Beauty Diary by Rahma

Masalah Internet Tethering Telkomsel tidak Berjalan di Laptop

internet tethering hp bermasalah

Aku mengalami masalah dengan tethering hotspot internet pada laptop beberapa bulan kemarin. Pada saat mengajar daring beberapa bulan yang lalu tiba-tiba saja internet hotspot dari hp tidak berjalan di laptop sehingga zoom meeting terhenti. Hal itu terus berlanjut dan sangat mengganggu aktivitas daring karena satu-satunya sumber internet di rumah adalah dari hp.

Detail masalah adalah di internet yang tidak berjalan atau sangat lambat. Tethering hotspot sudah tersambung, tapi ketika aku mengakses web atau bahkan google search halaman tidak bisa terbuka dan bertuliskan "time out" dll. 

Biasanya halaman error itu muncul ketika kecepatan internet terlalu lambat sehingga halaman gagal termuat. Padahal internet di hp lancar-lancar saja.

Cara lain pun aku tempuh dengan mencoba tethering dari hp Bapak dan masih saja sama. Aku restart laptop, re-install wifi, hingga update driver. Tidak ada yang berhasil. Anehnya ketika laptop tersambung ke hotspot hp teman dan wifi kantor, internet berjalan dengan baik di laptop. 

Kebetulan teman dan wifi kantor tidak menggunakan Telkomsel sehingga aku berkesimpulan bahwa masalah bukan berasal dari laptop, tapi mungkin dari providernya. 

Lantas aku mencari-cari di internet yang berkenaan dengan tethering hotspot Telkomsel. Semua cara di Google dan Youtube aku coba selama dua/tiga bulan ini dan baru pagi tadi ada satu cara yang berhasil. Ternyata setting APN (Access Point Name) yang bermasalah.

Aku mengecek setting APN di hp menggunakan Telkomsel GPRS WEB. Kaget juga sih. Kok GPRS?Pantes lemot. Nah, salah satu artikel yang aku temukan menyarankan untuk mengatur kembali APN di hp dengan cara berikut.

1. buka menu setting

2. pilih SIM cards dan mobile network

3. pilih Access Poin Name. Apabila sulit mencari bisa klik tanda loop atau search di menu setting dan ketik "APN".

4. ganti pengaturannya sebagai berikut

    Name: internet 4G
    APN: internet
    Proxy: not set
    Port: not set
    username: not set
    Password: not set
    server: not set
    MMSC: not set
    MMS proxy: not set
    MMS port: not set
    MCC: 510
    MNC: 10
    Authentication type: none
    APN type: default
    APN protocol: IPv4
    Bearer: unspecifiied
    MVNO type: None

5. klik tiga titik dan klik save

Setelah menggunakan pengaturan APN di atas, aku bisa menggunakan internet dengan lancar di laptop. Nah, sepertinya hp bapak juga tidak bisa tethering gara-gara pengaturan APN nya yang tidak tepat.

Sekian, curhat kali ini. Semoga membantu kalian yang sedang bermasalah dengan internet tethering Telkomsel.


Tidak ada komentar

Posting Komentar