Beauty Diary by Rahma

Langkah Cuci Tangan untuk Jaga Kesehatan

| on
September 06, 2019
langkah cuci tangan
Image by jacqueline macou from Pixabay

Untuk tubuh yang sehat, maka bisa dimulai dengan mencuci tangan. Langkah cuci tangan harus anda lakukan dengan benar. Karena, meskipun anda mencuci tangan jika prosedurnya salah akan percuma. Masih ada bakteri yang bisa saja hinggap pada tangan karena proses mencuci tidak benar. Hasilnya, tangan masih tetap terdapat bakteri.

Banyak dari masyarakat yang mungkin menganggap sepele akan hal ini. Terlebih, karena memang belum tahu mengenai manfaatnya. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun juga sangat penting. Waktu cuci tangan dapat dilakukan setelah melakukan aktivitas yang bersentuhan. Terutama, dengan barang yang memang cukup banyak bakterinya. Untuk itu, anda harus memahami mengenai langkah cuci tangan dengan tepat.

Langkah Cuci Tangan Yang Benar

Agar tangan menjadi lebih bersih, maka dapat dilakukan mencuci tangan memakai prosedur yang benar. Ini dia langkahnya:
  1. Pertama, bersihkan tangan dengan menggunakan air bersih dan mengalir
  2. Kemudian, gunakan sabun cuci tangan ke telapak dari tangan secukupnya
  3. Rekatkan tangan kanan dan kiri
  4. Lalu, posisisikan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri
  5. Sebaliknya lakukan juga pada telapak yang kiri
  6. Setelah itu, lakukan pembersihan di sela sela dari jari
  7. Berikutnya, letakkan punggung jari pada telapak satunya seperti jari saling mengunci
  8. Lakukan pembersihan dari jempol dengan menggosok dan memutarkan
  9. Sebaliknya lakukan juga pada jempol satunya
  10. Terakhir, bersihkan dengan menggunakan air bersih serta mengalir.
  11. Manfaat Mencuci Tangan Dengan Benar
Dalam mencuci tangan, tentu banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan. Berikut ini beberapa manfaatnya:

Mengatasi Gatal Gatal

Dengan melakukan cuci tangan dengan benar, maka anda akan terhindar dari gatal-gatal. Rasa gatal tersebut terjadi pada tangan yang tentu saja memiliki bakteri. Untuk itu, solusi terbaiknya dengan melakukan pembersihan secara benar.

Bagian tangan yang dibersihkan haruslah dengan benar. Terutama, di daerah yang sela sela dari tangan. Dengan pembersihan daerah sela sela membuat tangan lebih bersih. Serta, bakteri tidak akan berani untuk kembali lagi.

Mencegah Terjadinya infeksi Berlebihan

Infeksi yang sudah terjadi pada tangan jika tidak dilakukan penanganan maka hanya akan menyebabkan masalah. Yaitu, dapat membuat infeksi menjadi berlebihan. Masalah ini seringkali muncul pada orang yang memang malas untuk mencuci tangan. Bahkan, tangan tidak dilakukan pencucian setelah melakukan aktivitas.

Hal seperti sangat berbahaya dan justru tidak baik untuk kesehatan. Bahkan, bisa menjadikan infeksi yang berlebihan di daerah tangan. Tentunya, anda sangat tidak ingin hal seperti ini terjadi bukan? Untuk itu, alangkah baiknya untuk dapat melakukan pembersihan secara rutin. Dengan pembersihan yang rutin, membuat infeksi tidak menyebar!

Menghindari Diare

Penyakit berupa diare disebabkan karena adanya bakteri. Darimana bakteri ini berasal? Salah satunya yaitu dari tangan. Jadi, untuk daerah tangan yang memiliki banyak bakteri menyebabkan masalah berupa diare. Untuk itu, sebaiknya anda melakukan pembersihan dari daerah tangan.

Karena, daerah tangan memiliki banyak sekali sumber dari bakteri. Dengan menggunakan langkah cuci tangan yang benar, maka anda dapat menghilangkan bakteri tersebut. Pastikan, menggunakanya secara rutin!

Begitulah langkah cuci tangan secara lengkap yang bisa anda lakukan. Dengan melakukan cuci tangan dengan benar, maka akan banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Terutama, untuk membuat kesehatan tubuh anda menjadi lebih baik lagi. Jadi, pastikan selalu untuk melakukan pembersihan tangan anda secara rutin. Semoga bermanfaat!
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature