Beauty Diary by Rahma

Kamu Wajib Tahu! Ini Loh 4 Alasan Usaha Agrobisnis Semakin Digandrungi Semua Umur

| on
Agustus 14, 2019
alasan agrobisnis semakin digandrungi

Pesatnya perkembangan zaman yang sejalan dengan perubahan pola pikir masyakarat membuat beberapa bidang pekerjaan tidak lagi dianggap remeh, salah satunya di sektor pertanian. Zaman dulu pekerjaan sebagai petani boleh jadi dianggap rendah, karena hanya masyarakat yang tinggal di pedesaan saja yang bercocok tanam. Namun, kini anggapan itu sirna lantaran seluruh lapisan masyarakat menganggap sektor pertanian atau dikenal usaha agrobisnis terbilang menjanjikan dan tidak memerlukan modal besar. Lantaran kondisi geografis Indonesia dinilai strategis dan dianggap sebagai negara tropis yang sangat berpotensi untuk ditanami berbagai tanaman bermanfaat. 

Sudah sepatutnya sebagai generasi milenial, kamu turut bangga akan kekayaan alam Indonesia yang melimpah. Bahkan sekarang ini terdapat sebuah start up yang menjembatani hasil panen para petani untuk dijual kembali ke berbagai penjuru di Indonesia. Nah, apabila kamu masih merasa ragu untuk membuka usaha agrobisnis, maka kamu wajib tahu 4 alasan berikut ini mengapa usaha tersebut sangat menguntungkan. 

1. Meraup Keuntungan Besar 

Tidak banyak yang tahu jika usaha agrobisnis merupakan usaha yang memiliki peluang untuk meraup keuntungan besar. Hal ini tak lepas kaitannya dengan kebutuhan hidup masyarakat. Apalagi jika kamu membuka usaha cabai atau sayuran hidroponik yang pastinya mendatangkan banyak pundi-pundi rupiah. Salah satu contoh pengusaha sukses dibidang agrobisnis adalah Triono Untung, seorang petani asal Cianjur yang sukses meraup keuntungan hingga Rp 1 milyar dari usaha jamur tiram. Menurut Triono, jamur tiramnya kini tidak hanya dipasarkan di Cianjur saja, melainkan telah merambah ke berbagai daerah seperti Bogor, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. 

2. Bisa untuk Konsumsi Pribadi 

Selain untuk dijual kembali di pasaran, bercocok tanam terutama dengan sistem organik bisa kamu manfaatkan untuk konsumsi pribadi. Gunakanlah pekarangan rumah untuk menanam berbagai jenis sayuran yang bermanfaat. Selain belajar telaten dalam mengurus tanaman, kamu juga bisa menghemat uang lho, karena tidak perlu lagi membeli sayur-mayur di pasar. Apalagi jika kamu pecinta makanan pedas, maka bercocok tanam cabai harus kamu lakukan di halaman rumah. Mengingat harga cabai di pasaran sedang melambung tinggi. Benar-benar menguntungkan bukan? 

3. Melatih Kesabaran dan Sikap Pantang Menyerah 

Saat menjalankan usaha agrobisnis, secara tidak langsung kamu akan dilatih untuk sabar dan pantang menyerah. Ketelatenan dalam mengurus usaha agrobisnis adalah kunci sukses yang harus dimiliki para pelaku usaha ini. Percayalah bahwa tidak ada kesuksesan yang datangnya secara instan. Semua proses harus dilalui perlahan-lahan, walaupun ditengah perjalanan merasakan jatuh bangun berulang kali. 

4. Peluang Ekspor yang Menjanjikan 

Hingga saat ini, Kementerian Pertanian (Kementan) masih terus gencar membantu para petani Indonesia untuk memasarkan hasil panennya ke berbagai belahan negara. Karena gencarnya usaha Kementan itu, kini para petani kecil Indonesia telah sukses mengekspor hasil panen mereka seperti beras, rempah-rempah, buah dan sayur-mayur ke Malaysia, Australia, Amerika dan Eropa. 

Itulah tadi beberapa alasan yang wajib kamu ketahui sebagai bahan pertimbangan untuk membuka usaha agrobisnis. Kalau masih bingung apa jenis usaha dibidang agrobisnis yang menguntungkan tanpa mengeluarkan modal besar, kamu bisa mencari referensi nya berbagai situs internet. Salah satu nya bisa kamu dapatkan melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/usaha-agrobisnis-menguntungkan/. Jangan takut untuk memulai dan tetap semangat apapun hasil dari kerja kerasmu. Kalau tidak dimulai dari sekarang, lantas kapan lagi? 

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature