Beauty Diary by Rahma

Lulur dan Masker Sekar Sari Solo

| on
Desember 02, 2018
Lulur dan Masker Sekar Sari

Produk lulur dan bedak dingin (masker) Sekar Sari adalah produk perawatan kulit tradisional dari Solo dengan sebagian besar bahan berasal dari bahan alami. Sejenis jamu-jamu begitu lah. Aku membeli ini dari salah satu temanku yang berasal dari Solo. Harganya murah meriah gak bikin kantong jebol 😊 Hanya Rp5000,- saja per item.

Dari kemasan, baik lulur dan maskernya memilik kemasan yang sangat sederhana dan khas produk jamu. Kelemahan yang biasa ada pada produk lokal memang ada pada kemasan. Bukan apa-apa sih. Kemasan super sederhana meningkatkan resiko untuk dipalsukan. 

Yang membuat aku tertarik untuk mencoba adalah wanginya. Produk-produk ini memiliki harum menenangkan yang tercium sebelum produk dibuka. Membuat aku gak sabar untuk mencoba. Pikiran mahasiswa tingkat akhir yang semrawut memang membutuhkan wewangian yang menyegarkan hehehe 😆

LULUR SEKAR SARI 30 gr

Lulur dan Masker Sekar Sari

Lulur sekar sari banyak variannya sih. Basically, bahan pada semua varian hampir sama. Hanya harumnya dan satu bahan khas yang berbeda. Aku punya varian lulur putih, green tea, dan jasmine. Kegunaan utamnaya untuk membantu menghaluskan, membersihkan dan mengharumkan kulit. 

Komposisi lulur putih:
oryza sativa starch (tepung beras), fragrance, curcuma heyneanae rhizoma (temu giring), murrayae folium (daun kemuning), vetiveriae zizanioides radix (akar wangi), Santali lignum (kayu cendana).
Komposisi green tea: 
oryza sativa starch, curcuma domestica rhizome, fragrance, curcuma heyneanae rhizoma, murrayae folium, vetiveriae zizanioides radix, Santali lignum.
Komposisi jasmine: 
oryza sativa starch, curcuma domestica rhizome (kunyit), fragrance, vetiveriae zizanioides radix, curcuma heyneanae rhizoma , Santali lignum.
  • oryza sativa starch (tepung beras): bahan pengental yang ramah pada kulit.
  • curcuma heyneanae rhizoma (temu giring): memiliki kandungan anti-aging. 
  • murrayae folium (daun kemuning): membersihkan kulit. 
  • vetiveriae zizanioides radix (akar wangi): pewangi. 
  • curcuma domestica rhizome (kunyit): mengatasi iritasi. Biasanya aku menemukan juga bahan kunyit pada masker pencerah. 
Bahannya mirip-mirip kan ya? Cuma dibalik-balik gitu dan paling fragrance-nya itu yang beda disesuaikan dengan varian. Sedangkan, pewangi alami untuk relaxasi berasal dari tumbuhan akar wangi. Walaupun ada bau khas yang sama di setiap produk, dari ketiganya aku sangat tertarik dengan lulur jasmine. I'm a fan of jasmine fragrance 😅 horor ya...

Cara pemakaiannya gampang banget, tinggal seduh saja dengan air hingga menjadi pasta dan balurkan pada badan. Kemudian, gosok-gosok deh dan bilas. Satu sachet cukup untuk sekali mandi. Aku pakainya banyak-banyak sih hehehe biar puas ngegosoknya.

Lulur dan Masker Sekar Sari

What I feel? 
  1. Teksturnya kasar enak untuk scrubbing, tapi agaknya kurang baik untuk pemiliki kulit sensitive. 
  2. Bau jasmine nya tidak terasa saat dipakai, malah berubah jadi bau jamu. Tapi, ini relative deh. Soalnya, selepas aku luluran Kakak-ku ngasih komentar kalau bau lulur ini harumnya seperti bunga-bungaan, kaya mawar gitu. 
  3. walaupun gak ada bahan untuk menjaga kelembapan, kulit masih tetap lembap setelah luluran. 
  4. tekstur kulit menjadi tambah halus. 
Jangan terjebak sama lulur putih. Itu bukan untuk memutihkan ternyata 😅 hanya warnanya saja yang putih. Aku malah merekomendasikan varian green tea atau jasmine untuk mencerahkan kulit karena ada kandungan kunyit tadi. 

Masalah wangi menurutku semuanya hampir sama. Kalau dicium lebih teliti yang paling beda mungkin varian green tea saja. Itu pun aroma green tea nya sangat rendah sekali. 

BEDAK PUTIH (MASKER) SEKAR SARI 
40gr (bengkoang) 20gr (jebuk sari)

Lulur dan Masker Sekar Sari

Varian yang aku dapatkan adalah masker bengkoang (hijau) dan jebuk sari (orange). Varian bengkoang digunakan untuk merawat, menyejukkan dan membuat kulit tampak cerah. Varian jebuk sari untuk menghaluskan dan merawat kulit. 

Komposisi masker bengkoang:
Zinc oxide, pachyrrhizus erosus starch (tepung bengkoang), magnesium oxide, curcuma domestica rhizome. 

Zinc oxide: membantu meredakan peradangan jerawat. Biasanya juga terdapat pada physical sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari, UVA/B.

Pachyrrhizus erosus: digunakan sebagai pemutih dan antioksidan. Antioksidan ini artinya dia bisa menyerah kotoran sehingga kulit terlihat bersih. 

Magnesium oxide: penyeimbang keasaman 

Komposisi masker jebuk sari: 
oryza sativa starch, curcuma domestica rhizome (kunyit), curcuma heyneanae rhizome, zinc oxide, magnesium oxide, murrayae folium, santali lignum, vetiveriae zizanioides radix, strychnos ligustrina wood (kayu ular). 

strychnos ligustrina wood: untuk mengobati penyakit kulit. 

Dari komposisinya, kegunaan masker ini terlihat sama ya. Baik untuk mengatasi jerawat ataupun merawat kulit bisa menggunakan keduanya. Aku lebih suka yang bengkoang sih karena biasanya masker bengkoang itu dingin. 

Berat masker berbeda-beda. Masker bengkoang dipadatkan dalam bentuk bulat besar dan padat (40gr) berwarna putih sedangkan jebuk sari berbentuk empat buah bulatan kecil-kecil berwarna kecoklatan (20gr).

Lulur dan Masker Sekar Sari

Cara pemakaian:
  1. Aku pakai setengah dan, ternyata, itu terlalu banyaaaaak. Dipakai berdua masih sisa banyak padahal sudah dipakai tebal-tebal. Mungkin nanti cukup ambil ¼ saja. 
  2. Diseduh dengan air mawar atau air biasa sampai menjadi pasta. Kalau mau lebih encer juga silahkan. Nanti gunakan kuas untuk mengaplikasikan.
  3. Siapkan kulit wajah yang bersih dari makeup dan oleskan masker ke kulit. 

What I feel?
  • Dinginnya termasuk kategori rendah. Gak terlalu bikin sejuk. 
  • Efek kulit ketarik juga tidak terlalu kuat. Ketika akan kering, masker gampang pecah. 
  • Karena tidak ada bahan pelembab, setelah dibilas kulit terasa kering. Menurutku, baiknya ini dipakai untuk kulit berminyak dan berjerawat deh. Untuk kulit kering justru menghilangkan kelembapan dan harus memakai moisturizer lagi. 
  • Aneh, adonan masker di cawan bertahan sangat lama. Aku diamkan sekitar 15 menit, sambil menunggu masker di wajah kering, tapi tekstur adonan tidak mengering sama sekali. Masih menjadi pasta seperti semula. Padahal masker di wajah sudah mulai mengering. Gak tahu kenapa sih ya, sifat aneh ini membuat adonan masker bisa disimpan lama untuk dipakai kembali nanti. 
Ekspektasi aku terhadap masker ini tidak terpenuhi. Ternyata aku lebih suka lulurnya dibandingkan maskernya. Bagusnya masker bengkoang ini dipakai untuk kulit berminyak dan berjerawat karena bagus menyerap minyaksehingga membuat kulit matte. 

Kelebihan lain ada pada harganya yang murah dan bisa dipakai berkali-kali. Masker ini asik untuk dipakai rame-rame sama temen di kosan hahaha . . . 

Kalau mau coba menurutku bagus aja sih. Harumnya bikin relaks banget, kayak lagi spa. Harganya murah dan bahan-bahannya alami. Mending masker atau lulur? aku rekomendasikan lulurnya sih. Lumayan enak dipakai. Well, coba dua-duanya juga gak apa-apa. Rp10.000 dapat dua item :D 

Untuk menjaga keaslian produk aku sarankan beli dari reseller/distributor resmi atau beli dari temenku. Dia asli Solo 😊 

WHERE TO BUY?

WA: 0812-3335-6582 (wulan) 
IG: @ayusolo.id 
Rp5.000,-

Aku sarankan dm ke WA nya deh. Soalnya dia manage banyak IG buat jualan. Kadang DM yang masuk gak terlihat 😅

Selamat mencoba...
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature