Review Remington S3500, Catokan Pertama!


Aku baru saja membeli Remington S3500 yang merupakan catokan pertamaku. Awalnya gak tertarik untuk beli alat styling rambut karena aku berkerudung. Buat apa coba "dipercantik"? Yang penting sehat. Titik.

Lama-lama, tertarik juga untuk beli hair straightener atau catokan. Aku ingin rambut terlihat lebih lurus gitu. Trus aku juga lihat rambut orang-orang tuh jadi nampak rapih dan "hidup" setelah dicatok. Akhirnya, aku putuskan beli catokan.

Untuk dunia per-rambut-an aku agak blank. Setelah membanding-bandingkan dan baca sana-sini mengenai berbagai merk catokan, aku jatuh hati pada Remington S3500 dengan harga 560ribuan.

Agak galau juga antara Remington sama Philips yang harganya lebih murah 100ribuan. Tapi, dari banyak video dan review yang aku lihat, Remington selalu menang di hasil akhir. Rambut lebih berkilau dan lebih bagus dilihat.

Fitur unggulan dari Remington S3500
1. Pengaturan suhu 150 - 230 derajat Celsius 
2. Plat keramik untuk panas merata 
3. Panas dalam 30 detik
4. Kabel berputar 360 derajat
5. Pengunci
6. Free sarung

Masalah suhu

Jangkauan suhu yang ditawarkan sangat bagus. Aku sendiri mengusahakan untuk punya catokan sampai 230 derajat karena katanya suhu tersebut ideal untuk smoothing. Ya, siapa tau ada yang ingin smoothing masih layak banget untuk dipakai. 

Kekurangannya, Remington S3500 tidak memberikan tanda untuk suhu di antara 150-230 itu. Yups, mereka hanya memberikan tanda di suhu terendah dan tertinggi saja. Jadi, kita harus mengira-ngira saat ingin mengatur suhu di 180 atau 200 derajat. 

Plat 

Plat keramik merupakan bahan yang bagus. Murah dan membuat panas merata. Katanya juga, mengurangi atau bahkan menghilangkan bau gosong saat proses mencatok. 

Aku gak tau setajam apa bau gosong yang sering orang-orang alami saat mencatok. Aku mencium bau gosong juga saat proses catokan, tapi baunya enggak begitu mengganggu kok.

Plat di Remington S3500 bukan sekedar ceramic-coated. Ada juga kan catokan yang sebatas coated alias dilapisi keramik aja. Kalau ini terlihat full keramik. 

Plat keramik juga diklaim memudahkan proses penarikan rambut. Plat Remington ini juga terasa licin. Aku lihat di komentar ulasannya, ada sedikit orang yang mengeluhkan rasa kesat saat menarik rambut mereka, tapi aku tidak mengalami hal itu. 

Selanjutnya, ini enggak tau kekurangan atau memang hal yang lumrah pada catokan. Bisa dilihat di gambar. Dalam keadaan terkunci, bagian pangkal plat lebih renggang. Jadi, harus mengeluarkan "tenaga" saat mencatok dengan menekan bagian pangkal plat yang renggang itu. 

Pantas saja. Pas awal nyatok, rambut banyak yang keluar-keluar dari plat. Kalau ingin hasil bagus apalagi curly kita mesti agak menekan bagian pangkal plat. Enggak terlalu panas kok. Bagian panas cuma di area atas plat aja. Nanti pengangnya bisa bagian pangkal plat yang dekat tombol pengaturan suhu atau ujung catokan.

Cepat panas

Remington mengklaim catokannya cepat panas dalam waktu 30 detik saja dan aku setuju banget kalau Remington S3500 sangat cepat panas. Sembari mengoleskan heat protection ke rambut, catokan sudah siap dipakai. 

Tanda catokan siap dipakai adalah ketika tombol on-off nya tidak berkedip. Setiap kita menaikan suhu dia butuh waktu lagi untuk meningkatkan suhu. Tenang aja. Gak akan lama kok. 

Hasil catokan

Aduh... Aku belum pro, gaes. Lihat di video-video kok orang gampang banget bikin rambut cantik kek artis-artis. Mohon maaf, yang bisa aku ceritakan adalah hasil catokan dari pandangan seorang pemula ya.

Ternyata, ketika dicatok, rambut itu menjadi lebih lepek, lurus, lebih lembut juga dan mudah diatur. Rambut tuh seperti lebih hidup aja ketika dikibas-kibaskan. Semua efeknya muncul di tarikan pertama saja. Mungkin rambut aku juga gak begitu "nakal" jadi lebih cepat diluruskan. 

Kilauan rambut sendiri tergantung dari kesehatan rambut dan serum rambut deh. Selama ini aku selalu pakai serum rambut dulu sebelum catokan dan hasilnya memang membuat rambut berkilau.

Sayang, aku ngerasa kasian sama rambut pas dicatok. Kaya ada suara rambut kebakar gitu. Trus keluar juga uap-asap. Walaupun rambut terlihat lebih bagus, itu hanya bertahan beberapa saat saja. Menurutku enggak sepadan dengan "penderitaan" yang harus rambut lalui. 

Belum lagi beberapa jam setelahnya aku merasa ujung rambut menjadi lebih kasar. Fyuuuh... Sepertinya catokan ini akan sering nganggur deh wkwkwk. Hair styling is not good for me.

Lainnya

Kabel yang berputar 360 derajat udah lumrah banget di catokan. Enggak aneh. Mungkin adanya fitur lock atau kunci plat lebih menarik. Memudahkan proses penyimpanan dan keamanan. 

Dalam kemasan, kita sudah diberikan sarung juga. Bagus nih. Terima kasih Remington. 

Apalagi ya? Mmmmm bobot catokan ringan dan nyaman dipakai. Bahan luar catokan yang berwarna hitam terbuat dari plastik ringan. Kalau diketuk akan terdengar suara agak nyaring. Terdengar murah wkwkwk 🤣 

Ukuran catokan bisa menjadi pertimbangan untuk kalian yang punya tangan mungil kayak aku. Catokan Remington S3500 terbilang langsing. Enggak susah untuk digerakan.

Aku ringkas dulu review catokan Remington S3500 ini. 

✅Jangkauan suhu yang baik 150-230 derajat
✅Bobot ringan dan ukuran ramah di tangan
✅Cepat panas dan merata
✅Minim bau gosong
✅Mudah disimpan dan aman berkat fitur lock

❗Tidak bisa mengatur suhu presisi selain di 150 dan 230 derajat. 
❗Bagian pangkal plat renggang, sengaja mungkin? 😅

Sekian... Semoga ulasanku membantu kalian yang hendak beli catokan Remington S3500. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar