Beauty Diary by Rahma

Kesan Pakai Masker Kunyit DIY

Maskerku lagi kosong dan Bapak kemarin membawa kunyit dari kebun dalam jumlah yang lumayan banyak. Aku akhirnya berinisiatif untuk membuat masker kunyit sendiri.

Masker kunyit memiliki banyak manfaat mulai dari anti bakteri dan juga anti peradangan. Nah, cocok nih buat kulit berjerawat.

Kalau enggak sedang berjerawat, kunyit pun bisa mencerahkan kulit loh. Oia, gak usah khawatir warna kulit berubah.  

Gak perlu khawatir warna kulit jadi kuning karena ada beberapa tambahan bahan yang bisa mengurangi efek kuning dari kunyit. Semua bahan yang aku pakai sangat mudah untuk ditemukan di sekitar. 

Cara membuat masker kunyit

Nah, aku jelasin dulu caraku membuat masker kunyit alami ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Kunyit bubuk
Susu bubuk
Madu
Air secukupnya

Pertama, aku menyiapkan kunyit bubuk. Kunyit bubuk ini aku buat sendiri di rumah. Proses membuat kunyit bubuk bisa ditonton di Yt. 

Kalau kalian males bikin kunyit bubuk, beli saja bentuk instan dalam kemasan biar tekstur maskernya juga lebih halus. Murah kok. Pastikan yang 100% kunyit. 

Selanjutnya, campurkan 1 sendok kunyit bubuk, 1,5 sendok susu bubuk, 1 sendok madu. Tambahkan air sedikit-sedikit dan aduk rata hingga bertekstur pasta. Enggak cair, supaya bisa menempel dengan baik di kulit. 

Setelah itu, pakaikan di kulit wajah. Tunggu sekitar 15 menit. Baru aku cuci. 

Setelah dicuci warna kunyit tidak menempel. Itu karena susu bubuk mengurangi warna kuningnya. 

Dengan takaran yang aku tulis di atas, maskernya bisa untuk dua kali pakai. Aku simpan sisanya di pot. Kalau masker mengeras aku tambah air beberapa tetes. 

Kesan memakai masker kunyit

Jujur ya, memakai masker kunyit buatan kaya gini sama aja seperti saat pakai masker mahal yang harganya puluh ribu hingga ratus ribuan. 

Saat dipakai, sensasi yang aku dapat dari masker kunyit ini adalah kulit terasa dingin. Adem gitu. Bagus banget untuk meredakan kulit berjerawat yang merah atau radang. 

Setelah aku cuci, alhamdulillah kulit aku enggak kuning-kuning. Terasa jauh lebih lembut dan segar aja. 

Dengan intensitas pemakaian 2-3x seminggu, ada perubahan struktur kulit yang terasa yaitu kulit lebih lembut, kenyal, dan lembab. 

Efek mencerahkan dan bersih juga nampak. Termasuk pada tanganku.... :') 

Beberapa hari ini harus mengurus kunyit sebagai campuran jamu untuk ibu yang sakit. Tanganku berwarna kuning berhari-hari. Gak bisa sehari hilang karena hari berikutnya aku harus mengolah lagi dan lagi. 

Sampai akhirnya aku bikin kunyit bubuk sebagai stock dan warna kunyit di kulit hilang sendiri. Eh setelah warnanya hilang, tangan malah terlihat bersih dan cerah. Makin bersemangat maskeran nih hahaha

Aku rekomendasikan DIY masker kunyit ini di rumah. Enggak ada alasan gak punya banyak uang untuk perawaran kulit. Yang ada cuma malas aja hahaha

Sebagai ringkasan, berikut manfaat dari masker kunyit yang aku rasakan:
1. Melembabkan 
2. Mencerahkan 
3. Mengenyalkan/melembutkan
4. Mendinginkan

Masker kunyit bisa dipakai untuk mengatasi kulit kusam, berjerawat, atau kering. 

Selamat mencoba. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar