Beauty Diary by Rahma

Banjir Melanda, Ini Tips Mengendarai Mobil yang Aman


Baru saja melewati banjir dengan mobil kesayangan? Anda sebaiknya langsung cek kesehatan kendaraan di bengkel Sejahtera Sumberbaru Trada. Pengecekan ini harus rutin dilakukan agar Anda tahu apakah terjadi kerusakan. 

Bagi Anda yang tinggal di area banjir perlu lebih waspada lagi ketika menerjang genangan air yang cukup dalam. Meskipun pengecekan sudah rutin dilakukan, tapi cara berkendara juga perlu diperhatikan. 

Bukan hanya soal menjaga keamanan mesin tetapi juga pengendara dan penumpang. Pasalnya berkendara saat banjir yang salah bisa mengakibatkan kecelakaan. 

Tips Mengendarai Mobil dengan Aman saat Banjir 

Tinggal di wilayah ibukota yang sering dilanda banjir membuat Anda waspada akan banyak hal. Mulai dari waspada akan penyakit, rutin membersihkan rumah setelah banjir dan juga berkendara. 

Pada saat hujan deras Anda perlu ekstra hati-hati saat mengemudikan motor maupun mobil, khususnya ketika melewati area yang banjir. Beberapa tips berikut akan sangat membantu Anda mengendarai dengan cara yang lebih aman. 

1. Memilih Jalur Alternatif 

Kamu harus mengetahui jalur mana saja yang bisa dilalui untuk bisa pulang ke rumah atau tujuan kantor dan yang lainnya. Mengenali jalur alternatif ini sangat membantu supaya Anda bisa melewatinya ketika banjir datang. 

Pilihlah jalur yang tidak banjir atau setidaknya genangan air tidak sampai menutupi knalpot mobil. Jangan menerobos area banjir yang cukup tinggi, karena air yang masuk ke knalpot nantinya bisa merusak ruang pembakaran. 

2. Berkendara dengan Kecepatan Rendah

Anda mungkin saja buru-buru ingin pulang karena sudah lelah di kantor tapi harus melewati area banjir. Perlu diingat ketika melewati genangan air, jangan sekali-kali mengebut karena bisa menimbulkan mobil tergelincir. 

Jalanan cukup licin sehingga langkah amannya adalah berkendara dengan kecepatan rendah. Meskipun jalanan tidak padat tapi Anda tetap harus sabar dan berhati-hati. Belum lagi jika ditambah hujan lebat akan mengurangi jarak pandang. 

3. Jangan Berhenti di Tengah Banjir

Selain memperlambat kecepatan ketika melewati area banjir, Anda juga tidak boleh berhenti ketika melaluinya. Sebaiknya jika tidak menemukan jalur alternatif, Anda berhenti dan menunggu sampai banjir lumayan surut. 

Berhenti di tengah-tengah banjir justru akan mempercepat air masuk ke dalam ruang bakar. Nantinya Anda harus memperbaiki lebih banyak bagian mesin dan biaya yang dikeluarkan cukup banyak. 

4. Jangan Menginjak Gas Terlalu Dalam

Hindari menginjak gas terlalu dalam dalam waktu yang lama. Anda yang berperilaku terlalu agresif membuat filter udara justru bekerja dengan tinggi menyedot udara. Jadi bukan hanya udara saja yang masuk tetapi juga air. 

Hal ini membuat potensi air yang terhisap justru lebih tinggi ke dalam mesin mobil.  Bisa-bisa mobil Anda langsung mogok ketika melalui area banjir. 

5. Tetap Berjalan Perlahan setelah Melewati Banjir

Kebanyakan pengendara langsung menancapkan gas dalam-dalam usai melalui genangan air karena banjir. Hindari melakukannya karena rem masih dalam kondisi licin dan bisa membuat Anda menabrak kendaraan di depan. 

Sebaiknya setelah melewati banjir Anda bisa berjalan pelan sambil mengerem kecil beberapa kali. Lakukan sampai rem bisa mengangkat kembali dengan baik, baru Anda menambahkan kecepatan. 

6. Hindari Menginjak Kopling

Bagi Anda yang mengendarai mobil manual, supaya air tidak masuk ke transmisi, caranya adalah tidak menginjak kopling. Hal ini bisa dilakukan hanya melewati genangan air saja. Jadi Anda bisa  mengemudikan dengan gigi 1 saja saat melewati banjir. 

Efeknya adalah mobil akan berjalan lebih pelan dan beban juga lebih ringan sehingga air tidak akan masuk ke bagian transmisi. Sebab jika air masuk maka akan merusak sistem transmisi. 

7. Tidak Perlu Menggunakan Safety Belt

Safety belt memang pengaman penumpang tapi ketika banjir akan lebih aman jika Anda tidak menggunakannya. Selain itu bukalah kaca mobil untuk mempercepat jika Anda harus segera melakukan evakuasi. 

mIsalnya saja arus banjir yang terlalu tinggi membuat Anda akan sulit mengendalikan mobil. Atau terjadi bencana lainnya sehingga evakuasi perlu dilakukan. 

Lebih aman jika Anda menunggu hujan reda baru melanjutkan perjalanan. Jangan lupa usai melewati banjir Anda bisa lanjung mengecek kondisi kendaraan dengan service langsung di bengkel resmi Suzuki. 

Bagi Anda yang tinggal di area Jakarta, Banten dan Jawa Barat bisa mengunjungi dealer berikut ini:
1. Dealer Sejahtera Sumberbaru Trada, https://suzukidealerkalimalang.id/
2. Dealer Sejahtera Armada Trada, https://suzukimargondadepok.co.id/
3. Dealer SBAM Jakarta, https://suzukisbam.co.id/
4. Dealer Duta Cendana Adimandiri, https://suzukidutacendana.co.id/
5. Dealer Dwiperkasa Mobiltama, https://suzukidwiperkasa.co.id/
6. Dealer Armada Perkasa Mobilindo, https://suzukiarmada.co.id/
7. Dealer Handijaya Buana Trada, https://suzukigunungsahari.co.id/
8. Dealer Sejahtera Buana Trada, https://suzukitrada.co.id/
9. Dealer Indomobil Multi Trada, https://indomobilsuzukidealer.co.id/ 

Anda bisa mengakses situs dari masing-masing bengkel Suzuki ini untuk melakukan booking service. Jadi tidak perlu mengantri lagi untuk service.  



Tidak ada komentar

Posting Komentar