Mencoba Hair Mask ala Orang India


Akhir-akhir ini aku sedang mencari ramuan hair mask homemade untuk merawat rambut. Rambut sudah mulai melintasi punggung. Suka was-was dengan kerontokan dan kekeringan. Maka dari itu, selain pakai shampoo, ada beberapa treatment tambahan yang aku pakai seperti hair mask dan serum/tonic/vitamin.

Dulu juga aku pernah pakai hair mask Biolage Smoothproof dari Matrix plus serumnya yang warna kuning. Rambut memang jadi lembut, lumayan tahan 2-3 hari. Untuk sekarang aku enggak lanjut beli karena efeknya membuat rambut seperti rambut bayi. Helaian rambut tipis gitu apalagi serumnya. Bisa baca deh ulasannya di blog ini. 

Aku ingin rambut panjang yang hitam dan berkilau. Ini memang gak bisa instan. Harus telaten banget. 

Banyak produk-produk yang bagus sih dan mereka mengklaim bisa memberikan hasil yang baik dalam waktu relatif cepat. Sayangnya aku gak sanggup beli hahaha mahal. Sayang aja, soalnya rambutku enggak rusak ataupun punya masalah serius. Jadi kalau keluar duit banyak buat perawatan rambut tambahan kayaknya gak sepadan. 

Apalagi kalau perawatan ke salon. Paling juga mentok creambath sama hair spa. Ya udah sih mending perawatan di rumah aja kan. Lebih hemat. 

Karena aku pernah coba hair mask di pasaran, aku lantas ingin mencoba hair mask homemade. Nah, pas mencari resep hair mask untuk rambut panjang yang hitam berkilau di Youtube, yang muncul di page teratas itu kebanyakan dari youtuber INDIA. Setelah aku lihat satu-satu, resep dasarnya sama.

TELUR DAN YOGHURT 

Iyes, dua bahan itu! Aku merasa aneh, "serius nih telur? Bau dong". Kalau dipikir-pikir kan emang sering lihat ya di film-film India, rata-rata perempuannya punya rambut panjang yang hitam dan lebat. Cukup meyakinkan. 

Resep itu juga yang ternyata direkomendasikan oleh Priyanka Chopra saat diwawancarai oleh Vogue. Saat dia berbagi beauty hack untuk rambut, dia membuat hair mask alami dari 1 telur, full fat yoghurt, dan 1 sendok madu. Khas India banget deh. Olahan susu sapi.

Aku baca komentar-komentar orang India di sana dan bilang, "we definitely do it here". Sepertinya, di sana emang udah biasa aja gitu pakai yoghurt sama telur buat rambut.

Singkat cerita aku mencoba hair mask homemade ala india itu tiga hari yang lalu, walaupun aku gak pakai full fat yoghurt. Adanya cimory squeeze plain wkwkwk 🤣 

Biarin lah ya pakai yoghurt bergula. Gak berbahaya buat rambut kan. Cuma kurang pas aja. Next time akan aku coba pakai yoghurt asli tanpa gula.

Jadinya aku cuma pakai telur, yoghurt, dan minyak zaitun. Minyak zaitunnya juga gak murni. Senemunya di toko. Tiga bahan itu aku campur dengan: telur 1, yoghurt 2 sendok sesuaikan dengan panjang rambut, dan minyak-minyakan atau vitamin secukupnya. 

Pakaikan campuran hari mask ke rambut yang bersih. Diamkan selama 30 menit baru dibilas dengan air hangat (mengikuti saran dari mbak Priyanka hehe). 

Hasilnya enggak mengecewakan. Aku juga takjub sih. Kan tiap keramas atau dalam kondisi basah pasti banyak rambut berjatuhan. Nah, kali ini enggak ada. Paling aku nemu sekitar 3 helai. Amazing kan? 

Setelah keramas aku keringkan dengan kipas angin. Gak ada hairdryer, gaes, dan emang aku enggak tertarik sih. Diangin-angin sejuk lebih oke. 

Apakah rambut langsung seperti rambut orang India yang tebal hitam berkilau? Enggak atuh. Semua butuh proses, tapi efek instan yang aku dapat rambut lebih lembut dan berkilau. 

11 12 aja seperti setelah hair spa di salon yang 200ribuan. Malahan, efeknya lebih baik dalam mengurangi kerontokan, memberikan efek kilau yang lebih bagus, dan agak tahan lebih lama sih. Kan aku hair mask di hari Senin dan sekarang hari Kamis masih terasa efeknya, masih lembut dan segar.

Fyi, aku pakai kerudung dengan jenis kulit kepala normal - kering, jadi enggak gampang kotor atau 'gerah'. 

Btw bau telurnya enggak terlalu tercium karena ketutup yoghurt dan minyak zaitun. Sepertinya boleh dicampur minyak lain lagi biar tambah bagus dan mengurangi bau telur. Pinginnya sih sama argan oil. Lihat produk-produk serum rambut yang mahal dan mereka sering mencantumkan argan oil di dalamnya. Mupeng. 

Kita cicil bahan-bahannya ya, gaes.

Selain meramu hair mask sendiri. Aku rencananya mau coba ACL hair mask. Murah banget tau! Cuma 16ribu. Gila gak sih? 

Aku baca, ACL itu suatu perusahaan maklon salon. Mereka membuat produk-produk grosiran untuk keperluan salon, jadi harganya murah. 

Ada satu lagi deh yang ke depannya akan aku coba, L'oreal Myhtic oil. Banyak banget nih yang pakai. Teteh ku baru beli kemarin-kemarin dan katanya memang bikin rambut lembut beberapa saat. Seperti serum-serum kebanyakan dong?! 

Karena aku udah pernah coba serum Biolage, jadi sepertinya nanti aku bakal menulis perbandingan aja deh. Lebih enak mana antara Biolage dan L'oreal.

Sekian curhatannya, semoga bisa membantu kalian yang ingin mulai membuat hair mask di rumah. 

See you. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar