Beauty Diary by Rahma

Hal yang Bisa Dilakukan saat Liburan ke Karimunjawa

| on
Mei 22, 2019

Karimunjawa adalah kepulauan yang terletak di pulau Jawa. Berdasarkan pembagian administrasi, kepulauan itu termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Asal usul namanya berasal dari kata “kremun-kremun” yang berarti kabur atau samar karena terlihat samar-samar dari puncak Gunung Muria. Keseluruhan pulaunya berjumlah 27 pulau, dimana 11 diantaranya tidak berpenghuni dan menyeguhkan keindahan alam yang sangat alami. 

Keindahan alam Karimunjawa tidak hanya ada pada pulaunya tetapi juga lautannya. Lewat keindahan pulau, kita bisa menikmati indahnya pantai, hutan magroove, wisata kuliner hingga wisata religi. Sedangkan lautnya yang masih jernih tanpa polusi, memungkinkan kita untuk bersnorkeling. 

Dengan keindahan alamnya, tidak membuat akses ke tempat ini mahal loh. Dulu waktu zaman kuliah aku pernah berencana pergi berlibur bersama teman ke sana. Setelah mencari-cari paket wisata rombongan, banyak sekali agen yang menawarkan harga murah mulai dari Rp750.000,- (tergantung fasilitas). Jadi, selain keasrian pulau, harga yang ramah juga menjadi salah satu faktor kuat untuk liburan ke Karimunjawa. Nah, agar liburan semakin menyenangkan berikut aku sajikan beberapa spot wisata untuk dikunjungi jika liburan ke Karimunjawa nanti. 

1. Spot untuk Menikmati Sunset di Karimunjawa 

Pantai Tanjung Gelam salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam. Jika mencari di internet, pasti kita akan banyak menemukan foto-foto cantik berupa pemandangan pohon kelapa miring menghadap pantai bersih yang berpasir putih. Nah itu dia Tanjung Gelam! 

Hutan Mangrove Karimunjawa juga menyediakan pemandangan sore hari yang tak kalah indah. Hutan mangrove terletak di Pulau Kemenjan. Di sana disediakan tempat khusus untuk melihat sekelliling hutan mangrove. Dari tempat itu pula kita bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam bersama teman-teman dan orang terkasih. 

2. Wisata diving dan snorkeling

Pulau Menjangan Kecil, berjarak 20 menit dari Pulau utama Karimunjawa. Ini adalah salah satu spot yang tidak bisa terlewatkan. Pulau Menjangan Kecil akan selalu menjadi salah satu tempat teratas yang selalu direkomendasikan oleh pemandu wisata untuk bersnorkelling. Terumbu karang masih terjaga sehingga banyak ikan hias yang tinggal di sana. 

Spot selanjutnya adalah Nyamplungan. Spot ini memiliki air yang bening untuk membantu kita melihat keindahan bawah laut dengan jelas. 

Terakhir ada Pulau Cemara. Di sini ada spot Gosong. By the way, itu Gosong nama tempat ya bukan kata sifat. Di spot Gosong kita juga bisa snokerling. Kalau pun tidak mau menyelam, keindahan bawah lautnya masih bisa teramat dari atas kapal loh. Saking jernihnya air di sana, guys

3. Kolam Ikan Hiu di Menjangan Besar

“saudara” pulau Menjangan Kecil, yaitu Pulau Menjangan Besar akan memberikan pengalaman yang unik bagi pengunjung. Di sana terdapat penangkaran ikan hiu. Terdengar menyeramkan sih, tetapi jangan khawatir karena ikan hiu di sana jinak-jinak. Pengunjung bisa berenang bersama atau sekedar berfoto ria ketika hiu-hiu kecil. 

4. Wisata Kuliner

Dimana tempat untuk berwisata kuliner yang aman dan nyaman di Karimunjawa? Ada dua spot sih yang aku temukan, Pulau Geleang dan Karimunjawa Culinary Centre. Tempat makan ini sangat penting, mengingat tidak semua pulau berpenghuni. 

Jika sudah puas snorkelling, kita bisa beristirahat sejenak di Pulau Geleang yang indah. Sambil menikmati ikan bakar segar, kita juga disuguhi dengan indahnya pantai dan hembusan angin yang sepoi-sepoi. 

Di sisi lain, Karimunjawa Culinary Centre memang ditujukan sebagai pusat oleh-oleh di pulau utama Karimunjawa. Makanan utama yang bisa dinikmati di sini tentunya berupa seafood seperti pindang serani, bakso ikan ekor kuning, tongseng cumi, lontong krubyuk, siomay tongkol dll. Jajanan cemilan dan minuman masih bagian makanan khas Jawa seperti klepon, jenang dan wedang. 

Selain membuat daftar tempat untuk dikunjungi, ada baiknya juga buat daftar tentang hal-hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum liburan ke Karimunjawa diantaranya: 
  1. Siapkan uang cash yang banyak karena ATM di sana sangat minim
  2. Siapkan kondisi fisik, berhubung transportasi dari pulau ke pulau berupa jaur air menuju tempat kesehatan akan membutuhkan waktu yang agak lama.
  3. Perhatikan cuaca dan musim, jika musim hujan lebat lebih baik tahan kainginan untuk berlibur ke daerah pantai atau laut. Ini untuk keselamatan juga sih.
Sekian tulisanku mengenai liburan ke karimunjawa. Semoga bermanfaat ya.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature