Beauty Diary by Rahma

8 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Wajib Kamu Beli!

Siapa pun tentu senang, sekarang ini keadaan sudah jauh lebih baik. Ya, pandemi sudah bisa kita kontrol. Meski masih harus taat protokol kesehatan, namun sekarang, kita sudah lebih bebas ke sana kemari. Salah satunya berwisata ke Surabaya. Kamu berencana piknik ke Surabaya dalam waktu dekat? Pesan Sriwijaya Air di sini sekarang juga. Siapa tahu, kamu dapat tanggal yang pas dengan harga yang juga pas di dompet kamu.

Berburu Oleh-oleh Cinderamata Khas Surabaya
Berwisata tak lengkap jika pulangnya tak membeli oleh-oleh. Entah itu itu untuk sanak saudara, kolega kerja, atau siapa saja. Nah begitu juga saat ke Surabaya. Selain makanan-makanan yang khasnya, jangan lupa berburu juga 8 cinderamata berikut. Sebab tanpanya, kamu tak afdal jika tak membelinya.

1. Kaos Cak Cuk
Oleh-oleh paling populer saat berkunjung ke suatu kota itu biasanya adalah kaos. Begitu juga saat ke Surabaya. Jika di Bali ada yang namanya kaos Joger, nah di Surabaya itu ada Kaos Cak Cuk.

Kaos unik khas Surabaya yang digandrungi anak muda. Kamu bisa memilih aneka warna yang dipadu dengan kata-kata atau kalimat-kalimat unik atau yang dihiasi gambar-gambar ikon yang ada di kota Surabaya.

Harganya lumayan terjangkau. Yakni mulai dari 100 ribu rupiah per potongnya. Kaos Cak Cuk ini bisa kamu beli di outletnya yang berada di Jalan Dharmawangsa No 35 Surabaya.

2. Miniatur Patung Buaya
Jika ada yang bertanya apa yang terlintas di kepala saat disebut kata Surabaya, jawaban yang paling banyak pasti adalah patung sura dan buaya. Atau patung buaya putih dan juga hiu putih. Nah saat jalan-jalan ke Surabaya, yang jangan sampai terlupa untuk dibeli itu adalah miniatur patung ikonik dari Surabaya ini. Khususnya patung buaya putih.

Kamu bisa membeli miniatur patung buaya putih ini dalam pilihan aneka jenis bahan, aneka jenis ukuran, dan juga aneka jenis harga. Di setiap sudut kota Surabaya, kamu bisa dengan mudah membelinya. 

3. Kerajinan Eceng Gondok
Souvenir unik lain yang juga bisa kamu beli saat di Surabaya adalah kerajinan eceng gondok. Betul, di Surabaya, tanaman gulma eceng gondok diberdayakan banyak UMKM menjadi produk yang unik dan berdaya jual.

Bentuknya bisa berupa sandal, tas atau juga taplak meja yang unik. Kualitasnya tak perlu diragukan. Awet dan juga menarik. Untuk harga tak perlu ragu. Kerajinan berbahan dasar eceng gondok ini sangat terjangkau, yakni berkisar antara 100 ribu hingga 200 ribu rupiah saja.

4. Udeng Suroboyo
Produk yang satu ini juga banyak diserbu wisatawan. Entah itu wisatawan lokal atau pun wisatawan dari luar negeri. Benar, udeng Suroboyo yang disebut juga sebagai Udeng Poteh Poncot Miring. Yaitu penutup kepala yang dibuat dari kain batik. Penutup kepala ini banyak digunakan oleh laki-laki yang ada di Jawa Timur.

Tak sembarangan, udeng Suroboyo ini punya makna khusus. Konon, dua layar di belakang udeng itu mempunyai arti bahwa seorang Cak Surabaya itu haruslah tegas. Dia juga tidak menyimpan unek-uneknya di dalam hati. Ada pun segitiga di depan udengnya itu menggambarkan bahwa seorang Cak juga harus mempunyai tujuan hidup dan visi yang lurus ke depan.

5. Kerajinan Hewan Laut
Semua orang tahu, Surabaya dekat dengan laut. Nah salah satu souvenir andalannya itu juga merupakan kerajinan yang berbahan dasar cangkang hewan laut yang sudah mati. Jangan salah, meski terdengar sepele, namun produk hasilnya sangat cantik dan berdaya jual yang tinggi.

Ada yang berbentuk tirai, gantungan kunci, lampu, pigura foto, kalung, gelang, lampion, dan banyak lagi. Harganya sendiri itu sangat terjangkau. Tergantung dari bentuk, ukuran, dan juga kerumitan proses pembuatannya.

6. Gelas Tempurung
Barang lain yang bisa dijadikan sebagai cenderamata sepulang dari Surabaya itu adalah produk hasil olahan tempurung kelapa. Produk ini biasanya berupa gelas tempurung. Ya benar, di Surabaya, limbang batok kelapa disulap jadi produk yang bermanfaat. Dengan cara diolah dengan dihaluskan terlebih dahulu, dan kemudian dibentuk jadi gelas, limbah ini berhasil menjadi produk berdaya guna. Harganya sangat terjangkau.

7. Batik Khas Surabaya
Indonesia kaya akan ragam batik. Di berbagai daerah, ada batik khas masing-masing. Salah satunya juga Surabaya, memiliki batik yang tidak dijumpai di daerah lain. Motif batik Surabaya itu kebanyakan menggambarkan corak yang sangat menggambarkan Surabaya.

Entah itu dari segi pilihan warnanya, hingga ke pilihan motifnya. Bisa dibilang, Surabaya banget. Misalnya saja dengan penambahan ornamen ayam bekisar, bentuk suro dan boyo, daun semanggi, dan juga motif bunga sedap malam.

Satu lagi, di Surabaya juga ada batik mangrove. Tak cuma motifnya saja yang berbentuk mangrove, pewarna yang digunakan kain batiknya sendiri itu menggunakan tumbuhan mangrove.

8. Kerajinan Daun Kering
Produk yang satu ini juga jangan lupa untuk kamu beli. Namanya kerajinan dari daun kering. Produsennya adalah UMKM yang bernama UKM Bengkel Kriya Daun 9996. Jadi di sini, daun kering itu diolah dengan sedemikian rupa. Hasilnya berupa handicraft cantik dan juga unik. Bentuknya ada yang berupa tempat tisu, ada yang berupa penutup lampu, dan juga kotak serba guna. Harganya dijamin gak bikin dompetmu tipis.

Itu dia 8 oleh-oleh cinderamata khas Surabaya yang bisa kamu beli. Pastinya, di samping oleh-oleh tersebut, kamu juga kudu beli makanan-makanan khasnya. Supaya lengkap. Ayo sekarang buka aplikasi Traveloka. Booking tiket pesawat sekarang juga. Selamat berwisata!

Tidak ada komentar