Mata Kuliah S2 Pendidikan Bahasa Inggris UPI

Berhubung banyak yang tanya, aku share mata kuliah S2 Pendidikan Bahasa Inggris UPI di sini ya. Ini daftar matkul tahun 2017 dulu. Mungkin ada perubahan sekarang, tapi setidaknya bisa memberikan gambaran untuk perencanaan kuliah nanti.

Mudah-mudahan gambar daftar mata kuliah S2 Pendidikan Bahasa Inggris di bawah ini tidak pecah. 

Secara garis besar, ada tiga jenis matkul, yaitu matkul matrikuliasi, wajib, dan pilihan.

1. Matrikuliasi adalah mata kuliah yang wajib diambil oleh mereka yang tidak memiliki gelar linier. Misalnya, kalian sebelumnya menempuh  S1 pendidikan bahasa Jerman kemudian lanjut S2 pendidikan bahasa Inggris. Nah, wajib untuk ambil matkul matrikulasi ini. Enggak harus langsung diambil semua. Dicicil aja tiap semester.

2. Mata kuliah wajib adalah mata kuliah yang wajib diambil oleh semua mahasiswa tanpa terkecuali. Rata-rata memiliki bobot 3 sks. Oleh karena itu, matkul ini menjadi prioritas utama. Usahakan untuk mendapatkan nilai "bagus sekali" di matkul wajib. 

3. Mata kuliah pilihan, ya sesuai dengan namanya. Pilihan. Mahasiswa bebas memilih matkul pilihan. Ini semacam matkul pelengkap untuk memenuhi persyaratan jumlah SKS untuk lulus nanti. Bisa juga dikatakan matkul "spesialisasi" / konsentrasi. Misalnya, kalian senang dengan translation, ambil matkul yang berkaitan dengan itu atau mungkin kalian tertarik dengan penelitian kuantitatif, maka nanti ambil saja matkul pilihan yang berkaitan dengan "penelitian kuantitatif". Bobotnya hanya 2 sks, sehingga tergolong matkul ringan. Tetapi, tetep ya kalau soal proses belajarnya mudah atau sulit sangat bergantung pada banyak faktor salah satunya dosen wkwkwk 

Mana aja nih yang harus dipilih semester 1?
Tiap semester ada maksimal sks yang bisa diambil. Dulu batas maksimalnya 15 sks per semester dan mata kuliah wajib semester 1 sudah dipilihkan oleh prodi. Jadi, aku tinggal memilih matkul pilihan saja.

Nah, kalau adik-adik tingkatku katanya begitu masuk, pemilihan matkul langsung diserahkan pada mahasiswanya. Enggak dipilihkan prodi. Kalau demikian, berarti harus berkonsultasi dengan dosen pembimbing akademik atau ke kakak tingkat di atasnya hehe. 

Seingatku dulu matkul wajib di semester 1 tuh ada 2 atau 3 ya? Tiga deh kalau ga salah, EFL methodology, Filsafat Ilmu sama satu lagi apa ya lupa lagi hehe. Yang jelas ada sisa sks untuk 2-3 matkul pilihan. Aku ambil 2 matkul pilihan. Jadi total 13 sks. 

Apakah harus tiap semester 15 sks full? Pertanyaan ini bikin greget tau hehehe kan tulisannya "maksimal 15 sks" it means kita tidak diharuskan ambil secara full. Kadang cuma 13 atau 14 sks. 

Jumlah sks tiap semester yang diambil disesuaikan dengan rencana dan kemampuan kalian ASAL MEMENUHI total SKS untuk pengambilan matkul thesis di semester 3 atau 4 nanti sebagai syarat lulus. 

Berapa total SKS untuk bisa ambil matkul thesis nanti? 40? 50? Jawabannya ada di buku pedoman mahasiswa! Awal menjadi mahasiswa baru akan ada namanya "pra-perkuliahan" alias ospeknya pascasarjana. Kita dikasih tau alur perkuliahan hingga lulus, persyaratan umum untuk lulus, termasuk buku pedoman yang diarahkan oleh prodi masing-masing.

Bukunya bisa didownload di internet kok, "buku pedoman mahasiswa UPI". Cek aja bagian pascasarjana atau master/magister. 

Kenapa aku gak kasih tau sekarang aja total sksnya? Ya aku males aja download bukunya. Sekali-kali maba aktif mencari dan membaca dong. Jangan disuapin informasi terus hehehe

Udah ya segitu aja yang bisa aku share mengenai mata kuliah S2 Pendidikan Bahasa Inggris UPI. Mohon tidak menanyakan aku udah lulus atau belum. Sensi. Ya, segitu aja udah tau jawabannya. Haha

Good luck. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar