Beauty Diary by Rahma

Wisata Kuliner yuk! Mencicipi Makanan Legendaris di Solo

| on
April 29, 2019
Mencicipi Makanan Legendaris di Solo

Dua bulan ke depan, kita akan menghadapi banyak sekali tanggal merah alias hari libur. Sayang sekali jika hari-hari itu hanya dihabiskan dengan tidur seharian. Berkegiatan atau jalan keluar sepertinya terlihat lebih baik, seperti yang aku lakukan minggu lalu. Aku menghabiskan waktu dengan berburu makanan baru alias wisata kuliner di kota sebelah dengan salah seorang teman. 

Temanku itu memang senang sekali mencoba makanan baru. Setiap berkunjung ke suatu kota, dia selalu mencari makanan terkenalnya. Mula-mula, aku tidak mengerti apa asiknya berwisata kuliner. Maksudku, kalau sekedar ingin mencoba makanan baru mengapa tidak berkreasi di rumah saja? Belum lagi ada resiko makanan tidak enak. Sudah jauh-jauh pergi eh rasanya biasa saja. 

Kemarin, kami mengunjungi salah satu tempat makan yang katanya sih “legendaris”, Kupat Tahu Mangunreja. Banyak artis dan pesohor berkunjung ke sana, terlihat dalam bingkai foto-foto di dinding. Aku tidak sadar atau bisa dibilang tidak percaya dengan ke-legendarisannya karena tempatnya biasa sekali. Rumah makan sederhana yang masih terlihat tradisional. Makanannya pun biasa aja, hanya kupat tahu. Makanan yang kurang aku sukai. 

Sudah jauh-jauh mampir, mau tidak mau aku harus mencoba makanan ini. Penampilan kupat tahunya tidak jauh berbeda dengan kupat tahu pada umumnya. Perbedaan terletak pada rasa dimana bumbu kacang terasa lebih gurih dan “hangat”. Bukan gurih micin ya. Ada aroma bawang yang membuat gurih dan bumbu cabai yang menghangatkan. 

mengapa suka wisata kuliner

Apakah dengan rasa itu aku suka? Enggak. Jujur aja aku kurang suka mungkin karena pada dasarnya aku kurang suka dengan kupat tahu secara umum. Anehnya, ada kepuasan tersendiri saat berwisata kuliner kemarin. 

Pertama, bisa mengenal cita rasa dan suasana baru. Kedua, kemampuan mengecap bertambah peka. Ketiga, menambah referensi resep untuk berkreasi di rumah. Terakhir, jadi gak kudet hahaha. Wawasan tentang makanan setidaknya bertambah satu level. 

Wisata kuliner tadi itu masih di satu provinsi yang sama dengan tempat tinggalku, yang notabenenya masih khas Sunda. Bayangkan kalau sudah berbeda provinsi dengan budaya yang berbeda. Wawasan tentang makanan akan bertambah beberapa level. 

Nah selanjutnya, aku akan mencoba membidik wisata kuliner di Solo nih. Agak jauhan dikit agar naik banyak level. Temanku, Wulan yang asli Solo, merekomendasikan beberapa tempat makan yang wajib dicicipi. Gak banyak-banyak sih supaya tidak bingung memilih. Tempatnya masih di sekitar Statiun Balapan Solo. 

1.Sate Kambing Pak H. Kasdi

Menurut beberapa referensi, Sate Kambing Pak Kasdi wajib untuk dikunjungi ketika kamu berlibur ke Solo. Mereka sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Menu makanan yang disediakan adalah olahan daging kambing seperti kambing bakar, tongseng, nasi goreng, gule dan sate buntel. 

Sate Kambing Pak Kasdi beralamat di Jalan Monginsidi No. 107, kelurahan Kestalan, kecamatan Banjarsari, Solo 57129. Lokasinya sangat strategis karena berada di sebelah selatan Stasiun Balapan Solo. 

2.Selat Vien’s Solo

Aku kira “selat” di sini semacam nama tempat seperti Selat Sunda gitu eh ternyata “selat” adalah nama makanan. Selat Solo adalah makanan dengan daging sapi basa atau galantin yang disajikan dengan sayuran dan disiram oleh kuah seperti semur. Kalau di sini mungkin seperti lengko gitu ya? 

Ada juga makanan lain yang disediakan di sini, yaitu gado-gado, soto ayam, dan timlo. Selat Vien’s direkomendasikan karena harganya yang murah. Katanya sih selatnya tidak sampai Rp20,000an dan minumannya Rp10.000 ke bawah sudah terbilang enak. 

Katanya, tidak susah mencari tempat ini karena sudah terkenal di Solo.  Lokasi berada di dekat pasar Nongko Solo, Jl. Hasanudin No.99, Punggawan, Banjarsari, Kota Surakarta.


3.Masakan Jawa Bu Hadi

Agak sulit mencari informasi tentang tempat ini. Ada sih di google tapi namanya tidak sama persis seperti yang dikatakan oleh temanku. Di google aku hanya menemukan tempat bernama Warung Bu Hadi atau Soto Sapi Bu Hadi, Aku harap semuanya sama. 

Tempat makan ini sudah dijalankan selama tiga generasi. Pertama oleh Pak Hadi pada tahun 1972 kemudian dilanjutkan oleh istrinya, Bu Hadi dari sekitar 1980-2005. Sekarang dilanjutkan oleh anaknya dimana gerainya beranak pinak juga hehehe Ada tiga cabang deh kalau aku lihat di google dan pusatnya ada di Pasar Pon, Jl. Karonsih No.1, Kemlayan, Serengan, Surakarta. 

Makanan utamanya adalah olahan daging sapi dalam sajian soto. Yang membuatnya terkenal adalah daging sapinya yang bersih dan sajian soto yang bening karena mereka menggunakan daging sapi nomor satu tanpa lemak. Selain itu, ternyata harganya pun tidak menguras kantong! 

Kamu bisa berkunjung ke tempat Bu Hadi ini saat pagi hari jam 6. Enak banget nih sarapan dengan soto legendaris. Maknyus. 

Itu semua rekomendasi makanan legendaris di Solo dari temanku. Rencana tempat wisata sudah ditetapkan! Sekarang mari rencanakan hal utama lainnya saat bepergiaan keluar kota. Penginapan! Pastikan merencanakan tempat menginap juga sebelum pergi berwisata ya. Mau istirahat dimana nanti ketika perut sudah kenyang, badan letih berjalan dan matahari hendak terbenam? 

Sekarang memang sudah serba canggih sih. Gak susah mencari hotel di Solo. Cukup buka website travel seperti Pegipegi. Semua hotel murah dan bersih serta hotel berbintang tersedia untuk para pelancong yang baru menginjakkan kaki di suatu tempat. 

Hotel murah

Agak kaget juga ya ketika mencari hotel di Solo lewat website Pegipegi. “hotel sebagus ini cuma Rp200,000-an semalam?” Keren. Bukan cuma harga tetapi fasilitasnya juga. Fasilitas yang ditawarkan membuat orang yang selalu update di Instagram nyaman. Ruangan indah, nyaman dan free-WIFI hehehe. Lengkap. 

Website Pegipegi menurutku lengkap dalam menyediakan rekomendasi penginapan dengan tampilan yang mudah. Bisa difilter berdasarkan harga, fasilitas, tempat dll. Mereka menyediakan daftar Hotel di Solo yang paling baik dengan harga yang bersaing. Tidak membuat kantong galau. 

Aku sudah mengulas referensi untuk wisata kuliner dan juga cara untuk mencari hotel di Solo yang nyaman. Mudah-mudahan bisa makan enak, tidur nyenyak. Semoga kalian terbantu ya.
1 komentar on "Wisata Kuliner yuk! Mencicipi Makanan Legendaris di Solo"
  1. Waah oke juga nih buat dikunjungi kalo aku sama temen-temen lagi ke Solo!

    BalasHapus

Custom Post Signature