Beauty Diary by Rahma

Mudah, Ini 6 Resep MPASI 8 Bulan

| on
September 06, 2019
resep mpasi 8 bulan
Image by avitalchn from Pixabay 
Memasuki usia 8 bulan, Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang dikonsumsi bayi pun sudah lebih beragam. Karena giginya sudah bertambah banyak, bayi 8 bulan umumnya sudah mulai menyukai bubur yang tidak lunak, atau malah hampir berbentuk nasi.

Bagi orang tua terutama Mama mungkin mulai bingung menu apa lagi yang ingin dibuat setiap harinya untuk si Kecil dan kira-kira resep MPASI seperti apa yang cocok untuk bayi berusia 8 bulan. Karena pada usia ini si kecil sudah mulai senang dengan variasi makanan untuknya.
Resep MPASI 8 Bulan yang Mudah Dibuat

Resep MPASI untuk bayi berusia 8 bulan juga sebaiknya dibuat dengan tekstur yang lebih kasar. Mama bisa memberikan makanan yang diblender kasar atau beberapa menu lauk yang sudah dapat dicincang.

Nah kali ini anda tidak perlu khawatir mencari resep MPASI yang pas untuk buah hati anda. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang resep mpasi 8 bulan, berikut listnya.

1. Bubur Pisang

Proses pembuatan MPASI berupa bubur dari buah pisang, caranya cukup mudah dengan menyeduh susu formula atau perahan ASI sebanyak 200 ml. Lalu anda bisa mencampurkannya dengan pisang yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Setelah itu aduk rata dan sajikan secara hangat pada bayi Anda.

2. Tim Kentang Susu

Cara mengolah MPASI kentang buka lah gak yang sulit. Anda hanya perlu menghancurkan kentang kukus kemudian memasaknya kembali dengan susu cair dengan api kecil. Untuk menambah cita rasa, anda dapat menambahkan parutan keju sebelum kentang disajikan.

Selain itu, Anda dapat menambahkan menu lain seperti kukusan buncis, bayam atau wortel agar tekstur makanan si kecil bisa lebih beragam.

3. Biskuit Alpukat

Resep sederhana yang satu ini tentu sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu melumatkan biskuit bayi bersama air hangat hingga konsistensinya lunak seperti bubur. Kemudian, keruk halus daging alpukat mentega, lalu masukkan ke dalam bubur biskuit. Aduk rata dan sajikan untuk si kecil.

4. Kukus Jagung Manis

Pertama-tama yang anda siapkan, adalah dengan mengukus buliran jagung hingga benar-benar lunak dan dapat dilumatkan sampai bertekstur lembut. 

Selanjutnya, Anda dapat menambahkan susu cair sedikit demi sedikit ke olahan jagung dengan kekentalan sesuai selera.

5. Bubur Ayam Beras Merah

Prose pembuatan bubur beras merah yang teksturnya halus, Anda harus menyiapkan bahan-bahan nya terlebih dahulu, seperti beras merah yang telah ditumbuk seperti tepung, daging ayam cincang, dan beberapa jenis sayuran lain.

Memasaknya cukup mudah, masak dulu bubur beras merah sampai matang. Untuk rasa gurih bisa dengan menambahkan sedikit sekali garam halus, atau menggunakan keju parut. Setelah bubur matang, masukkan cincangan daging ayam, wortel, dan bayam lalu aduk rata. 

6. Puding Pepaya Santan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep MPASI 8 bulan yang satu ini, cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan 1 bungkus agar-agar tanpa rasa, santan, dan buah pepaya.

Cara memasaknya, kupas dan haluskan pepaya terlebih dulu menggunakan blender. Kemudian, campurkan agar-agar, santan dan pepaya yang sudah di blender ke dalam panci. Rebus hingga mendidih selama sekitar 20 menit, kemudian tuang ke dalam cetakan.

Yang terakhir, anda hanya perlu menunggu puding mengeras dan siap disajikan untuk cemilan si buah hati.

Nah, itu dia ulasan mengenai resep MPASI 8 bulan. Cukup mudah dan tidak merepotkan bukan? Sebagai orang tua yang senang akan tumbuh kembang anak, tentu membuat resep ini bukanlah hal yang sulit. 

Mama bisa mencoba dan mempraktekkannya ya di rumah!
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature