Beauty Diary by Rahma

Perawatan untuk Noda Hitam

perawtan untuk noda hitam

Noda hitam adalah salah satu masalah kulit dengan tingkat 'kebandelan' tinggi sehingga memerlukan kesabaran dalam mengatasinya. Banyak orang yang tidak menyadari akan masalah ini karena minimnya pengetahuan tentang perawatan kulit.

Noda hitam yang dikenal juga sebagai flek hitam memiliki nama kesehatan hiperpigmentasi. Dalam bahasa Inggris bisa disebut dark spot atau sunspot. Bahkan di beberapa bahasa daerah tertentu noda hitam juga memiliki nama. Contohnya dalam bahasa Sunda, noda hitam disebut 'kokoloteun'. 'kolot' artinya tua. Dinamai demikian karena umumnya muncul dengan jelas di masa tua atau setelah melahirkan. Padahal remaja dan dewasa muda pun beresiko mengalami masalah ini.

Penyebab utama noda hitam adalah adanya peningkatan produksi melanin yang dihasilkan oleh kulit. Melanin merupakan zat warna tubuh yang biasa mewarnai kulit, mata, bibir, dan rambut sehingga manusia memiliki warna penampilan yang berbeda-beda.

Pada keadaan tertentu tubuh memproduksi zat melanin berlebihan dan tidak merata. Misalnya, tubuh memproduksi melanin berlebihan ketika terdapat faktor yang bisa merusak DNA di tubuh kita. Dengan kata lain, melanin adalah pertahanan tubuh.

Beberapa hal yang bisa memicu tubuh mengeluarkan zat melanin berlebih, yaitu: paparan sinar UV matahari, perubahan hormon contohnya saat hamil atau saat dalam kondisi medis tertentu, iritasi, dan obat-obatan yang memicu sensitivitas terhadap matahari. 

Paparan sinar matahari nampaknya menjadi pemicu yang paling banyak dirasakan oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang berkulit terang dan kering.  

Tingkat keparahan noda hitam sangat bervariasi. Ada bintik-bintik kecil kecoklatan yang biasa diakibatkan oleh sinar matahari dan sering disebut sunspot. Ada pula berupa bercak yang lebih luas dan gelap seperti melasma, noda hitam yang disebabkan oleh masalah hormon dan umumnya diderita oleh para perempuan, terutama saat sedang hamil. 

Terakhir, jenis noda hitam yang bernama Post inflammatory hiperpigmentation (PIH) atau hiperpigmentasi pasca peradangan. Bekas luka kecoklatan akibat peradangan luka seperti jerawat.

Memudarkan noda hitam

Solusi untuk memudarkan atau menghilangkan noda hitam yaitu dengan pengelupasan atau pencerah. Banyak produk dan perawatan untuk noda hitam. Prosesnya bisa beberapa bulan hingga tahunan. Tergantung intensitas perawatan.

Perawatan paling efektif dan cepat adalah melalui tindakan laser. Dokter akan menembakan laser pada noda hitam sehingga terbakar dan terkelupas. Dengan demikian kulit akan terangsang untuk memproduksi kulit baru yang lebih bersih. Perawatan ini sangat efektif, tetapi memhabiskan biaya yang sangat mahal, sekitar 1jutaan untuk satu kali treatment.

Perawatan selanjutnya adalah microdermabrasi dan chemical peeling. Prinsip dari perawatan ini sama dengan laser yaitu mengelupaskan kulit. Biaya perawatannya memang lebih murah dibandingkan laser, tapi karena tidak seampuh laser, perlu dilakukan jumlah treatment yang lebih banyak untuk menghilangkan noda hitam.

Perawatan terakhir yang paling ekonomis adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit untuk pencerah dan eksfoliasi (pengelupasan kulit). Skincare jenis ini bisa merangsang kulit untuk berganti sekaligus memudarkan penampakan noda hitam di kulit. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, tentu saja diperlukan kesabaran dan ketelatenan.

Produk-produk perawatan kulit yang menjadi favorite banyak orang dalam memudarkan noda hitam bisa didapatkan dengan mudah. Berikut beberapa produk yang bisa dicoba untuk memudarkan noda hitam.

1. Produk dengan bahan aktif AHA / BHA: Cosrx AHA 7 whitehead power liquid, Avoskin YSB Lactic Acid Kiwi fruit + Niacinamide, Pixi Glow Tonic Exfoliating Toner, Somethinc Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying toner... dll

2. Dengan produk berbahan aktif retinol: Differin gel Adapalene gel 0.1%, Erto's retinol serum fine lines & wrinkle dark spot, Avoskin miraculous retinol ampoule, Somethinc level 1% retinol serum..dll

3. Produk pencerah/ brightening : Lacoco darkspot serum, Axis-Y dark sport correcting glow serum, Avoskin YSB azeclair 10% + kombucha 3% + niacinamide 2,5% vaccine serum, Reluvie brightening serum... dll

Mengatasi noda hitam memang tidak mudah. Apabila belum bisa mengambil perawatan-perawatan di atas, setidaknya kita bisa mencegah noda hitam bertambah banyak dengan cara menggunakan sunscreen atau tabir surya. 

Selalu berkonsultasi dan membaca panduan penggunaan perawatan kulit agar perawatan sesuai dengan prosedur. 

Tidak ada komentar