mengeluarkan suara maka sebaiknya segera melakukan pengecekan.

Adanya beberapa hal yang menyebabkan AC mengeluarkan suara mulai dari adanya sekrup atau baut yang kendur, penyangga AC nya dudukannya tidak diletakkan pada tempat yang rata, dan bahkan karena masalah kompresornya. 

5. Tiba Tiba AC Mati Dan Hidup 

Pernahkah kamu mengalami jika AC yang berada di rumah tiba tiba tidak mengeluarkan udara dingin padahal kondisinya masih dalam on atau menyala? 

Jika kondisinya seperti ini maka dalam beberapa waktu biasanya AC tersebut akan mati. Kemudian AC tersebut nantinya akan hidup lagi atau kembali mengeluarkan udara dingin. Pada saat AC mati maka pastinya tidak akan membuat nyaman karena udara akan terasa sangat panas. 

Itulah 5 hal penyebab AC cepat rusak.AC yang bermasalah memang akan sangat menjengkelkan karena udara dingin yang seharusnya dirasakan akan berganti dengan udara yang sangat panas sehinga akan berkeringat. Jika AC yang berada di rumah kamu sekarang ini rusak maka akan diperlukannya jasa service AC yang dapat dipercaya.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature