Beauty Diary by Rahma

Pilih Kredit Mobil di Bank atau di Leasing?

| on
Oktober 25, 2019
Pilih kredit mobil di Bank atau di Leasing? Pertanyaan ini akan muncul setelah Anda menemukan mobil yang cocok untuk Anda miliki. Cara termudah untuk mengetahuinya? Mencari perbandingan kredit mobil di bank dan leasing di internet tentunya. Seperti yang akan kami bahas kali ini. Memiliki mobil sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang di kota besar untuk menunjang mobilitas orang maupun barang yang lebih efisien dan fleksibel. Banyak sekali tipe mobil yang ditawarkan produsen mobil di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan mobilitas Anda. 

Setelah menemukan mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda, saatnya mengajukan kredit kendaraan bermotor Anda. Lalu, dimanakah Anda akan mengajukan kredit Anda? Di Bank atau di Leasing? Kredit kendaraan bermotor (KKB) merupakan produk pembiayaan yang paling banyak dicari di bank. Hal itu juga yang mendorong munculnya Leasing di Indonesia untuk meramaikan pasar kredit kendaraan bermotor. Nah, simaklah perbandingan kredit mobil di bank dan di leasing berikut ini: 

1. Dari segi suku bunga

Suku bunga menjadi salah satu acuan besar atau kecilnya angsuran yang harus Anda bayar tiap bulannya. Dengan maraknya kredit tanpa DP di Indonesia, tentu suku bunga yang rendah ini akan sangat membantu meringankan nasabah dalam membayar angsuran kredit per bulannya. Dimanakah Anda akan mendapatkan suku bunga yang rendah saat mengkredit mobil? 

Anda akan menemukannya jika Anda mengkredit mobil di bank. Ya, bank menawarkan suku bunga yang rendah dibandingkan dengan leasing. Selain suku bunga yang tinggi, ketika Anda mengkredit mobil di Leasing, Anda pun harus membayar beberapa biaya tertentu seperti biaya fidusia, biaya asuransi, dan biaya provisi. Biaya asuransi pun bersifat wajib karena pihak leasing memiliki kepentingan dengan mobil tersebut. Ketika mobil tersebut hilang atau rusak, maka pihak asuransi akan menggantinya ke pihak leasing terlebih dahulu baru setelah itu ke Anda bila nilainya masih ada. Tipe asuransi yang ditawarkan ada 2, yaitu All Risk dan Total Lost Only (TLO). 

2. Dari segi pelayanan

Untuk soal pelayanan pengajuan kredit, leasing memberikan hal lebih untuk calon nasabahnya. Pihak leasing memiliki staff yang akan membantu Anda mempersiapkan kelengkapan dokumen hingga mendatangi tempat Anda agar Anda tidak perlu keluar rumah untuk mengurus berkas-berkas ke dealer. Berbeda dengan pihak Bank, Anda harus mengunjungi tiap bank untuk mengajukan kredit Anda dan juga harus mengurus surat-suratnya sendiri ke dealer. 

3. Dari segi proses pengajuan 

Anda tentunya ingin proses pengajuan Anda cepat diproses agar segera dapat memiliki mobil impian Anda. Jika Anda melakukan pengajuan kredit mobil di leasing, maka kredit Anda akan diproses lebih cepat dibandingkan dengan bank. Berbeda dengan leasing, proses pengajuan kredit di bank cenderung lama dan lebih rumit. Setelah Anda melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan, pengajuan kredit Anda tidak akan langsung diproses oleh pihak bank. 

Pihak bank akan mengutus perwakilannya untuk mengunjungi tempat Anda untuk survei apakah Anda layak untuk mendapatkan kredit atau tidak. Survei tersebut tidak hanya dalam bentuk wawancara, tagihan-tagihan seperti rekening listrik, air, hingga kartu kredit Anda. Bank menerapkan prinsip kehati-hatian dalam memberikan kredit kepada seseorang supaya orang tersebut layak mendapatkan kredit dan terhindar dari masalah selama mengkrerdit. 

Nah, itulah perbandingan mengkredit mobil di bank dengan leasing. Perlu diperhatikan bahwa dimanapun Anda mengajukan kredit, Anda harus bijak dalam menentukan kebijakan sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Jika Anda membutuhkan informasi lain seputar kredit kendaraan bermotor, silahkan kunjungi https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor/ untuk mendapatkan penawaran terbaik untuk solusi kredit kendaraan bermotor Anda.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature