Beauty Diary by Rahma

Pengalaman Ujian Kualifikasi (UK) S2 Pendidikan Bahasa Inggris

ujian kualifikasi S2 UPI

Hi, aku mau berbagi pengalaman ujian kualifikasi dulu. Ujian ini diberikan pada mahasiswa pascasarjana pendidikan bahasa Inggris semester 3. Terdapat tiga area yang diujikan: English Teaching Methodology and Curriculum (MT), Research (RE), dan Linguistics (LG). Lengkap semua ya, guys. Mulai dari bidang pendidikan, penelitian, dan kebahasaanya. 

Sifat ujian kualifikasi itu open book. Jadi kita bisa membawa buku dan file sebanyak yang kita mau. Bisa juga mengakses internet. Malah difasilitasi internet karena memang nanti juga hasil ujiannya dikirim melalui Turnitin.

Jangan bawa buku banyak-banyak karena bisa memperlambat proses kerja. Nanti kita keenakan baca dan buka-buka buku padahal waktu terbatas.

Kuncinya tentu ada di persiapan sebelum ujian. Minta contoh soal UK ke senior. Nah, lihat topik-topik bahasan yang diujikan. Kita tandai buku serta HALAMANnya yang berkaitan dengan topik tersebut.

Terus, enggak perlu lah kita bawa buku fisik kalau diperbolehkan membawa laptop. Bentuk digital lebih ringkas. Pastikan saja laptop dan file dalam keadaan prima. Enggak loading pas dibuka.

Oia, satu lagi yang amat penting. Bawa terminal alias colokan :( biar gak rebutan untuk charging. Kecuali kalau kalian tes online sendiri-sendiri di rumah. Laptop dan sumber energi aman lah ya.

Beberapa prodi lain mengadakan technical meeting untuk proses UK yang memberikan informasi mengenai peraturan, tata tertib, dan juga kisi-kisi soal. Berbeda dengan prodi bahasa Inggris yang entah kenapa tidak melaksanakan itu. Jadi, banyak berita yang tidak resmi beredar. 

Jika tidak ada technical meeting, wajib bertanya pada staff prodi terkait tata tertib dan kisi-kisi UK!

Soal ujian kualifikasi 2018

English Teaching Methodology and Curriculum

MT memiliki durasi sekitar 100 menit. Total soal ada 12, tapi yang wajib diisi hanya 8 saja. Kita bebas untuk memilih dan menjawab soal yang mana saja serta bebas mengambil sumber. Yang penting, jawaban nyambung dengan pertanyaan dan ada landasan teorinya. Kisi-kisi:

  1. The roles of ICT in the implementation of EFL Curriculum.
  2. Criteria in selecting EFL teaching materials and the steps of materials evaluation.
  3. The differences between curriculum analysis and curriculum evaluation. 
  4. Formative and summative evaluation in the curriculum.
  5. Curriculum components consistency or alignment.
  6. School-based curriculum development and national standards.
  7. Factors that contribute to students' achievements in language learning.
  8. Learners' styles, strategies, or aptitude in the learning process.
  9. The concept of approach, method, ad technique.
  10. Teaching materials

Nah, bentuk soalnya ada beberapa yang teoritis seperti membandingkan dan menjelaskan keterkaitan antara A dan B. Sisanya adalah soal studi kasus. Misal, kita diminta untuk menjelaskan pemilihan materi dan cara mengajar dengan memperhatikan gaya belajar anak dan usia mereka.

Kembangkan saja kisi-kisi di atas, ya. Pahami teorinya dan bertanya "what, why, and how,". Jangan lupa sertakan contoh implementasinya.

Research

Ujian seniorku dulu masih berupa soal pengetahuan dan studi kasus untuk area research. Nah, untuk angkatan aku, agak bikin deg-degan karena diminta untuk membuat proposal penelitian dengan topik tertentu dalam 120 menit.

Kita bisa memilih salah satu dari topik berikut:

  1. Learning Autonomy
  2. Teachers’ Beliefs
  3. Character Education
  4. Students’ Learning Engagement
  5. Students’ Affective Filter
  6. Teaching Methodology
  7. ICT in TEFL
  8. Teacher Professional Development
Memang saat berkuliah dulu tugas matkul research membuat proposal penelitan. Suatu keuntungan jika tugas yang kita buat masih nyambung dengan salah satu topik yang tersedia. 

Format yang harus ada di proposal akan diberikan di soal, begitu juga dengan rubrik penilaiannya. Setelah membaca rubrik penilaian kembali, aku baru ngeh ternyata tidak ada penentuan panjang tulisan. Intinya, tulisannya harus jelas, nyambung, dan rapih!
  •  Background clearly stated
  • Problems clearly stated
  • Research significance clearly stated
  • Very clear linkages among the theories and problems discussed
  • References are up-to-date
  • Use correct and appropriate English
  • Well-organized

Linguistics

LT juga sama bikin kaget. Senior dulu dikasih soal pengetahuan dan praktek teori functional grammar (menganalisis kalimat). Eh, pas angkatan aku malah berupa hasil pengaplikasiannya, yaitu membuat essay 1000 kata dalam waktu 90 menit.

Topik yang bisa dipilih:
  1. Systemic Functional Grammar and the Meaning Making
  2. Multimodal texts in the Teaching of English in Indonesia
  3. World Englishes and the 21st Century Indonesia
  4. Systemic Functional Linguistics and the 21st Literacy
  5. ICT-based Linguistic Analysis of Learner’s Language
  6. English as a lingua franca and the Teaching of English in Indonesia
  7. English-Medium Instruction in Indonesian Settings 
Tapi, sekali lagi. Lihat rubrik penilaiannya! kejelasan tulisan lebih diutamakan. Apalagi yang memeriksa hasil ujian kami dulu dosen functional grammar. 

Sebelum melihat konten atau isi yang ingin kita sampaikan, beliau melihat structure tulisan dulu. Subjek, predikat, objek dan kata ganti dalam kalimat dan hubungannya dengan kalimat lain, juga hubungan antar paragraf.

Last but not least

Terkadang kita diberikan kesempatan untuk memperbaiki jawaban sebelum dinyatakan lulus dan tidak lulus nanti. Apabila perbaikan itu diterima dan memberikan nilai lebih baik artinya kita lulus. Kalau masih jelek ya dinyatakan tidak lulus dan harus mengambil ujian kualifikasi kembali.

Persiapkan dengan baik buku-bukunya. Jawab cepat dan tepat.

Sekian pengalaman aku saat ujian kualifikasi. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar