Beauty Diary by Rahma

Review YOU Amino Low pH Cleansing Mousse

YOU amino facial wash review

Tahapan mencuci muka adalah langkah wajib dalam perawatan kulit wajah. Produk pembersih atau facial wash yang dipakai tidak boleh sembarangan. Apalagi kalau punya kulit kering seperti saya, benar-benar tidak bisa sembarangan pilih produk.

Karakter facial wash yang baik tidak terlihat dari seberapa banyak busa yang dihasilkan. Pembersih wajah harus bisa membersihkan kulit dengan efektif, memiliki busa lembut (tidak banyak juga tidak apa-apa), dan menjaga kulit tetap lembab. 

Karena memiliki kulit kering, saya sangat menghindari efek kulit tertarik karena biasanya produk seperti itu membuat kulit terasa kering.

Nah, kali ini ada satu produk yang sepertinya bisa memenuhi karakteristik pembersih wajah sehari-hari yang baik, yaitu Amino Low pH Cleansing Mouse dari YOU beauty. Namanya panjang ya, kita sebut saja Amino facial wash.

Mesti banget pakai produk seperti ini?

Mohon maaf ya, istilah “cuci muka dengan air wudhu saja” saat ini sudah usang. Di musim hujan ini, muka para rider seperti saya sering terkena cipratan air hujan campur debu saat berkendara. Air saja tidak cukup.

Kandungan utama YOU Amino Facial Wash

YOU Amino Low pH Cleansing Mousse memiliki 28% amino acid complex, 5X ceramides, dan Centella Asiatica dari Korea. Kandungan utama tersebut diklaim bisa membersihkan dan menyegarkan kulit tanpa membuat kulit kering.

Barangkali ada yang menganggap amino acid alias asam amino itu berupa zat asam yang korosif? kalian tidak sendiri! Saya terlalu fokus dengan kata “acid” yang mana artinya asam, sampai bertanya-tanya “kok asam? bikin kulit iritasi dong?!” 

YOU amino facial wash review

Asam amino ternyata salah satu faktor pelembab alami. Karena bersifat asam jadi pHnya ada di bawah 7, sekitar 6 lah ya, yang mana masih mendekati pH kulit. pH asam dalam pembersih wajah sendiri lebih baik dan lebih disarankan karena efektif membersihkan kotoran tanpa merusak barrier kulit.


FYI, kebanyakan sabun-sabunan atau produk pembersih di toko mengandung deterjen yang bersifat basa. pH nya bisa ada di range 8 sampai 9. Mereka membuat kulit bersih, tapi sayangnya merusak barrier kulit sehingga kulit menjadi lebih kering setelah proses pembersihan.

Kulit kering akibat facial wash basa pernah saya alami saat SMP. Ya, maklum, saat itu belum mengerti tentang perawatan kulit. Saya hanya memakai pembersih yang tersedia di pasaran, tanpa melihat kandungan utamanya.

Ada beberapa zat yang sebaiknya dihindari terutama apabila kita memiliki kulit sensitif. Sebagai contoh, alcohol, paraben, mineral oil, benzophenone, BHA / BHT (butylated hydroxyanisole), triclosan, formaldehyde, PABA, homosalate, parfum, dan SLS/SLES bisa memicu reaksi negatif pada kulit pada jumlah tertentu.

YOU Amino facial wash sudah diklaim terhindar dari zat-zat di atas sebagai komitmen dalam menjaga kesehatan kulit.

YOU amino facial wash

Mengapa bahan-bahan di atas dihindari? Kalau dibahas satu-satu pasti panjang, saya tuliskan intinya saja. Bahan-bahan tersebut bisa memperparah kulit kering, contohnya alkohol dan SLS. Ada juga yang berpotensi mengganggu hormon tubuh, contohnya homosalate. Terakhir, ada juga zat yang dihindari bagi kulit sensitif, seperti parfum.

YOU sudah berusaha dan, well at least, ada kemauan untuk mengganti bahan-bahan di atas dengan bahan alternatif yang lebih aman. Nice job!

Tekstur dan pemakaian

Ini bagian yang paling saya sukai. YOU Amino facial wash memiliki tekstur mousse alias berbusa saat produk dikeluarkan. Yups, tinggal tekan dan busa lembutnya keluar. Effortless banget 😊 Sesudah proses pembersihan pun kulit tetap lembab tanpa efek kulit tertarik.

Busanya putih bersih dan lembut. Bentuk busanya memang menggoda untuk dimainkan, tapi jangan berlebihan dalam menggunakan produk. Ternyata untuk wajah saya yang bulat ini, hanya diperlukan 1 pump busa pembersih saja seperti di foto berikut.

YOU amino facial wash

Saat pertama kali mencoba YOU Amino facial wash, saya pakai 2 atau 3 pump. Itu terlalu banyak sampai beleber ke mata dan sayang sekali melihat produk yang mubazir. Don’t waste your money. 

Saya sarankan memakai YOU Amino facial wash di malam hari sebelum tidur atau sebelum melakukan perawatan kulit malam saat kulit dalam keadaan kotor. Di saat pagi sebaiknya tidak mencuci muka supaya minyak alami kulit bisa keluar dengan baik.

Karena saya hanya memakai 1 (satu) pump saja, facial wash ini pasti akan terasa awet. Ukuran 150ml mungkin bisa terpakai untuk berbulan-bulan, tergantung frekuensi. Harganya 115ribuan. Untuk jangka waktu pemakaian panjang, harga tersebut termasuk ekonomis. 

Teman-teman bisa mendapatkan YOU Amino facial wash di toko resmi YOU secara online.

Untuk siapa YOU Amino facial wash ini?

Pertama-tama, sesuai dengan pengalaman pribadi saya, YOU Amino facial wash nyaman dan cocok untuk kulit kering karena tidak ada efek kulit tertarik dan mampu menjaga kelembaban kulit. 

Selanjutnya, klaim dari YOU sendiri, pencuci muka dengan asam amino bisa disarankan untuk kulit berjerawat dan sensitive.

Beberapa poin penting dari YOU Amino facial wash:
1. pH rendah yang mendekati pH kulit
2. Tidak ada efek kulit tertarik
3. Tidak membuat kulit kering
4. Tipe cleansing mousse yang langsung berbusa
5. Busa lembut
6. Penggunaan irit

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan saya bisa membantu teman-teman dalam memilih produk perawatan kulit. See you.



Tidak ada komentar

Posting Komentar