Beauty Diary by Rahma

10 Produk Sunscreen yang Tidak Mengandung Alkohol

Sunscreen sudah menjadi kebutuhan utama dalam perawatan kulit. Manfaat yang diberikan tidak main-main karena langsung berkaitan dengan kesehatan. Jadi, pemakaian sunscreen bukan semata-mata untuk kecantikan saja, melainkan juga untuk kesehatan kulit.

Terdapat banyak sunscreen yang beredar di pasaran. Secara umum ada tiga jenis sunscreen yang saat ini tersedia berdasarkan cara kerjanya, yaitu physical sunscreen, chemical sunscreen dan hybrid. 

Jenis-jenis sunscreen

Physical sunscreen membuat lapisan untuk menghalangi sinar radiasi matahari tembus ke kulit. Zat utama yang dipakai biasanya berupa titanium dioxide dan zinc dioxide. Jika tidak ada salah satu dari dua zat tadi, maka kemungkinan besar sunscreen kalian adalah jenis chemical. Chemical sunscreen mengubah sinar matahari menjadi panas dengan contoh zat utama avobenzone, octinoxate dan oxybenzone. 

Jenis terbaru, hybrid, memiliki dua cara kerja yakni menghalangi dan merubah sinar matahari. Karena hybrid, produk jenis ini memadukan zat utama physical dan chemical sunscreen. Semua jenis sunscreen memiliki kemampuan yang sama baiknya. Pemilihan jenis ini biasanya lebih didasarkan pada kenyamanan pemakaian.

Pada umumnya jenis physical memberikan whitecast yang lebih nampak sedangkan chemical tidak. Namun, physical sunscreen bisa langsung efektif melindungi kulit sesaat setelah pemakaian sedangkan jenis chemical memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk bisa efektif melindungi kulit. Biasanya terdapat perhatian di kemasan seperti "tunggu 15 menit sebelum terpapar sinar matahari".

Sunscreen saat ini dikembangkan menjadi lebih dari sekedar pelindung. Terkadang para produsen membuat sunscreen yang bisa juga melembabkan atau bahkan memutihkan kulit. Dengan hadirnya penambahan manfaat, zat yang dimasukan pada sunscreen juga bertambah seperti ceramide, licorice, dan alcohol.

Sisi Negatif dari Sunscreen beralkohol

Alkohol adalah zat yang hampir selalu ada dalam produk kecantikan. Namanya mungkin akan berbeda-beda dalam setiap produk karena turunan dari zat ini banyak sekali. Ini merupakan pekerjaan tambahan bagi pemilik kulit sensitif terhadap alkohol karena harus menelusuri produk yang akan dibeli lebih dalam lagi.

Tidak bisa dipungkiri bahwa alkohol memiliki manfaat, seperti tocopherol (Vitamin E),  Cetearyl alcohol, dan retinol (Vitamin A). Zat tersebut biasa dipakai dalam produk sunscreen untuk membantu menutrisi kulit. Namun, bagaikan koin dua sisi, terdapat juga alkohol yang tidak begitu baik untuk kulit.

Contoh alkohol yang kurang baik untuk kulit adalah ethanol, alkohol denat, isopropyl alcohol, methanol, benzyl alcohol, dll. Jenis alkohol ini biasa digunakan untuk memberikan efek cepat meresap atau kering sehingga produk terasa ringan di kulit. Pada umumnya ditujukan untuk kulit kering. Sayangnya, mereka bisa mengganggu mantel asam alami kulit sehingga kulit lebih kering dan mudah teriritasi.

Untuk meringankan para pemilik kulit sensitif dalam mencari sunscreen yang tepat, berikut daftar 10 sunscreen yang saya rangkum dari bereal. Di halaman tersebut terdapat banyak daftar produk sunscreen terbaik. Saya pilih produk-produk yang diklaim sebagai sunscreen non alkohol yang aman untuk dipakai sehari-hari sebagai referensi bagi pemilik kulit sensitif terhadap alkohol.

1. Emina Skin Buddy Protection

sunscreen non alkohol

Saya tidak menyangka ternyata sunscreen Emina ini bebas dari alkohol. Kandungan lain yang tak kalah menarik adalah adanya hyaluronic acid yang bisa menjaga kelembapan kulit dan ekstrak calendula yang berfungsi sebagai tabir surya alami supaya kulit tidak mudah iritasi.

Harga produk-produk Emina sangat terjangkau. Untuk sunscreen ini ada di kisaran harga 30ribuan.

2. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel

sunscreen non alkohol

Brand sejuta umat ini mengeluarkan sunscreen non alkohol dengan tekstur gel. Tekstur tersebut biasanya ringan di kulit sehingga nyaman dipakai sehari-hari. Harganya tidak jauh berbeda dengan Emina, yakni 30ribuan.

3. Skin Aqua UV Mild Milk

sunscreen tanpa alkohol

Skin Aqua merupakan produk dari Rohto. Kebetulan saya sendiri pernah memakai produk ini dan mendapatkan kesan positif. Teksturnya berupa water-based yang cair. Mungkin bagi yang baru pertama pakai, produk ini akan terasa basah atau berminyak di kulit. 

Perlu beberapa menit agar produk bisa menyerap dengan baik. Setelah menyerap, kulit akan kembali ke keadaan normal dan setelah itu baru kita bisa lanjut ke tahap makeup.

Kelebihan Skin Aqua adalah bebas alkohol dan parfum, terasa ringan seperti tidak pakai sunscreen setelah menyerap dengan baik, harga yang terjangkau (sekitar 50ribuan) dan memiliki pelembab tambahan untuk kulit kering.

4. Biore UV Aqua Rich Watery Essence

sunscreen tanpa alkohol

Ini salah satu sunscreen luar yang sempat hype juga. Selain tidak mengandung alkohol, Biore Aqua Rich tidak mudah luntur karena diklaim memiliki sifat water resistant dan sweatproof selama 80 menit. 

Sesuai dengan namanya, teksturnya watery sehingga mudah menyerap, ringan di kulit dan tidak menimbulkan komedo. Produk ini juga memiliki efek cooling, mendinginkan kulit serta beberapa zat untuk melembabkan kulit.

Dengan segala macam manfaat yang diberikan wajar saja jika produk ini dibandrol sekitar 120ribuan. 

5. Carasun Solar Smart UV Protector

sunscreen tanpa alkohol
Buat saya Carasun merupakan salah satu produk sunscreen dengan kemasan yang lucu. Menghadirkan tabir surya tanpa alkohol dan parfum menjadikan Carasun sebagai produk yang ramah kulit sensitif.

Mereka juga menanamkan teknologi CityStem yang katanya membuat tekstur produk lebih siap dan cocok dipakai di daerah tropis. Untuk melembabkan kulit, mereka memilih phytosterol, dan squalane. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yaitu di 60ribuan.

6. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel

sunscreen tanpa alkohol

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel memiliki tekstur gel yang ramah untuk kulit berjerawat. Selain non alkohol, produk ini tidak menyumbat pori-pori.

Manfaat lainnya, sunscreen ini bisa menutrisi kulit dengan kandungan propolis, aloe vera, green tea, dan pomegranate. Karena tambahan nutrisi ini, Azarine memiliki harga di rentang 60ribuan.

7. Lacoco Daily UV Counter

sunscreen tanpa alkohol

Lacoco merupakan brand perawatan kulit dari Indonesia. Saya pernah pakai beberapa produknya yang memiliki karakter 'melembabkan'. Enak dan adem di kulit. Sunscreen harian dari Lacoco ini terbebas dari alkohol. 

Fungsi melindunginya ditambah dengan fungsi perawatan kulit. Mereka memasukan niacinamide untuk merawat kulit berminyak dan menghilangkan bekas jerawat. Ada juga squalene sebagai pelembab dan penghalus kulit.

Produk Lacoco menargetkan pasar menengah dan atas. Sunscreenya berada di rentang 170ribuan.

8. Somethinc Holyshield! Sunscreen Shake Mist SPF46 PA+++

sunscreen tanpa alkohol
Salah satu brand lokal yang lagi hype, Somethinc, memiliki varian sunscreen spray. Produk-produk dari Somethinc terkenal unik, pun demikian dengan sunscreen ini. Selain bentuk spray yang praktis, tabir surya Somethinc diklaim vegan dan bersahabat dengan kulit berjerawat. 

Harganya berada di rentang 109ribuan.

9. Some By Mi Truecica Mineral 100 Calming Sunscreen

sunscreen tanpa alkohol
Dari namanya, sunscreen Some By Mi ditujukan bagi kulit berjerawat. Efek "calming" biasanya ditujukan untuk kulit meradang akibat jerawat dan juga kulit yang terpapar sinar matahari. Ini karena ada banyak zat tambahan lain untuk menenangkan kulit seperti tea tree oil, orange peel oil, dan lavender oil.

Tanpa alkohol dan parfum, sunscreen ini multifungsi sekali. Tidak heran apabila berada di rentang harga 230ribuan.

10. Skeeneeds Hyaluronic Acid Sunscreen Mist

sunscreen tanpa alkohol
Terakhir ada sunscree dari Skeeneeds. Jujur saja aku baru pertama kali dengan produk ini. Terus kenapa dipilih? Pertama, bentuknya berupa spray yang praktis. Maklum, di pasar masih sedikit ditemukan sunscreen spray. 

Kedua, produk ini termasuk ke jenis physical sunscreen, loh. Lebih praktis, tidak perlu menunggu produk mulai bekerja. Terakhri walaupun tanpa alkohol, Skeeneeds menambahkan ekstrak licorice dan niacinamide untuk menutrisi kulit. 

Saya kira produk ini akan berada di atas 100ribu. Ternyata hanya di rentang 80ribuan saja.

Nah, itu 10 produk sunscreen yang tidak mengandung alkohol pilihan saya di bereal.id. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar