Beauty Diary by Rahma

Berapa Sih Gaji Pekerjaan Lulusan Ilmu Politik Itu? Cari Tahu Disini Yuk!

Gaji Pekerjaan Lulusan Ilmu Politik Itu
source: cleveland-bookkeeping.com

Jurusan ilmu politik sering dianggap sebagai jurusan yang tidak memiliki prospek cerah. Padahal sudah ada banyak pekerjaan yang telah menanti para lulusannya. Bahkan gaji yang nantinya didapatkan juga cukup tinggi. Hal ini tidak terlepas dari lulusan ilmu politik yang cenderung memiliki wawasan luas serta kemampuan analisis yang baik. Tidak hanya itu saja lulusan ilmu politik juga memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni. Sehingga tidak heran jika banyak perusahaan atau instansi yang berani membayar mahal untuk mempekerjakan lulusan ilmu politik. Nah, sebenarnya berapa sih besarnya gaji pekerjaan lulusan ilmu politik itu? 

Prospek Kerja Ilmu Politik 

Gaji Pekerjaan Lulusan Ilmu Politik Itu
source: periodistaenjapon.com

Jurusan ilmu politik adalah salah satu jurusan yang ada di fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik. Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan mempelajari bagaimana hukum dibuat, kebijakan publik dirumuskan, struktur komparatif pemerintah, dampak kebijakan publik bagi masyarakat dan sebagainya. Perlu diketahui selama kuliah di jurusan ilmu politik tidak hanya mempelajari tentang politik tetapi juga akan memperoleh kemampuan analisis, komunikasi dan penelitian. 

Dari banyaknya pengetahuan dan skill yang mumpuni membuat para lulusan ilmu politik memiliki peluang kerja yang fleksibel. Misalnya menjadi politikus, anggota DPR dan anggota partai politik. Selain itu juga bisa menekuni bidang akademis sebagai dosen, peneliti dan analis politik. Menariknya lagi ternyata ada yang bekerja di bidang ekonom seperti bisnis dan perbankan. Gaji pekerjaan lulusan ilmu politik juga terbilang menggiurkan dan sangat menjanjikan. 

Mencari Tahu Gaji Pekerjaan Lulusan Ilmu Politik 

1. Anggota Legislatif 

Sudah bukan rahasia umum jika menjadi seorang anggota legislatif atau DPR akan mendapatkan gaji yang cukup banyak. selain mendapatkan gaji juga akan mendapatkan tunjangan yang sangat besar. Sehingga tidak mengherankan jika banyak orang berlomba-lomba ingin memiliki kursi sebagai anggota legislatif. Sebenarnya untuk menjadi anggota legislatif tidak harus lulusan ilmu politik tetapi jika merupakan lulusan ilmu politik akan memiliki nilai lebih. Gaji yang nantinya diperoleh mulai belasan hingga puluhan juta setiap bulannya. 

2. Anggota Partai Politik 

Bukan sesuatu yang aneh jika lulusan ilmu politik identik dengan pemerintahan. Bagi lulusan ilmu yang ingin menyampaikan aspirasi masyarakat tetapi tidak memiliki wadah disarankan untuk menjadi anggota partai politik. Bergabung menjadi salah satu anggota partai politik akan membuat ide dan juga aspirasi dalam wadah yang memiliki tujuan yang sama untuk kesejahteraan masyarakat. Untuk gaji yang diperoleh juga cukup tinggi. 

3. Dosen 

Gaji Pekerjaan Lulusan Ilmu Politik Itu
source: matrox.com

Selama ini memiliki pekerjaan sebagai dosen memang menjadi dambaan banyak orang. Bagaimana tidak gaji yang diperoleh cukup banyak terutama jika sudah menjadi seorang PNS. Menjadi dosen di kampus swasta juga akan mendapatkan penghasilan cukup tinggi. 

4. Peneliti 

Beberapa waktu terakhir pemberitaan mengenai politik memang menguasai berbagai media. Bagaimana tidak karena ada kepentingan dibalik pemberitaan tentang isu-isu politik. Melihat fakta ini kemudian membutuhkan seorang peneliti politik supaya bisa memecahkan segala permasalahan politik yang terjadi secara detail dan mudah dipahami. Mengingat pekerjaan ini membutuhkan pemikiran kritis dan kemampuan komunikasi mumpuni maka seorang peneliti politik akan mendapatkan gaji yang cukup besar. 

5. Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) 

Lulusan ilmu politik bisa melanjutkan karir di bidang sosial dengan menjadi aktivis LSM. Ilmu yang telah diperoleh dari jurusan ini bisa digunakan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat umum. Jika memilih untuk menjadi aktivitas LSM, maka gaji pekerjaan lulusan ilmu politik akan berkisar pada angka 3-6 juta setiap bulannya. 

6. Jurnalis Politik 

Gaji Pekerjaan Lulusan Ilmu Politik Itu
source: ryanmorden.wordpress.com

Memiliki pekerjaan sebagai jurnalis politik tidak bisa diremehkan karena memiliki penghasilan sekitar Rp6.000.000 setiap bulannya. Cukup fantastis memang tetapi juga harus diimbangi dengan kemampuan berpikir kritis dan pandai dalam menyampaikan argumentasi atau opini di hadapan publik. 

7. Wirausaha 

Ilmu yang telah diperoleh saat perkuliahan bisa dimanfaatkan untuk bisa membuka usaha atau menjadi seorang pebisnis. Gaji pekerjaan lulusan ilmu politik yang memilih untuk menjadi wirausahawan akan bergantung pada kemajuan bisnis yang dijalani. Jika bisa mengembangkan bisnis dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan bahwa gaji yang diterima akan lebih dari 5 juta setiap bulannya. 

Asalkan mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan saat berkuliah di jurusan politik dengan baik, maka gaji pekerjaan lulusan ilmu politik yang besar bukan menjadi masalah untuk didapatkan. 

Itulah informasi mengenai besarnya gaji pekerjaan lulusan ilmu politik. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan ilmu politik? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.



Tidak ada komentar

Posting Komentar