Beauty Diary by Rahma

5 Kegiatan Seru dan Asyik Isi Waktu di Bulan Puasa

kegiatan seru di bulan puasa

Marhaban ya Ramadhan!
Sebentar lagi kita akan menyambut Ramadhan, bulan yang selalu terasa Istimewa untuk umat muslim dan saudara-saudaranya. Selama sebulan penuh kita akan berpuasa sehingga biasanya kegiatan-kegiatan berat akan dihindari dan berganti dengan kegiatan ringan.

Kegiatan utama yang tentu meningkat adalah perihal ibadah. Pada momen ini, pahala amal ibadah akan berlipat. Tentu kita tidak boleh melewatkan kesempatan itu. Nah, apabila urusan beribadah telah selesai, sekali-kali boleh kita pakai waktu kosong dengan kegiatan entertainment. 

Porsi kegiatan hiburan baiknya dilakukan 2-3 jam per hari. 1-2 jam di pagi menuju siang dan 1 jam di sore hari atau istilahnya ngabuburit. Yuk, simak 5 kegiatan seru dan asyik untuk mengisi waktu di bulan puasa.

1. Bermain game

Ini menjadi kegiatan terpopuler bagi banyak orang terutama anak-anak dan remaja. Bermain game bisa mengalihkan fokus anak pada haus dan lapar saat berpuasa. Karena saat ini masih bergelut dengan pandemik, sebaiknya bermain game di rumah saja, ya.

Beberapa game mainstream yang seru di antaranya PUBG, Free Fire dan Mobile Legend. Jika permainan tadi malah meningkatkan emosi, bisa mencoba game horor Android yang lebih menguji adrenalin. Banyak-banyak istighfar kan jadinya hehehe.

2. Menonton drama Korea

Nah, ini nih kegiatan hiburan favorite remaja dan dewasa muda. Tidak seperti sinetron kebanyakan yang memiliki durasi tayang berjam-jam, biasanya drama Korea memiliki durasi 30 hingga 1 jam saja per episodenya.

Satu hari satu episode rasanya cukup. Mengapa tidak sekaligus ditonton? Untuk memunculkan rasa penasaran sehingga episode selanjutnya akan terasa lebih berkesan. Eits, usahakan nonton drama Korea yang family-oriented, ya.

Enggak harus drama terbaru. Bisa juga menonton kembali drama-drama yang hits pada masanya. Tujuan intinya sih hanya untuk isi waktu saja kan?!

Berikut beberapa rekomendasi drama Korea tanpa adegan romantis yang aku dapat dari situs lain: Class of Lies, Terius Behind Me, Chief Kim, School 2015: Who Are You?, Mirror of the Witch, Revenge Note, dan Save Me.

3. Membaca buku

Kegiatan satu ini selain menghibur juga bisa meningkatkan literasi kita. Manfaatnya akan bertambah sesuai dengan jenis buku yang kita baca. Yuk, baca buku-buku yang menghibur sekaligus bermanfaat seperti novel dengan cerita syarat dengan nasehat.

Pilihan lain yang aku rekomendasikan selain membaca novel adalah membaca buku biografi,  artikel pendidikan, serta pengetahuan umum. Bacaan yang PERLU dihindari tentu adalah bacaan yang menstimulasi nafsu negatif seperti artikel gosip hahaha. 

Tahan ghibahnya kawan-kawan! Jaga mulut, hati dan jari saat berkomentar. Banyakin doa.

4. Menonton film streaming

Semenjak pandemik aplikasi hiburan Android memang semakin banyak digandrungi, apalagi aplikasi streaming film, seperti YouTube Kids, Disney+ Hotstar, Netflix, dan iFlix. Selain bisa menghemat memori penyimpanan, kegiatan aplikasi streaming juga selalu menampilkan film-film terbaru dan terpopuler.

Ini sih sudah paket lengkap. Ada drama hingga film. Ada film Asia hingga Barat. Film lawas atau film baru. Kita tinggal pilih saja yang mau kita tonton. 

Kalau aku sih sukanya streaming anime. Sayang sih anime favorite lagi berhenti tayang hiks hiks.

5. Olahraga ringan

Berbeda dengan empat kegiatan sebelumnya yang cenderung membuat raga kita pasif bergerak, Berolahraga juga menghibur loh apalagi kalau dilakukan berkelompok. Jangan khawatir kelelahan. 

Tentu ada beberapa jenis olahraga atau mungkin lebih tepatnya latihan fisik ringan yang tidak membuat kita kelelahan walaupun sedang berpuasa.

Beberapa contoh olahraga ringan di antaranya berjalan, jogging, sepeda, yoga, tai-chi, sit up/push up, bahkan naik-turun tangga juga termasuk olahraga.

Waktu yang dianjurkan untuk berolahraga saat berpuasa adalah sekitar 30 menit sebelum sahur, setelah buka puasa, atau setelah isya. Hati-hati nih. Kalau ingin berolahraga setelah buka puasa, makannya jangan terlalu banyak. 

Jika terlanjur kekenyangan saat berbuka pindahkan jadwal olahraga ke setelah isya atau sebelum sahur. Memang segala hal yang berlebihan itu tidak baik. Berpengalaman banget setelah berbuka puasa ingin muntah. Kalap segala makanan dilahap.

Waktu-waktu yang disarankan adalah durasi dimana kita sedang tidak berpuasa yaitu malam hari atau subuh dimana matahari belum muncul. Akan tetapi, saat berpuasa pun kita masih bisa berkegiatan misal menjelang buka puasa atau saat pagi hari.

Bulan puasa bisa juga menjadi waktu tepat berdiet. Dulu banget aku juga pernah "diet" hahah. Melakukan sit up & push up  5 kali aja setiap subuh dan 5 menit menjelang buka puasa. Saat berbuka porsi makan tetap dikurangi. Hasilnya, berat badan menurun, badan menjadi lebih ringan bergerak.

Nah, itu lah beberapa kegiatan seru dan asyik untuk mengisi waktu di bulan puasa. Selamat berpuasa ya teman-teman. Semoga ibadah kita senantiasa dilancarkan.

Tidak ada komentar

Posting Komentar