Beauty Diary by Rahma

Yuk, Kenali Ciri Wajah Kekurangan Kolagen Beserta Cara Merawatnya

Kekurangan kolage

Seiring usia yang bertambah, akan ada banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh, termasuk wajah. Salah satunya yaitu kemampuan tubuh yang terbatas dalam memproduksi kolagen. 

Jika hal tersebut terjadi, bisa saja elastisitas kulit jadi berkurang dan lebih cepat mengalami penuaan dini. Lantas apa saja ciri wajah kekurangan kolagen? Yuk simak informasinya berikut ini!
  

Kenali Ciri Ciri Wajah yang Kekurangan Zat Kolagen

Salah satu hal yang menurunkan kualitas kulit sehat wajah yaitu faktor genetik dan gizi. Pola makan yang tidak diatur dan makanan yang sembarangan dapat menghambat produktivitas kolagen dalam tubuh. 

Ada baiknya jika Anda memperhatikan jenis makanan yang diasup setiap hari. Menurut penelitian, makanan yang tinggi gula dapat mempercepat penuaan pada kulit. 

Sebab, gula dalam darah bisa menempel pada zat protein tubuh dan membentuk molekul baru atau yang disebut AGEs. Molekul inilah yang dapat mengikat protein dan merusak kolagen dalam tubuh. 

Tidak hanya itu saja, ciri wajah kekurangan kolagen juga disebabkan karena pola tidur yang tidak baik. Kurangnya tidur bisa berpengaruh buruk dalam produksi kolagen. 

Di samping itu, paparan radiasi dari sinar ultraviolet atau UV dapat mempengaruhi produksi kolagen yang ada pada wajah. Bila terlalu sering terkena sinar uv, maka kulit akan lebih cepat menua karena efek sinar uv yang mampu merusak serat elastin pada lapisan kulit. 

Hal inilah yang dapat membuat kulit kehilangan kelenturan dan membuat wajah kendur serta keriput. 

Cara Meningkatkan Produksi Kolagen Pada Wajah

Kolagen dalam tubuh bisa berkurang, akan tetapi Anda tetap bisa menjaga tubuh agar meningkatkan produktivitasnya. 

Jika Anda sudah mengetahui ciri wajah kekurangan kolagen, maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen. Beberapa contoh makanan yang bisa dikonsumsi yaitu susu, ikan, dan daging. 

Kebanyakan makanan-makanan tersebut mengandung asam amino. Sedangkan kolagen tersusun atas zat asam amino. Maka dari itu, zat tersebut bisa didapat dari asupan makanan yang tidak bisa memproduksi asam amino esensial. 

Selain daging dan makanan laut, sayuran juga mengandung zat amino yang baik untuk produksi kolagen. Di samping itu, kolagen juga bisa didapatkan dari makanan atau buah-buahan yang mengandung vitamin A dan vitamin C. 

Vitamin tersebut bisa didapat dari buah buahan yaitu mangga, anggur, jeruk, tomat, dan lain sebagainya. Kandungan vitamin yang ada di dalamnya sangat bagus untuk meregenerasi kulit. Konsumsi makanan tersebut juga bisa meningkatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. 

Bahkan ada studi di tahun 2009 membuktikan wanita yang mengonsumsi 2,5 hingga 5 gram per hari dalam 8 minggu, menunjukkan kondisi kulit yang lebih baik. Hal tersebut ditandai dengan kulit yang lebih lembut dan elastis. 

Apabila zat kolagen dalam tubuh berkurang, maka wajah akan terlihat lebih kusam, kendur, dan kehilangan elastisitasnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengatur pola makan, memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan, dan juga ikut Program 12 Hari Forever Young+ dari Realfood yang dirancang khusus dengan ekstrak sarang walet dan kolagen yang mampu menutrisi kulit dari dalam. 

Yuk, mulai jaga dan rawat Kesehatan kulit cantikmu dari sekarang!

Tidak ada komentar

Posting Komentar