Beauty Diary by Rahma

Base Skincare: Pakai Skincare Sesuai Kebutuhan Kulit

Base skincare adalah sebuah brand kecantikan unik dari Indonesia dimana mereka menjual produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit pembeli. Sebelum beli, kita wajib untuk ambil "skin quiz". Ini berfungsi agar Base bisa membuatkan dan memilih bahan perawatan yang paling mendekati kecocokan kulit konsumen.

Banyak orang kesulitan untuk menemukan produk yang cocok di kulit karena kondisi kulit seseorang berbeda satu sama lain. Utamanya,  banyak orang alergi pada bahan-bahan tertentu. Wanita hamil dan menyusui pun memiliki resiko ketidakccokan yang tinggi karena pada umumnya bahan kecantikan memadukan berbagai bahan kimia yang mungkin saja berbahaya bagi janin dan bayi.

Base memberikan jalan bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam menemukan skincare yang cocok bagi keadaan kondisi kulitnya. Ada beberapa poin yang menjadi nilai jual kuat dari Base.

Kostumisasi skincare

Berkunjung ke website Base seperti berkunjung ke klinik kecantikan. Nah, lewat Base kita bisa berkonsultasi sebelum membeli produk. Bukan bisa lagi sih, tapi HARUS. Ini yang membedakan Base dengan brand lain. Kita wajib ambil tes kulit.

Tes ini mengandalkan artificial intelligence (AI) yang memiliki algorithma khusus untuk menemukan bahan "hero" apa yang cocok dengan kulit kita. Bahan "hero" adalah sebutan dari tim Base untuk bahan aktif pada sebuah produk kecantikan. 

Ketika ambil skin quiz, pertanyaan apa yang diajukan? Pertama, mereka akan menanyakan nama dan tempat tanggal lahir. Ya, sebagai perkenalan aja hehehe. Anggap saja sedang berkomunikasi dengan dokter. 

Kemudian, lanjut ke pertanyaan penting seperti: 

  1. Sedang hamil atau menyusui? 
  2. Kondisi kulit saat ini? normal, kering, berminyak, kombinasi, sensitif?
  3. Kondisi yang kamu inginkan?
  4. Apakah mengalami keadaan kulit di bawah ini?
  5. Apakah memiliki alergi terhadapa bahan berikut?
  6. dll
Nah, mirip berkonsultasi dengan dokter, kan? Setelah beres quiz, nanti kita dikasih produk yang disarankan dengan bahan "hero"nya. Kita tinggal check-out. Tim Base akan membuatkan produk yang kita pesan dan mengirimkannya ke rumah kita.

Produk premium harga terjangkau

Saat ini mereka memiliki empat produk, yaitu moisturizer, toner, cleanser dan sunscreen (paling baru). Sedikit, tapi memang itu produk penting alias essential dalam perawatan sehari-hari. 

Jadi, kalau kalian ingin kulit sehat tapi tidak pakai keempat produk itu ya astaghfirullah sekali. Maumu apa sih, munaroh? Komplain dan insecure teros, bos.

Dengan kemasan dan bahan-bahan terpilih, harga produk mereka ditawarkan mulai dari Rp70.000,- hingga Rp189.000,-. Cukup terjangkau enggak nyampe Rp300.000 per produknya.

Bahan terbaik

Produk Base buatku benar-benar mencirikan kemodernan. Selain memberikan bahan-bahan yang berkualitas tinggi, mereka juga mempertimbangkan segi "keramahan".

Pertama, mereka mengklaim produknya vegan, artinya tidak ada unsur hewani di sini. Halal dong, insyaallah. Kemudian cruelty-free juga. Mencintai lingkungan banget.

Kedua, mereka sudah menjamin keamaanan produk melalui BPOM dan juga ECOCERT. ECOCERT adalah badan sertifikasi dunia yang mengembangkan standar untuk produk kosmetik alami dan organik.

Suka banget pas baca blog artikel di website Base. Mereka enggak serta merta menuliskan klaim-klaim keunggulan produk vegan, tetapi juga mengambil rujukan jurnal penelitian mengenai bahan vegan. Keren!

Sedikit hal yang perlu ditingkatkan

Menurutku Base benar-benar mengandalkan website atau aplikasi dalam penjualan produk karena nilai jual mereka yang terletak pada proses konsultasi online dan mengandalkan teknologi AI. Oleh karena itu, mau gak mau penampilan situs mereka harus keren, pintar dan nyaman. 

Ada beberapa yang mungkin perlu mereka tingkatkan pada situs mereka.
  1. Aku minta tombol scroll boleh? kebiasaan pakai tombol scroll kanan, pas lihat di situs Base mereka enggak menyediakan. 
  2. Tingkatkan kecepatan loading halaman. hmmm atau emang internetkku lemot aja kali ya hahaha
  3. Tingkatkan sistem konsultasi untuk pemilihan produk karena ada suatu pengalaman seseorang yang mendapatkan produk tidak sesuai dengan hasil tes.
  4. Dominasi bahasa Inggris masih ada walaupun bahasa sudah diswitch ke Indonesia. Aku mah enggak masalah sih, tapi yang lain gimana? atau mungkin sudah disesuaikan dengan target pasar yang suka mix English-Indo? hahaha Jadi keingetan MEME anak-anak Jaksel.
Segitu aja yang bisa aku komentari dari brand Base skincare ini. Kasih tau pengalaman kalian kalau udah pernah coba. Soalnya, aku belum coba hehehe cuma mengomentari dari luar aja. Bye.

Tidak ada komentar

Posting Komentar