Beauty Diary by Rahma

Gaji Pekerjaan Lulusan Teknik Kimia yang Menggiurkan, Mulai Dari 3 Juta Rupiah

Gaji Pekerjaan Lulusan Teknik Kimia
source: theaustralian.com.au



Berapakah gaji pekerjaan lulusan teknik kimia? Pertanyaan seperti ini sudah sering didengar. Hal ini juga didasari dari banyaknya orang yang meragukan bahwa lulusan teknik kimia akan mendapatkan pekerjaan yang mapan dengan gaji tinggi. Fakta di lapangan memperlihatkan, bahwa gaji yang akan diterima seorang lulusan teknik kimia termasuk sangat menjanjikan. Tidak hanya itu, bahkan gaji paling rendah yang mungkin diterima berkisar di angka 3 juta. 

Serba Serbi Jurusan Teknik Kimia 

Chemical engineering atau teknik kimia merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengolahan bahan mentah menjadi produk setengah jadi atau produk jadi. Lebih mudahnya teknik kimia merancang suatu proses industri. Jurusan teknik kimia dengan kimia murni ternyata sangat berbeda. Lulusan teknik kimia akan menjadi engineering sedangkan lulusan kimia murni akan menjadi chemist. Lulusan kimia murni lebih mengarah menjadi seorang peneliti, sedangkan lulusan teknik kimia akan mengembangkan penelitian dan mengaplikasikannya dalam industri. 

Gaji Pekerjaan Lulusan Teknik Kimia 

Prospek kerja dari lulusan teknik kimia sangat terbuka lebar. Ada banyak industri baru yang hari demi hari bermunculan. Kemunculan berbagai industri ini memberikan peluang kerja untuk lulusan teknik kimia. Perlu diketahui jika gaji pekerjaan lulusan teknik kimia juga terbilang besar dan menjanjikan. 

1. Dosen 

Gaji Pekerjaan Lulusan Teknik Kimia
source: Noticiasdoreconcavo.com.br

Berapakah gaji pekerjaan lulusan teknik kimia sebagai dosen? Menjadi dosen akan mendapatkan gaji mulai dari 5 juta. Akan tetapi sebelum menjadi dosen terlebih dahulu harus melanjutkan jenjang pendidikan S2 dengan jurusan linear. Setelah lulus baru bisa mendaftar menjadi dosen di kampus negeri maupun swasta. 

2. Pegawai Negeri Sipil 

Bagi lulusan teknik kimia yang ingin memiliki masa depan yang terjamin maka bisa memilih menjadi PNS. Untuk bisa menjadi PNS tentunya harus melewati seluruh tahapan seleksi. Formasi yang dipilih juga harus sesuai jurusan teknik kimia. Gaji yang diperoleh PNS sangat bervariasi mulai dari 5 juta rupiah. 

3. Peneliti 

Lulusan teknik kimia memiliki peluang cukup besar untuk menjadi seorang peneliti. Hal ini tidak terlepas dari ilmu yang cukup banyak didapatkan selama kuliah di jurusan ini. Gaji yang diperoleh seorang peneliti cukup besar hingga mencapai puluhan juta. 

4. Research And Development 

Gaji pekerjaan lulusan teknik kimia yang bekerja sebagai bagian dari Research And Development berkisar mulai dari 3 juta. Gaji tersebut akan terus meningkat sesuai dengan pengalaman yang dimiliki dan juga kredibilitas perusahaan. Menjadi R&D bisa bekerja di suatu perusahaan. 

5. Environmental Risk Assessor 

Gaji Pekerjaan Lulusan Teknik Kimia
source: Saj.usace.army.mil
Environmental risk assessor merupakan salah satu pekerjaan yang tepat untuk lulusan teknik kimia. Tugas dari environmental risk assessor adalah memeriksa risiko yang bisa saja ditanggung oleh lingkungan akibat adanya aktivitas industri. Gaji pekerjaan lulusan teknik kimia yang bekerja pada sektor ini berkisar mulai dari 5 juta rupiah per bulan. 

6. Quality Control 

Prospek kerja lulusan teknik kimia selanjutnya adalah bekerja menjadi quality control. Biasanya quality control ini bekerja suatu perusahaan. Gaji yang diperoleh juga cukup besar yaitu mulai dari 3 juta rupiah dan akan terus meningkat. 

7. Wirausahawan 

Lulusan teknik kimia memiliki kemampuan untuk rekayasa proses dan produk industri kimia sehingga bisa menjadi pelopor inovasi dan kreasi di perindustrian Indonesia. Caranya dengan mendirikan perusahaan dan membuka lapangan pekerjaan untuk banyak orang. Penghasilan yang akan diperoleh seorang wirausahawan bisa dibilang cukup besar 

8. Guru 

Selain menjadi dosen, lulusan teknik kimia juga bisa bekerja menjadi guru. Jika menjadi guru tidak perlu melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Biasanya lulusan teknik kimia akan menjadi guru mata pelajaran kimia di SMA maupun SMK.. Gaji menjadi seorang guru mulai dari 3 juta rupiah. 

9. Industri Minyak dan Gas 

Gaji Pekerjaan Lulusan Teknik Kimia
source: talentegg.ca

Banyak lulusan teknik kimia yang memiliki mimpi untuk bekerja di perusahaan minyak dan gas. Selain karena ilmu yang dimiliki bisa diaplikasikan juga karena gaji yang didapatkan cukup tinggi, mulai 3 juta hingga belasan juta. 

10. Industri Kosmetik 

Industri kosmetik di Indonesia semakin berkembang sehingga membuka peluang kerja untuk lulusan teknik kimia. Lulusan teknik kimia sangat dibutuhkan dalam menciptakan suatu produk kecantikan. Gaji yang diperoleh jika bekerja di industri kosmetik antara 3 juta hingga 5 juta rupiah. 

Itulah informasi mengenai gaji pekerjaan lulusan teknik kimia. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan teknik kimia? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar