Beauty Diary by Rahma

Kelas Bahasa Inggris Gratis dari GPEX Hongkong

Hi, saya ingin berbagi pengalaman tentang kelas bahasa Inggris gratis dari GPEX Hongkong. Kelas ini diadakan secara daring dan terbuka untuk umum, dengan usia minimal 16 tahun. Tidak ada pembayaran apapun sehingga ini benar-benar GRATIS. Mereka tidak rugi mengadakan kelas gratis ini karena mereka sedang membutuhkan siswa sebagai subjek pengajaran.

GPEX Hongkong adalah salah satu pusat pembelajaran bahasa Inggris dengan wewenang dari Cambridge untuk mengeluarkan pelatihan CELTA (Certificate in Teaching English to Speakers of Other Languages). 

Pelatihan CELTA ditujukan bagi siapa saja yang membutuhkan sertifikat tersebut untuk mengajar bahasa Inggris. Salah satu pelatihannya adalah praktek mengajar. Nah, untuk hal itu, mereka membuka kelas daring gratis supaya mendapatkan siswa dengan cepat.

Setelah melihat latar belakang tersebut, para siswa yang berpartisipasi harus benar-benar bisa membantu para pengajar dalam proses belajar mengajar nanti. Ini bukan hanya sekedar membantu siswa melatih kemampuan berbahasa Inggis, tetapi juga membantu para pengajar untuk mendapatkan sertifikatnya. 

Please don’t take it for granted. Once you join the class, you attend all the activities and be active. Perilaku siswa di kelas akan sangat berpengaruh pada pencapaian pengajar juga.

Syarat untuk mengikuti kelas bahasa Inggris gratis dari GPEX Hongkong sangat mudah:
  1. Berusia 16 tahun atau lebih. Materi pembelajaran adalah English for Adults, bukan untuk anak-anak. 
  2. Bersedia mengikuti semua kelas. Satu pertemuan sekitar 2,5 sampai 3 jam dan kelas ini memiliki total kira-kira 9 pertemuan.
  3. Belajar menggunakan komputer/PC. Tidak menggunakan HP atau tablet karena sering mengalami kendala pada proses download, menampilkan materi serta mengerjakan latihan.
  4. Menyalakan mic dan camera saat proses belajar. 

Pengalaman  

Saya tahu kelas ini di tahun 2021 dari salah seorang teman yang bekerja di lembaga terafiliasi Cambridge. Ini sih penawaran yang tidak boleh terlewatkan. Itung-itung belajar di kelas internasional, yang kalian tahu lah biayanya enggak murah. 

Jujur saja, kendala saya sebagai pengajar bahasa Inggris adalah pada komunikasi lisan. Bisa jadi karena faktor psikologis. Kadang nervous saat berbicara pada orang asing, yang bahkan bukan native speaker. Jadi ketika ada tawaran kelas gratis ini, saya langsung tertarik dan join, walaupun sebenarnya masih takut hehe.

Ternyata ada beberapa teman yang ikut kelas ini juga. Saya tidak merasa sendiri dan rasa takut pun agak berkurang. Di akhir tahun 2021, saya mulai mengikuti kelas ini dengan jadwal malam hari, Senin sampai Rabu, pukul 6.30 hingga 9 malam di kelas pre-intermediate.

Awalnya tentu sangat takut, malu, dan gugup. Walaupun ada orang-orang yang saya kenal, banyak juga orang yang asing. Para pengajar kebanyakan dari China, tapi ada juga dari negara lain seperti Ghana, Trinidad, Malaysia, dan Polandia. Siswanya kebanyakan dari Indonesia sih hehe mungkin kita benar-benar suka yang gratis-gratis ya. Siswa lain berasal dari China, Turki, Thailand, dan Polandia. Intinya sih dari berbagai negara gitu lah ya.

Satu pertemuan akan dibagi menjadi dua atau tiga sesi. Nanti pengajarnya bergiliran untuk memberikan materi. Materi ajar meliputi empat kemampuan berbahasa: listening, speaking, reading dan writing. Metode mengajarnya berdasarkan standard CELTA. 

Siswa akan selalu didorong untuk berdiskusi terkait teks dan soal-soal latihan. Pokoknya kita enggak akan cuma duduk mendengarkan, tetapi juga harus berbicara/berpendapat. Di akhir sesi, pengajar akan memberikan feedback terkait pronunciation dan hal-hal yang penting untuk menjadi perhatian siswa. 

Lewat kelas ini juga telinga saya menjadi terbiasa untuk mendengarkan bahasa Inggris dengan aksen berbeda karena dipertemukan dengan orang-orang dari berbagai negara dan budaya. 

Kita full menggunakan bahasa Inggris sebagai media berkomunikasi. Lama-lama saya terbiasa juga berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Hal ini secara tidak langsung meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara. 

Saya menyadari bahwa para pengajar dan teman-teman lain di seluruh dunia juga memiliki isu yang sama seperti saya saat belajar bahasa Inggris, utamanya dalam hal pronunciation dan tenses. Sedikit demi sedikit rasa malu berkurang dan semakin bersemangat untuk berlatih.

Awal tahun 2023 mereka mengadakan kelas gratis lagi. Saya ikut kelas upper-intermediate dari bulan Februari hingga awal Maret. Karena sudah ada pengalaman, kali ini saya tidak begitu gugup. Senang bisa belajar bersama-sama lagi. Apalagi lingkungan dan suasana yang tercipta sangat positif untuk belajar.

Hal yang perlu dipertimbangkan

Selain persyaratan, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui. Jadwal kelas gratis ini tidak menentu, kadang siang hari, kadang malam hari. Ini tergantung dari jadwal pelatihan CELTAnya. 

Lihat juga standard waktu yang digunakan. Biasanya mereka mengacu pada waktu Hongkong yang mana 1 jam lebih awal dari pada Indonesia Barat. Kelas jam 7 malam berarti jam 6 malam WIB.

Ketika saya mengunjungi website GPEX, tidak ada informasi untuk kelas ini. Bisa diambil kesimpulan bahwa kelas ini bersifat terbatas juga. 

Jenjang levelnya pun ditentukan oleh GPEX sesuai dengan kebutuhan pelatihan. Tahun 2021 mereka membuka kelas untuk level elementary dan pre-intermediate. Yang paling terakhir, mereka membuka kelas elementary dan upper-intermediate. Kelas selanjutnya mereka membuka kelas di level elementary dan intermediate. Seperti yang ada di poster di bawah ini. 

Kelas bahasa Inggris gratis


Sayang sekali, jadwal kelas intermediate bulan May - June 2023 tidak cocok dengan waktu luang saya. Mudah-mudahan mereka terus mengadakan kelas seperti ini dengan jadwal yang lebih sesuai untuk para pekerja. Mari terus berburu kelas gratis haha.

No worries, InsyaAllah saya akan update kelas-kelas selanjutnya apabila saya dapat poster dari GPEXnya.

Cara daftar

Apabila kalian tertarik mengikuti kelas bahasa Inggris gratis ini silakan scan QR code yang tertera pada poster. 
  1. Scan QR code. Kalian akan dibawa ke form pendaftaran. 
  2. Sebelum mengisi data diri, silakan klik link placement test terlebih dahulu. Ambil placement test General English. Screenshot hasil test tersebut.
  3. Kembali ke form pendaftaran. Isi identitas diri dan upload screenshot hasil placement tadi.
  4. Kirim form jika sudah lengkap.
  5. Tunggu pesan balasan dari GPEX Hongkong. Kadang mereka balas cepet kadang enggak hehe.

Jika kalian terpilih, mereka akan menghubungi kok. Selanjutnya, kita akan dimasukan ke grup untuk mendapatkan link zoom meeting. 

Tentu saja datang ke kelas tepat waktu, ya. Kalau sudah tahu jadwalnya, jangan tunggu untuk diingatkan. Langsung join zoom meetingnya saja. 

Sekian pengalaman saya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Posting Komentar