Beauty Diary by Rahma

Trend Gagal Glow up dengan Ms Glow

Hi, kita bahas MS Glow yuks. Tulisan ini tidak bermaksud menjatuhkan suatu brand. Ini murni untuk mendeskripsikan dan menjelaskan suatu isu karena akhir-akhir ini FYP ku mulai dihiasi oleh orang-orang yang speak up tentang pengalaman buruk dengan MS Glow.

Sebelum melihat pengalaman buruk beberapa pemakai MS Glow, sangat dianjurkan untuk berkenalan dulu dengan brand ini.

1. Siapa owner MS Glow? 

Owner atau pendiri MS Glow adalah (Kadek) Maharani Kemala dan Shandy Purnamasari. Nama keduanya disingkat, MS, dan menjadi nama brand kecantikan mereka yang mulai hadir dari tahun 2013 di Malang. 

Berdasarkan official website, https://www.msglowid.com/, MSGLOW sendiri merupakan moto dari produk mereka yakni, Magic for Skin. 

MS Glow terus berkembang dengan meluncurkan berbagai macam produk dan menghadirkan klinik kecantikan di berbagai kota-kota besar. 

2. Rangkaian produk dan harga

Produk MS Glow banyak banget, mulai dari produk untuk jerawat, mencerahkan kulit, sampai anti aging. Ada juga produk perawatan tambahan seperti masker dan serum. 

Harganya lumayan mahal, mulai dari 60ribu sampai harga paketan 300ribu. Jadi, MS Glow bisa masuk kategori produk menengah. 

Tidak dijual di toko-toko. Kebanyakan online. Mohon beli di official store. 

3. Bahan-bahan dan keamanannya

Untuk legalisasi yang menjamin keamanan produk, MS Glow sudah mengantongi izin edar dan keamanan dari BPOM serta kehalalan dari MUI. Belum pernah ada kabar juga mengenai isu "abal-abal" ataupun penarikan produk. 

Seorang YouTuber kecantikan yang sering menguji krim kecantikan juga pernah menyatakan produk MS Glow tidak mengandung merkuri dan hidrokinon

Tetap penasaran sama bahan-bahannya? Aku akan tunjukkan bahan-bahan dari sebagian produk saja. 

Kebetulan ada seorang teman yang pernah memakai beberapa produk MS Glow. Dia menunjukkan ingredients dari produk micro essence, facial wash, red jelly, dan acne serum. 

Bahan-bahan micro essence
Aqua, Centella Asiatica Extract, Butylene Glycol, Collagen, Cereus Grandiflorus Flower, Saccharomyces Ferment Filtrate, Niacinamide, Phenoxyethanol, Agar, Cl 15985, Hyaluronic Acid, CI 42053, BHT, Ceramide 

Phenoxyethanol berfungsi sebagai pengawet pengganti paraben dan stabilisator. Penggunaan dengan bahan tertentu bisa mengatasi jerawat. Penggunaan aman sekitar 1% saja. Bisa menimbulkan alergi dan iritasi. Disarankan tidak dipakai oleh ibu hamil-menyusui dan anak di bawah 3 tahun. 

Yang berkode CL adalah pewarna. Sedangkan, BHT berfungsi sebagai stabilisator. 

Bahan-bahan facial wash
Wah gambarnya enggak jelas ya :') Tapi masih bisa dilihat di sana ada phenoxyethanol dan pewarna juga. 

Bahan-bahan Red jelly
Aqua, Glycerin,.. Alcohol, Butylene Glycol, Hydroxypropyl Methylcellulose Alcohol, Allantoin, Sodium Al ginate Butylen glycol,... , Phenoxyethanol, Propanediol, Sodium Hylarunote, TEA,Carbomer, Cherry blossom, Porphyridium Cruentum Extract, Arbutin, Citric acid, Sodium sulfite, Acetyl tyrosine. Maclura Co chinchinensis Leaf, Prenylflavonoids, Saxifraga sarmentosa extract, Paeonia suffruticosa root extract, Amino propyl Ascorbyl Phosphate, Scutellaria Baicalensis root extract, Gluthation, Cl 16255

Acne serum
Aqua, Butylene Glycol, Glycerin, Silica, Niacinamide, Dimethicone, Squalane, Centella Asiatica Extract, Sodium Carboxymethycellulose, Salix Alba Bark Extract, Triethanolamine. 

Dimethicone, jenis silikon yang memproteksi kelembaban kulit, mengatasi kemerahan, membentuk lapisan agar pori-pori tidak tersumbat. 

Bahan-bahan yang dipakai pada produk MS Glow memang banyak mengandung bahan sintetis, tapi masih termasuk aman. Hanya saja rawan bagi pemilik kulit sensitif. 

4. MS Glow bikin Glowing? 

Tidak bisa dibantah. MS Glow menjadi terkenal dan sukses hingga sekarang karena memang banyak orang yang merasakan manfaat baiknya. 

Rata-rata testimoni yang dimunculkan adalah perubahan kulit dari berjerawat parah menjadi mulus dalam waktu yang relatif singkat. Intinya, produk ini bisa mengatasi kemerahan dan jerawat yang akut. 

Buat para acne fighter, produk seperti ini memang "meracuni" banget. Pasti banyak yang beli. 

Ada sekitar 2 orang di sekitarku yang menjadi pemakai MS Glow. Sepupuku baru mulai coba beberapa produk MS Glow dan tidak ada masalah apapun. Satu lagi, temannya teman juga memiliki pengalaman baik dengan MS Glow. 

Sayangnya, gak semua orang merasakan kebaikan MS Glow. Namanya juga skincare. Pasti cocok-cocokan. Berdasarkan poling instagram yang tidak reliable, 50% orang berpendapat MS Glow bikin glowing, dan 50% orang malah gagal glowing. 

Temenku yang share ingredients MS Glow di atas termasuk ke kelompok orang yang kurang beruntung. Setelah memakai MS Glow, kulitnya mengalami breakout. Jerawat malah adem ayem aja berkembang biak. 
 
Sekarang dia udah mulai berhenti pakai MS Glow. Hanya pakai facial washnya aja. Dia pindah haluan dengan memakai produk drugstore biasa yang harganya jauh lebih murah dong dan kulitnya sekarang mulai membaik. 

5. Kemungkinan ketidakcocokan

Banyaknya orang-orang yang speak up tentang pengalaman buruk dengan MS Glow seharusnya dianggap biasa saja. Kenapa? Karena memang skincare itu cocok-cocokan. 

Kemudian, rata-rata orang yang pakai MS Glow itu memang sudah memiliki masalah kulit yang serius sebelumnya. Kemungkinan besar kulitnya sensitif sehingga penggunaan produk MS Glow memicu hal yang kurang baik. 

Silahkan lihat komposisi produk-produk MS Glow. Pasti ada saja satu bahan yang bisa memicu alergi dan ada juga yang mengandung pewarna. Oleh karena itu, pemiliki kulit sensitif harus bersiap dengan resiko ketidakcocokan yang lebih tinggi. 

Ada juga sih teori konspirasi hehehe ada yang bilang trend gagal glowing dengan MS Glow merupakan tindakan terorganisir dari brand sebelah. Persaingan bisnis gitu lah.

Bagaimana menghindari "gagal glow up"? 
1. Jangan berekspektasi tinggi 
2. Definisikan glow up versi diri sendiri
3. Kenali keadaan kulit sendiri 
4. Pahami kandungan bahan dalam produk skincare dan sesuaikan dengan keadaan kulit sendiri
5. Jangan mudah terayu dengan testimoni baik atau buruk
6. Hindari glow up instant dan tidak masuk akal
7. Jika keadaan kulit sudah parah, lebih baik menabung untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Ada yang mau menambahkan tips untuk menghindari "gagal glow up"? Yuks, share.

Intinya, kita harus pintar aja deh ya. Sekalipun bukan dokter, tapi sense dan logika kita masih jalan dong.

Semangat glow up!
See you... 

2 komentar

  1. Nah. betul! Ekspektasi yang harus dikendalikan. Karena skin care dari brand mana pun pasti ada resiko tidak cocok. Yg bisa dilakukan untuk menghindari adalah mulai untuk paham kondisi kulit dan belajar tentang kandungan penyebab tidak cocoknya :)

    BalasHapus
  2. Produk apa pun pasti butuh proses Kak, bahkan mie instan pun dimasak dulu beberapa menit sebelum disajikan. Tipis poin pertama tuh memang kuncinya sih Kak, merasakan sendiri waktu bulan" pertama lepas dari krim dokter, sensitif parah sampai merah".

    http://www.livelikediva.com

    BalasHapus