Ini Alasan Mengapa Penting Memiliki Asuransi Jiwa

Seiring dengan berjalannya waktu, program asuransi yang hadir di Indonesia kini terus mengalami perkembangan. Bahkan, saat ini banyak masyarakat yang membeli asuransi sesuai kebutuhannya. Sebut saja seperti asuransi jiwa yang dapat memberikan jaminan perlindungan bagi diri seseorang di masa mendatang maupun orang – orang terdekat di sekitarnya. Untuk itu, tidak heran jika asuransi ini dikatakan sangat penting untuk dimiliki seseorang agar memberikan manfaat di masa depan nantinya.  

Pengertian asuransi jiwa

Secara umum, asuransi jiwa merupakan suatu layanan yang memberikan jaminan perlindungan terhadap dampak kerugian finansial atau hilangnya pendapatan seseorang ataupun keluarga lantaran adanya kematian pihak tertanggung yang memang sebelumnya dikatakan sebagai tulang punggung bagi keluarga tersebut. Dengan menggunakan asuransi ini, maka seseorang akan memperoleh uang pertanggungan dari pihak asuransi untuk nantinya bisa digunakan dalam membiayai kehidupan sehari – hari. Menariknya lagi, asuransi ini juga bisa Anda pakai untuk membayar seluruh pembiayaan pendidikan maupun untuk membayar cicilan. 

Macam – macam asuransi jiwa di Indonesia

Terdapat empat jenis asuransi jiwa yang umumnya bisa Anda beli sesuai dengan kebutuhan antara lain sebagai berikut :

● Asuransi Jiwa Berjangka

Yakni asuransi perlindungan yang diberikan sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan yakni mulai dari 5 sampai dengan 30 tahun bagi ahli waris untuk bisa memperoleh uang pertanggungan ketika nasabah dikatakan telah meninggal dunia. Adapun di produk asuransi ini juga tersedia tambahan biaya pertanggungan seperti misalnya biaya santunan cacat fisik, biaya bebas premi dan lain - lain.

● Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Yakni jaminan perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi seumur hidup dengan batas tinggi yakni sekitar 100 tahun. Hal yang menarik dari asuransi ini yakni biasanya akan didampingkan dengan dana pensiun. Dengan begitu, maka nasabah dapat mempersiapkan masa tua dengan baik. 

● Asuransi Jiwa Unik Link

Bagi Anda yang membutuhkan asuransi jiwa untuk bisa berinvestasi, maka bisa memilih Unit Link yang satu ini. Dimana, premi yang dibayarkan ke perusahaan nantinya tidak semuanya digunakan untuk membayar investasi. Namun, akan diinvestasikan ke dalam berbagai aset seperti saham, deposito dan lain – lain.   

● Asuransi Jiwa Dwiguna 

Meski terdengar asing, akan tetapi asuransi yang satu ini ternyata merupakan produk asuransi yang hadir dengan memberi manfaat tambahan tabungan. Dimana, sebagian premi nasabah nantinya akan masuk ke pos tabungan sementara sisanya lagi akan dipakai untuk manfaat perlindungan. Sementara di masa polis terakhir nantinya, pihak keluarga nasabah akan memperoleh tabungan dan biaya pertanggungan. 

Kenapa memiliki asuransi jiwa menjadi hal penting? 

Sama halnya seperti asuransi kesehatan, bagi Anda di rumah juga penting untuk memiliki asuransi jiwa yang satu ini. Sebab, asuransi ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi nasabah / pengguna di antaranya yakni sebagai berikut :

● Mampu dijadikan sebagai biaya menopang keuangan keluarga

Apabila nasabah dikatakan menjadi tulang punggung keluarga, maka asuransi jiwa ini akan sangat berguna di masa depan. Sebab, perusahaan asuransi nantinya akan memberikan uang pertanggungan kepada ahli waris / keluarga jika nasabah tersebut telah pergi dari dunia ini lantaran kecelakaan atau hal lain. 

● Dapat dipakai untuk melunasi utang

Jika nasabah memiliki utang kartu kredit, maka biaya tersebut dapat ditanggung dari premi yang selama dini dibayarkan ke perusahaan asuransi. Meski demikian, perlu Anda ketahui bahwa lunas tidaknya utang biasanya tergantung dari besarnya premi yang dulunya dibayarkan oleh pihak nasabah setiap bulannya. 

● Mampu mengatasi masalah ketergantungan finansial

Sebagai tulang punggung keluarga, seorang nasabah tentunya tidak hanya membiayai kebutuhan diri sendiri akan tetapi juga kebutuhan keluarga, bukan? Bisa dibayangkan, bagaimana jika nasabah tersebut sudah tiada? Untuk itu, asuransi jiwa ini bisa menjadi pilihan terbaik dalam mengatasi ketergantungan finansial keluarga nantinya.

● Dapat dijadikan sebagai simpanan jangka panjang

Meskipun nasabah umumnya tidak bisa merasakan manfaat dari asuransi jiwa ini secara langsung, akan tetapi setidaknya keluarga bisa menggunakan asuransi tersebut untuk memenuhi semua kebutuhan pasca ditinggal oleh pihak nasabah tersebut. Sehingga, semua biaya kebutuhan hidup maupun untuk biaya membayar pendidikan bisa diatasi dengan mudah.

Dari beberapa manfaat pentingnya memiliki asuransi jiwa di atas, Anda kini bisa membeli produk asuransi tersebut di pihak asuransi terbaik seperti di Lifepal dengan harga yang terjangkau. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar