Beauty Diary by Rahma

Apa itu Micellar Water?

| on
November 17, 2018

Bulan Oktober kemarin, aku mengadakan survey pada teman-teman di kelas tentang tahap-tahap perawatan kulit. Salah satu hasilnya menunjukkan bahwa setengah dari responden (52%) menggunakan micellar water pada tahap pembersihan. Lumayan besar juga ya, mengingat jenis produk ini masih baru di pasaran. Nah, apa sih sebenarnya micellar water itu? 

Micellar water adalah pembersih dengan bahan-bahan utama: air, bahan penghidrasi dan pelembap seperti glycerin, dan molekul surfaktan lembut yang disebut dengan micelle. Nama "micellar" sendiri diambil dari bahan utamanya, micelle, yang menjadi ciri khas dibandingkan jenis pembersih lain.

Micelle adalah suatu surfaktan lembut yang mampu mengikat kotoran dan minyak. Ketika produk digosokan pada benda kotor, molekul micelle akan mengikat kotoran tersebut. Mirip seperti magnet yang menarik benda-benda logam. Micelle menarik dan mengikat kotoran.

Sifatnya yang ringan membuat produk ini memiliki penampakan seperti air biasa dan aman untuk kulit sensitif. Beberapa produsen mengklaim tidak perlu membasuh kulit setelah menggunakan micellar water. Sangat praktis!

Kelebihan lainnya, micelle merupakan bahan yang lembut sehingga tidak mudah mengiritasi dan tetap menjaga kelembapan kulit. Oleh karena itu, selain sebagai pembersih, micellar water juga bisa membantu peran pelembap.

Jenis kulit apa yang bisa menggunakan micellar water? semua jenis kulit bisa menggunakan micellar water, bahkan dianjurkan untuk kulit sensitif.

Apakah micellar water bisa menggantikan makeup remover? Ya dan Tidak, sangat tergantung dari brand produk dan jenis makeup. Produk micellar water memiliki formula atau campuran bahan berbeda tergantung dari produsen sehingga kemampuannya juga berbeda-beda.

Sayangnya, kebanyakan micellar water akan sulit mengangkat kotoran dari makeup berat seperti foundation dan mascara waterproof. Kemampuan membersihkan terbilang baik untuk makeup ringan, debu, sebum, minyak dan kotoran polusi.

Daftar Micellar Water

Brand Lokal

1. Make Over Micellar Water
IDR 85.000 - 185 ml


make over micellar water
source: website make over

Produk ini memiliki kelebihan:
  • Tidak mengandung alcohol sehingga tidak ada efek tingling dan tidak membuat kulit kering.
  • Tidak menyebabkan komedo dan memiliki pH seimbang karena bebas dari bahan sabun dan pewarna.
  • Tekstur ringan, tidak meninggalkan efek minyak di kulit.
  • Menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit dan mengurangi breakout.
  • Bisa digunakan untuk membersihkan kuas makeup.

2. Wardah Cleansing Micellar Water
IDR 28.500 - 100 ml

wardah micellar water
souce: official instagram wardah

Memiliki nama lengkap Wardah Nature Daily Seaweed Cleansing Micellar Water, merupakan pembersih berbahan dasar air yang halal. Diklaim mampu mengangkat kotoran dan menyegarkan kulit tanpa membuat kulit terasa berminyak atau kering. Tidak perlu dibilas dengan air atau sabun. Kelebihan lain, Wardah Micellar Water diklaim bisa membuat kulit lembut.


3. Emina Micellar Water Drop Cleanser
IDR 32.500 - 100 ml


Emina Micellar water
source: website emina
Emina adalah sister-brand dari Wardah dan Make Over. Konsep muda dan bersemangat sangat terlihat dari kemasan produk-produk Emina, tak terkecuali produk micellar waternya. Produk ini mengklaim bisa membersihkan kotoran di kulit dengan efektif tanpa membuat kulit kering.

4. Ovale Micellar Cleansing Water
IDR 17.000 - 100ml 
IDR 36.000 - 200ml

ovale micellar water

Oval Micellar Cleansing Water termasuk ke dalam micellar water yang sangat terjangkau dan paling mudah ditemukan di berbagai toko, baik itu minimarket atau department store. Mereka menyediakan dua varian. Warna pink, brightening skin, untuk kulit norma dan warna hijau, brightening acne skin, untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Brand Luar

1. Bioderma Sensibio H2O
IDR 133.650 - 148.500 / 100ml

bioderma micellar water

Bioderma adalah salah satu brand terbaik dalam urusan cleansing. Terbukti telah memenangkan berbagai penghargaan di bidang kecantikan secara konsisten setiap tahun, international dan local awards. Brand ini juga merupakan pencetus produk micellar water. Kelebihan produk mereka:
  • tanpa pewangi, paraben dan alkohol
  • diklaim mampu mengangkat makeup berat
  • membersihkan dengan cepat tanpa bilas
Untuk mengangkat eyeliner atau maskara waterproof, tempelkan dan diamkan kapas yang telah dibasahi dengan produk beberapa saat pada kelopak mata. Baru gerakan atau gosok lembut secara perlahan.

2. Avene Eau Thermale Micellar Lotion
IDR 215.000,- / 200ml

avene micellar water



3. L'Oreal Micellar Cleansing Water
IDR 108.000 / 250ml

L'oreal Micellar water


L’Oreal Paris Micellar water dengan teknologi Micellar. Molekul unik micellar menarik debau dan kotoran pada kulit secara menyeluruh. Lembut dan mudah digunakan, usapkan menggunakan kapas, tanpa dibilas. Dengan aksi 3-in-1 : membersihkan, menghapus makeup, menghaluskan. Tekstur ringan seperti air, kulit terasa bersih, lembut dan halus. 


4. Garnier Skin Active Micellar Cleansing Water
IDR 34.000

garnier micellar water


5. Nivea MicellAIR Skin Breathe

IDR 50.000 - 200 ml


Nivea micellar water



Memiliki dua varian, biru dan pink. Varian biru direkomendasikan untuk kulit normal ke oily dan varian pink untuk kulit sensitif. Nivea micellar water diklaim tidak hanya membersihkan lapisan atas tetapi juga lapisan dalam. Setelah digunakan kulit akan terasa bersih, lembab dan segar sehingga kulit terasa mudah untuk bernafas.

Dengan teknologi Micelles bekerja seperti magnet untuk membersihkan make up dan kotoran di wajah dengan efektif tanpa residu. Formula yang lembut dan efektif dapat digunakan di seluruh wajah. Tanpa dibilas. Tanpa parfum. Tanpa perlul digosok. Dan lembut untuk bulu mata.
  • 0% produk residu. Membersihkan make up menyeluruh tanpa dibilas.
  • 0% alcohol
  • Melembapkan kulit
  • Bebas parfum
  • Teruji secara dermatologi dan opthalmologi

6. Pond's White Beauty Brightening Micellar Water
IDR 28.500 - 100 ml


pond's micellar water


Pond's micellar water baik digunakan oleh kulit berjerawat. Mengandung bahan aktif Thymo-T Essence dan teknologi Lock + Clear untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat pada kulit wajah. Formula Lock + Clear akan bekerja langsung pada sumber jerawat. Bahan aktif Thymo-T Essence mengunci diri di dalam bakter penyebab jerawat dan menghilangkannya. Diklaim bisa mengurangi jerawat dalam 3 hari*.

7. Maybelline Micellar Water
IDR 99.000 - 200 ml

maybelline micellar water
Maybelline micellar water memiliki 4 in 1 technology untuk mengangkat makeup, membersihkan wajah, meringkas pori dan melembabkan. Kelebihan lainnya adalah mampu melembapkan kulit tanpa bilas, berbahan dasar air dan membersihkan dengan lembut. 

  • Oil Free, Fragrance Free, Alcohol Free 
  • cocok untuk semua jenis kulit (termasuk kulit sensitif) 
  • Ophithalmology Tested 
  • aman untuk daerah mata.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dari semua produk di atas aku pernah mencoba Ovale Micellar Cleansing Water. Sesuai dengan prediksi, Ovale hanya mampu mengangkat makeup ringan:
  1. Lip cream waterproof yang menempel di bibir agak sulit dibersihkan. Kadang masih ada sisa lip cream di bibir terutama di bagian garis-garis halus.
  2. Maskara waterproof hampir tidak mampu dibersihkan. Ntah mascaranya yang terlalu bagus atau memang kemampuan Ovale segitu saja. Kapas terlihat hitam, tapi 90% maskara masih tetap menempel. Bagian bulu mataku sangat rawan rontok dengan gosokan kuat, jadi aku usap-usap lembut saja beberapa kali. Itu pun masih saja ada bulu yang rontok. Aku sarankan memakai makeup remover atau oil-based cleansing untuk membersihkan maskara waterproof.
  3. Bisa menjaga kelembapan kulit.
  4. Kulit terasa segar setelah dibersihkan dengan Ovale Micellar Cleansing Water.








Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature