Cara Sederhana Hemat Listrik yang Bisa Dilakukan Dengan Sangat Mudah

source: goodhousekeeping.com

Cara menghemat listrik sebenarnya adalah langkah yang sederhana untuk dilakukan. Menghemat listrik pun sangat disarankan yang bertujuan untuk menghemat energi dan pengeluaran. Selain untuk menghemat pengeluaran biaya listrik, hal ini juga berguna untuk menyelamatkan manusia dari kekurangan sumber daya energi listrik. Tentu banyak sekali manfaat yang akan diperoleh. Yuk, simak beberapa cara sederhana hemat listrik yang bisa dilakukan dengan di bawah ini! 

6 Cara Sederhana Hemat Listrik 

1. Matikan Rice Cooker Setelah Dipakai 

 Cara Sederhana Hemat Listrik
source: pressurecookrecipes.com
Daya yang dikeluarkan oleh Rice Cooker sangat besar, sama seperti setrika. Terbiasa menghangatkan nasi dalam rice cooker memang mempermudah aktivitas makanan. Namun, kebiasaan ini dapat membuat konsumsi listrik boros. Jadi, solusi dari kebiasaan ialah dengan memasak nasi secukupnya saja. Setiap kali menanak nasi, cukupkan takaran untuk sekali makan dan jangan menyimpan makanan untuk dihangatkan. Jika langkah ini diterapkan, niscaya konsumsi listrik Rice Cooker akan berkurang drastis. 

2. Gunakan Mesin Cuci dengan Air Dingin 

Pemakaian mesin cuci memang dapat meningkatkan tagihan listrik bulanan karena peralihan dari mencuci dengan tenaga manusia ke tenaga mesin. Apalagi jika mencuci dengan air panas karena Apa pun yang mengeluarkan energi panas akan mengonsumsi banyak listrik. Sama halnya seperti fitur pemanas air pada mesin cuci. Oleh karena itu, lakukan cara sederhana hemat listrik yang paling signifikan dengan memilih suhu air rendah atau dingin. Dengan beralih dari air panas ke air dingin untuk sekitar tiga beban per minggu, pengguna akan berhemat sampai Rp. 220.000 per tahun pada tagihan energi listrik. 

3. Isi Pulsa Listrik Rutin Sebulan Sekali dan Pantau Pemakaian 

Cara Sederhana Hemat Listrik
source: wiseflys.com

Listrik merupakan kebutuhan wajib di dalam rumah tangga, karena itu penting untuk menyiapkan dana setiap bulannya khusus tagihan listrik. Mengisi pulsa listrik berulang kali dalam sebulan dapat membuat pengguna kesulitan untuk memantau pemakaian listrik di rumah. Hal ini akan merepotkan saat listrik padam, sementara pulsa telah habis. Jadi, cara sederhana hemat listrik dengan mengisi pulsa untuk keperluan satu bulan penuh agar lebih hemat waktu, tenaga dan mencegah momen kehabisan pulsa listrik atau bahkan kehabisan uang untuk mengisinya di tengah atau akhir bulan. 

4. Jangan Menyalakan Dispenser Air Selama 24 jam 

Faktanya, pemakaian dispenser dengan konsumsi daya 300 watt- 500 watt selama 24 jam penuh mampu menyedot banyak listrik. Selain itu, kebiasaan ini dapat membuat dispenser mudah cepat rusak. Jadi cara sederhana hemat listrik juga bisa dilakukan dengan selalu mematikan dispenser usai dipakai. Apabila ingin lebih praktis, pakai timer digital. Pengguna juga dapat mengatur kapan dispenser menyala atau mati sesuai selera. 

5. Jangan Sering Switch on/off AC Ruangan 

Cara Sederhana Hemat Listrik
source: hospitalitynet.org
Jangan terbiasa langsung menyalakan AC setelah AC mati, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja AC. Saat terjadi perubahan dari mode ON ke OFF, terdapat proses pada komponen yang sedang berlangsung. Kebiasaan buruk ini pun pemicu pemborosan konsumsi listrik. Mungkin sebagian orang yang sering melakukannya bertujuan untuk lebih berhemat. Padahal, justru konsumsi listrik paling tinggi terjadi ketika mesin dinyalakan pertama kali dan lama kelamaan, konsumsi listriknya semakin mengecil seiring suhu ruangan berubah dingin. Jadi sebaiknya, berikan jeda waktu 5 menit sebelum menyalakan AC Electrolux kembali. Hal ini berfungsi agar AC tetap awet, tidak mudah rusak dan lebih hemat. 

6. Terapkan Bersama Anggota Keluarga 

Supaya hasil dari cara sederhana hemat listrik lebih maksimal, penting mengajak semua anggota keluarga di rumah untuk melakukannya bersama-sama. Caranya, pertama jelaskan kenapa harus mencabut steker alat elektronik bila sudah tak terpakai dan manfaat hemat listrik untuk kesehatan finansial. Intinya, jangan lupa selalu ingatkan baik melalui ucapan, maupun pesan menarik, misalnya berupa catatan di pintu kulkas, pintu kamar mandi dan sebagainya. Lama-lama, program penghematan listrik akan menjadi kebiasaan baik dalam keluarga. Akhirnya, pembelian token listrik atau pembayaran tagihan listrik pun bisa jauh lebih murah. 

Sekian, penjelasan beberapa cara sederhana hemat listrik yang bisa dilakukan secara gratis. Ingin tau cara hemat listrik atau berbagai tips berhemat lainnya? Simak terus informasi terbaru dari CekAja.com ya. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar