Beauty Diary by Rahma

Alur Pengajuan Sidang Tesis di UPI


Buat kalian yang ingin merencanakan kelulusan dengan mudah atau sedang mengerjakan tesis, berikut aku sajikan beberapa informasi penting mengenai alur pengajuan tesis di UPI. Tapi, ini terbatas untuk program studi pendidikan bahasa Inggris. Akan sedikit berbeda dengan prodi lain.

Hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah persyaratan sidang. Silahkan cek persyaratannya di prodi. Tiap tahun bisa saja ada perubahan dalam persyaratan ini. Untuk tahunku persyaratan sidang lumayan banyak.

1. Surat keterangan (SK) similarity dari FPBS
2. Surat keterangan (SK) publikasi ilmiah dari SPs
3. Buku bimbingan / Bukti bimbingan daring
4. Surat permohonan ujian
5. Bukti hasil Ujian Komprehensif (UK)
6. Hasil PTESOL / TOEFL
7. Sertifikat speaker/presenter
8. Halaman pengesahan tesis
9. Draft final tesis

SK similarity

Ketika sudah beres menulis tesis dan mendapatkan tanda tangan pembimbing, kita tidak bisa langsung mendaftar ujian. Draft tesis tadi harus dikirim dulu ke prodi untuk direview oleh tim komisi tesis FPBS. Durasi review sekitar 1 minggu sampai 1 bulan. Lumayan lama jadi harus disesuaikan dengan tanggal pendaftaran sidang. Setelah review selesai, baru lah kita bisa mendapatkan SK similarity.

Tim dosen akan mengecek elemen-elemen yang harus ada pada tesis seperti latar belakang, kebaruan atau gap, kesesuaian teori, dan bebas plagiarisme.

SK publikasi ilmiah

Sambil menunggu review dari komisi, kita bisa publish artikel penelitian dari tesis kita ke jurnal nasional atau international dengan salah satu pembimbing kita sebagai penulis kedua. Publikasi artikel ini ada dua jalur. Pertama, jalur gratis, tapi akan membutuhkan waktu lama sekali untuk proses penerimaan dan penerbitannya. Kedua, jalur berbayar yang hanya memerlukan waktu beberapa hari saja untuk mendapatkan LoA (surat tanda terima). Tentu mahasiswa mengambil jalur kedua meskipun bayar lumayan mahal.

Jika sudah mendapatkan LoA dari tim review jurnal, kita ajukan LoA itu ke SPs. Proses ini bisa dilakukan daring melalui web Sistem Pelayanan Mahasiswa SPS. Mereka akan memproses sekitar 2-3 hari kerja dan kita bisa mengunduh SK tersebut lewat web juga. Nah, syarat nomor 2, SK publikasi sudah bisa kita dapatkan. 

Buku bimbingan

Buku bimbingan, ini syarat yang aku lewatkan dulu. Setelah mendapatkan SK pembimbing, kita harus ambil buku bimbingan di prodi atau akmawa jurusan untuk proses bimbingan. Saat masa bimbingan online kemarin, aku juga melihat ternyata buku bimbingan bisa kita cetak online sendiri di web SIAS. Sayangnya aku baru tahu di ujung, pas mau daftar sidang dan akhirnya prodi menyarankan untuk menyertakan bukti bimbingan daring dalam bentuk PDF sebagai pengganti buku bimbingannya.

Surat-surat dan sertifikat

Surat permohonan ujian bisa ditanyakan ke WA prodi. Mereka akan mengirimkan link google drive yang berisi berkas surat-surat untuk keperluan sidang. Kita tinggal mencari dan mengunduh berkas yang diperlukan saja.

Bukti ujian komprehensif (UK) merupakan file yang menunjukan bahwa kita lulus UK. UK sendiri dilaksanakan pada semester 3. Nah, bukti kelulusannya disimpan ya.

Hasil PTESOL/TOEFL minimal dengan skor 550. Ujian kemampuan bahasa Inggris bisa dilakukan di Balai Bahasa UPI atau di lembaga rujukan lainnya. Pilih lembaga dengan kredibilitas yang baik. Kalau di Balai Bahasa UPI proses pendaftaran bisa daring, tapi ujiannya tetap luring. Tesnya sudah berbasis komputer jadi begitu beres, kita bisa langsung mendapatkan sertifikat.

Sertifikat pembicara/pemateri tidak bisa didapatkan dadakan. Usahakan mengikuti seminar atau konferensi internasional di awal semester. Satu kali saja tidak apa-apa. Sertifikatnya disimpan karena menjadi syarat seminar proposal dan juga sidang.

Halaman pengesahan tesis ditandatangani pembimbing. Tidak perlu tanda tangan kaprodi karena beliau akan tanda tangan apabila pengajuan pendaftaran sidang telah diterima.

Draft final tesis merupakan draft setelah revisi dari komisi tesis. Diserahkan ke prodi dalam bentuk pdf. Oia, semua dokumen dalam bentuk PDF.

Setelah berkas lengkap

Semua persyaratan, kecuali surat permohonan sidang dan draft tesis, diunggah ke halaman SIAS untuk proses pengajuan pendaftaran sidang tahap 1. Hubungi para pembimbing untuk memberikan persetujuan di halaman SIAS kita. Baru kemudian kita bisa mengirimkan pengajuan sidangnya.

Surat permohonan sidang dan draft tesis dikirim ke prodi lewat email. Tidak diunggah ke web. Dalam keadaan normal, butuh sekitar 1 mingguan hingga pengajuan sidang diterima dan dijadwalkan oleh prodi. 

Kesimpulannya, alur pengajuan sidang bisa dilakukan daring dengan menghubungi prodi dan mengajukan proses sidang melalui web SIAS. 

Perlu diingat bahwa sebagian persyaratan sidang tidak bisa kita dapatkan mendadak. Beberapa persyaratan yang memerlukan waktu lama, yaitu SK similarity, SK publikasi, dan Sertifikat pembicara/pemateri seminar atau konferensi. Yang lainnya relatif bisa diselesaikan dalam waktu 1 minggu.

Sidang tahap 2

Udah sidang 1, kita lanjut ke sidang 2 karena pasti kita akan mendapatkan banyak saran perbaikan saat sidang 1. Nah, di sidang tahap 2 kita hanya tinggal mempresentasikan saran perbaikan dari penguji dan perbaikan apa yang telah kita lakukan. 

Persyaratan di pengajuan sidang tahap 2 lebih banyak meliputi persyaratan kelulusan. Cek persyaratan di prodi masing-masing.

  1. Halaman pengesahan tesis (setelah revisi ditandatangani penguji dan pembimbing) 
  2. Bukti pembayaran wisuda
  3. Pas foto 3x4 hitam-putih 5 lembar
  4. Surat bebas pinjam buku dari perpustakaan UPI
  5. Ijazah dan transkrip nilai S1
  6. Cover tesis
  7. Fc/scan KTP
  8. Artikel yang sudah dipublikasi
  9. Surat permohonan ujian
  10. Bukti revisi
  11. Transkrip nilai dari fakultas
  12. Draft tesis yang sudah direvisi
  13. Stof map kuning 2 buah
Persyaratan nomor 1-8 dibuat dalam bentuk digital dan diunggah ke web SIAS untuk pengajuan sidang tahap 2 secara daring. Hubungi pembimbing untuk persetujuan dan proses pengajuannya.

Selain bentuk digital, semua persyaratan fisik (berkas) dari nomor 1-13 ternyata juga perlu kita kirim ke prodi. Apabila teman-teman ada di luar kota, bisa mengirimnya lewat jasa pengiriman. Hubungi prodi untuk informasi alamat tujuan.

Surat bebas pinjam buku bisa kita dapatkan lewat website perpustakaan UPI. Prosesnya cepat, 1 hari beres asal tidak diajukan di sore hari dan tidak di akhir pekan.

Bukti revisi bisa diperoleh dari google drive yang diberikan prodi dulu. Masih satu link dengan folder surat-surat pengajuan ujian dll. Kita tinggal isi dan meminta tanda tangan penguji.

Saat sidang 1 kita melampirkan SK publikasi ilmiah, tapi untuk sidang 2 kita perlu melampirkan artikelnya, yang sudah dipublish. Kemudian ada juga transkrip nilai dari fakultas yang harus kita dapatkan dari fakultas bukan dari SIAK.

Setelah pengajuan, kita tunggu jadwal sidang dan pelaksanaan sidangnya. Insyaallah kalau sudah masuk sidang tahap 2, berarti 99% kita lulus :') perjuangan hampir selesai, kawan-kawan. Tinggal mengurus formulir atau administrasi untuk keperluan ijazah dan wisuda.

Kesimpulan untuk sidang tahap 2, hampir semua persyaratan bisa didapatkan dengan cepat dan tidak terlalu ribet. Sekian yang bisa aku sampaikan. Tetap cek prodi masing-masing untuk informasi terkini ya.

See you.

Share this:

Tidak ada komentar