Beauty Diary by Rahma

Inilah Manfaat Teh bagi Tubuh yang Perlu Kamu Tahu!

| on
September 03, 2019
manfaat teh
Gambar oleh congerdesign dari Pixabay

Siapa yang tidak mengenal teh? Minuman kaya antioksidan ini telah dipercaya dan dikonsumsi sebagai minuman kesehatan sejak puluhan tahun yang lalu. Tradisi minum teh dibawa dari Cina dan menjadi kebiasaan yang mendarah daging. Biasanya minum teh bersama menjadi salah satu momen yang dihadirkan ketika ingin membicarakan sesuatu dari hati ke hati. Tak hanya menghadirkan momen, manfaat teh lainnya juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Apa saja ya?

Meningkatkan Daya Konsentrasi

Dalam teh, terdapat kandungan kafein yang merangsang sistem syaraf pusat untuk melancarkan peredaran darah. Meskipun jumlahnya tidak sebanyak kafein pada kopi, tingkat kandungan kafein pada teh memang dirancang untuk bersifat lebih soft karena ada kandungan bahan lain yang juga turut mendominasi.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam teh dapat menjadi senjata pembunuh kuman yang dapat merusakkan gigi dan mulut. Dengan konsumsi teh secara teratur, dipercaya dapat mengurangi risiko karies gigi, gigi berlubang, dan bau mulut yang tak sedap. Hal ini akan membuatmu lebih percaya diri dibandingkan sebelumnya.

Menurunkan Risiko Diabetes

Konsumsi teh hangat tawar sangat baik sebagai saran untuk menurunkan risiko diabetes. Manfaat teh hijau dan teh hitam sangat baik sebagai salah satu penurun gula darah dalam tubuh. Kedua teh tersebut dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga penyakit diabetes dapat dicegah.

Dapat Menurunkan Tekanan Darah dalam Tubuh

Tak hanya dapat menurunkan risiko diabetes, teh juga berguna sebagai salah satu penurun tekanan darah. Dalam sebuah penelitian, seseorang yang lebih rutin konsumsi teh hitam dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik. Apabila hal ini diimbangi dengan pola hidup sehat dan olah raga teratur, maka hasil yang akan didapat juga lebih maksimal. Siap mencobanya?

Menjaga Saluran Cerna Lebih Stabil

Manfaat teh hijau lainnya, yakni dapat membakar kalori dan lemak berlebih dalam tubuh. Hal ini dikarenakan teh hijau cukup banyak mengandung mineral dan serat yang berfungsi menjaga pencernaan agar bekerja secara maksimal. Kandungan polifenolnya akan meningkatkan produksi bakteri baik pada usus. Lebih bagus dan berefek bila mengonsumsinya sebelum sarapan atau makan siang. Penyajian dalam bentuk es atau panas dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Merilekskan Badan dan Pikiran

Jika kamu sedang merasakan tekanan berat, penat, dan lelah dengan aktivitas harianmu, segeralah ambil teh dan seruput dalam-dalam. Kandungan tanin dalam teh akan membantu menurunkan hormon kartisol penyebab stres dalam tubuhmu. Ditambah dengan campuran protein, asam organik, substansi resin, dan vitamin yang berpengaruh pada aroma dan kepekatan dalam teh akan membuatmu lebih nyaman saat merasakan sensasi sedap bau dari sana.

Teh Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Beberapa produk kecantikan juga telah menggunakan bahan teh dan kopi sebagai masker dan bahan lulur yang alami. Tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk diminum, teh juga bisa divariasikan dalam berbagai produk kecantikan dan campuran bahan makanan yang bisa dikonsumsi. Air rendaman teh bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga wajah dari kerutan dan penuaan dini.

Dalam konsumsi teh, kamu bisa melakukannya dalam jangka waktu 30 menit sebelum makan atau sesudah makan. Usahakan hindari konsumsi teh bersamaan dengan makan berat. Hal ini dikarenakan teh dapat menghambat penyerapan protein dan zat besi. Terutama bagi ibu hamil. Kedua zat tersebut sangat dibutuhkan bagi janin. Manfaat teh akan terasa maksimal jika kamu mengonsumsinya dengan benar. Sudah minum teh hari ini?

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature