Beauty Diary by Rahma

Apartemen - Apartemen Ini Ternyata Karya Arsitektur Urbane Milik Ridwan Kamil, Lho!

| on
Juni 19, 2019
anarahma.com

Siapa yang tidak kenal Ridwan Kamil? Pria kelahiran 4 Oktober 1971 yang sekarang menjabat sebagai Gubernur Provinsi Jawa Barat ini dikenal luas oleh masyarakat sebab gayanya super khas dan perilakunya selalu santai dalam menjawab serta menghadapi isu, serta sangat dekat dengan rakyat. 

Selain dikenal sebagai elit pejabat, Ridwan Kamil sendiri seringkali dipanggil Kang Emil atau RK juga dikenal luas sebagai seorang arsitek karena memang latar belakangnya pun berkata demikian. Beliau adalah lulusan Institut Teknologi Bandung jurusan arsitektur serta Master of Urban Design dari University of California. Sebelum berkecimpung dalam dunia politik, RK sempat berkarier sebagai seorang arsitek full time, bahkan menjadi dosen di kampusnya dulu yakni ITB. Beliau bahkan membuat tim arsitek sendiri yang diberi nama Urbane Indonesia dan didirikan pada tahun 2004 lalu. 

Hingga saat ini, tim Urbane Indonesia dan RK masih sangat aktif dalam menerima serta membangun proyek - proyek arsitektur berbagai macam bangunan termasuk apartemen. Dan berikut ini adalah daftar karya arsitektur berupa gedung hunian vertikal yang dibuat oleh Ridwan Kamil beserta Tim Urbane: 

Essence Apartment, Jakarta 

Essence apartment adalah proyek hunian vertikal bergengsi di bilangan Darmawangsa, Jakarta Selatan. Desainnya klasik modern serta menggabungkan kesetaraan lingkungan untuk mencapai kehidupan jauh lebih baik. Harga jual apartemen mewah ini mencapai miliaran Rupiah per unitnya. Tak mencengangkan, sebab jika kita melihat apa yang ditawarkan dari jual apartemen itu pun semuanya dirasa pantas juga sepadan. Dilihat dari desain sangat mengagumkan dan menggambarkan kemewahan, tak heran bila target jual apartemen ini ialah orang - orang kaya kelas menengah ke atas. Essence Apartment dirancang oleh Bapak Ridwan Kamil pada tahun 2012 lalu. 

Rusunami Sentra Timur Cakung, Jakarta 

Jika karya sebelumnya menyasar target jual apartemen mewah, maka karya RK satu ini adalah kebalikannya. Rusunami Sentra Timur Cakung menargetkan pasar jual apartemen murah. Tetapi walaupun murah, bukan berarti murahan. Buktinya, bangunan yang dibangun diatas lahan seluas 40 hektar itu sejak awal memang dirancang tuk menjadi 'The New CBD in East Jakarta'. Sehingga, buat urusan kelengkapan fasilitas serta sarana prasarana tentunya tak perlu diragukan lagi. Bukan hanya sekedar rusunami plus pusat perbelanjaan saja yang ada disini tetapi juga hotel and convention. 

Royale Springhill Residence, Jakarta 

Satu lagi contoh karya arsitektur RK menyasar jual apartemen mewah untuk kalangan atas. Terletak di Kemayoran, apartemen tersebut merupakan apartemen dijual dengan segala kelebihan. Ciri khas desain Urbane yang selalu mengedepankan konsep hijau serta seimbang dengan alam plus menjawab segala kebutuhan mengenai desain urban pun bisa dirasakan disini. Bisa dibilang, apartemen dijual satu ini ialah salah satu oasis di tengah gersangnya Ibukota dengan adanya ruang terbuka hijau cukup luas. 
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature