Alasan untuk Tidak Membeli Eyelash Serum?

Apakah eyelash serum penting?

Beberapa waktu lalu saya memakai eyelash serum dari salah satu brand. Saya sudah skeptis sejak awal dengan produk seperti ini karena agak sullit untuk menerima keampuhan memanjangkan bulu mata nan lentik dalam hitungan minggu. Semakin banyak dan banyak video review eyelash serum berseliweran dan akhirnya saya tergoda untuk mencoba.

Singkat cerita saya mencoba produk eyelash serum berbahan keratin dan biotin dengan klaim memanjangkan dan menebalkan bulu mata. Sudah lebih dari satu bulan, dan bulu mata saya masih tetap seperti dulu. Tidak banyak berubah.

Di satu minggu pertama mungkin terlihat perubahaan, yakni bulu mata terlihat panjang. Namun, sebenarnya itu efek sesaat saja karena rambut lebih terhidrasi. Minggu-minggu selanjutnya tidak ada efek yang berarti. 

Saya baca-baca juga artikel-artikel yang membahas klaim-klaim serta efek-efek eyelash serum di pasaran. Apakah memang ada bukti ilmiahnya?

Dari hasil bacaan itu, saya menyimpulkan dan yakin bahwa produk berupa eyelash serum bukan top priority dan saya tidak akan repurchase.

Klaim dan Review Berlebihan

Sejauh ini belum ada kajin ilmiah atau bukti yang kuat yang bisa mendukung keberhasilan eyelash serum berbahan keratin dan biotin Dalam memanjangkan dan menebalkan bulu mata. Walaupun bahan-bahan tersebut diyakini bisa membantu pertumbuhan rambut, penggunaan pada bulu mata masih minim penelitian dan bukti.

Walaupun sama-sama rambut, penggunaan serum rambut dan bulu mata sangat berbeda. Serum rambut biasanya diaplikasikan mulai dari kulit kepala dengan sedikit pijatan hingga batang rambut. Sementara itu, penggunaan pada bulu mata sebagian besar hanya pada batang rambut saja, dimana hanya sebagian kecil dari produk menyerap ke dalam kulit.

Langkah paling aman adalah dengan menyatakan bahwa bahan-bahan tersebut dipercaya bisa membantu pertumbuhan rambut bukan bulu mata karena masih minim bukti ilmiah.

Toh, kalau pun benar nyatanya bulu mata menjadi lebih panjang dan tebal, pasti akan membutuhkan waktu yang lama. Bukan sekedar hitungan minggu.

Harga yang Cukup Mahal

Eyelash serum masuk ke kategori kosmetik untuk kecantikan sehingga akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk bekerja. Dengan demikian, kita juga akan membutuhkan banyak produk kan? Rata-rata harga serum ini di pasaran adalah 60ribu - 80ribu untuk ukuran 3.5ml -7ml. Malah ada banyak brand yang mematok lebih.  

Harganya memang enggak jauh beda dengan lipstick. Bedanya, lipstick lebih awet, bisa bertahan sekitar 3 bulan atau tahunan. Nah, eyelash serum disarankan dipakai minimal sehari 2x, jadi dia lebih cepat habis. Enggak sampai 3 bulan juga udah harus beli lagi.

Dilihat dari efek yang diberikan, rasanya produk ini enggak worth it. Mending nabung buat mascara badai karena bisa memberikan efek bulu mata lentik dan panjang secara nyata, instan, dan tahan lama. 

Sayangi Mata

Dalam proses pemakaian, tidak jarang ada sedikit produk yang jatuh ke mata. Memang tidak perih dan tidak ada efek, tapi kita jelas harus berhati-hati karena serum ini adalah benda asing bagi mata. Setidaknya itu akan dianggap sebagai kotoran dan menambah beban kerja mata untuk membersihkan benda asing.

Nah, itu tadi tiga alasan utama untuk tidak membeli eyelash serum. Sejauh ini saya belum mencoba juga minyak-minyak alami yang katanya juga bisa mempercantik bulu mata. 

Hasil Terlalu Bervariasi

Ini adalah alasan pertimbangan lain setelah mengobrol dengan dua orang teman di kantor yang pernah dan sedang memakai eyelash serum. Orang pertama mengatakan ada sedikit perubahan, mungkin lebih ke efek instan aja yang seperti saya sebutkan di awal tadi. 

Orang kedua, yang sedang memakai eyelash serum, merasa lebih yakin bahwa ada perubahan pada bulu matanya dalam jangka waktu yang agak panjang. Dia masih enjoy untuk tetap memakai produk tersebut. 

—————  —-  ————

Saya tidak bermaksud menjelek-jelekan suatu produk, tetapi hanya sekedar memberikan pertimbangan mengapa eyelash serum tidak begitu penting dalam daftar belanja. Apalagi, di saat kita memiliki uang terbatas untuk kosmetik, hendaknya lebih bijak dalam berbelanja dengan memilih produk yang jauh lebih penting.

Tulisan ini juga sebagai penyeimbang ulasan-ulasan lain yang melebih-lebihkan suatu klaim. Biar tidak terlalu teracuni klaim produk atau video review di Tiktok dan Youtube gitu loh. 

Barangkali teman-teman punya pengalaman lain terkait penggunaan eyelash serum, boleh share di kolom komentar ya. 

Sekian dari saya. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.


Tidak ada komentar

Posting Komentar