Bonabea Vitamin Hair Oil Review

Bonabea Vitamin Hair Oil

Bonabea adalah brand perawatan rambut lokal. Brand ini masih baru dalam industri, tapi foundernya sudah berkecimpung di dunia hair salon selama lebih dari 30 tahun. Sekarang, mereka mencoba mengeluarkan produk perawatan rambut dengan resep rumahan sendiri berupa vitamin hair oil dan vitamin hair spray. 

Vitamin rambut Bonabe terdiri dari beberapa varian. Untuk hair oil, mereka memiliki varian lemon dan strawberry. Sementara itu, vitamin hair spray baru memiliki varian apel. Lewat tulisan ini, kita akan mencoba mengulas Bonabea vitamin hair oil varian strawberry. 

Kemasan

Kemasan luar Bonabea vitamin hair oil berupa kardus didominasi warna latar putih. Bahan dari luar seperti kerta tipis yang terlihat gampang sobek, tapi bagian dalamnya dilapisi plastik untuk memperkokoh kemasan. 

Karena media untuk mendapatkan Bonabea ini bersifat daring, bahan kemasan perlu diperhatikan agar produk terlindungi dengan baik saat proses pengiriman dan kemasan Bonabea ini sudah sangat cukup. Pas kemarin aku terima pun, pengemasan ditambahkan bubble wrap dan beberapa plastik yang pasti sangat aman untuk produk.

Bonabea Vitamin Hair Oil

Desain kemasan lumayan sederhana dengan informasi produk yang cukup lengkap, mulai dari volume, komposisi, kegunaan, cara pakai, informasi singkat mengenai produk, dan form tanggal produksi.

Beberapa informasi yang masih perlu ditambahkan yaitu tanggal produksinya, informasi produsen, dan nomor BPOM. 

Form tanggal produksi sudah ada tapi tidak dicantumkan tanggalnya. Setauku, produk minyak-minyakan tidak memiliki kadaluwarsa sehingga akan lebih baik formnya dihilangkan saja supaya konsumen tidak bertanya-tanya. 

Informasi produsen juga penting, siapa yang membuat dan dimana dibuatnya. Terakhir mengenai BPOM, aku masih mentoleransi sih. Pertama, usia brand masih muda. Kedua, kita semua tahu proses perizinan di Indonesia gimana ya 😁 So.... Semangat Bonabea! 😊 

Bonabea Vitamin Hair Oil

Kemasan dalamnya berupa botol kaca yang dilengkapi pipet. Ini merupakan kemasan umum minyak rambut. Aku sangat suka dengan kemasan seperti ini karena pastinya bisa dipakai kembali. Namun untuk jumlah botol bekas yang sudah menumpuk, mudah-mudahan Bonabea membuka program penampungan/penukaran botol bekas produknya.

Kualitas pipet botol Bonabea sangat bagus. Tidak ada kendala dalam pengambilan produk. Oia, untuk membuka kemasan botol pipet seperti ini bukan hanya diputar ya. Ditekan sambil diputar. Itu yang betul. 

Komposisi

Konsep yang ditawarkan oleh Bonabea adalah perawatan rambut alami. Tidak ada unsur paraben dan alkohol. Aman untuk ibu hamil dan menyusui. Berikut bahan-bahannya:

  1. Virgin coconut oil (VCO), fungsi utama: melembabkan dan memperbaiki struktur rambut. Bahan satu ini memang udah wajib banget untuk perawatan rambut. Dulu zaman aku kecil nenek rajin banget pake VCO alias minyak keletik 😁 rambut nenek dulu berkilau-kilau dan panjang. 
  2. Castor oil alias minyak jarak untuk melembabkan dan membantu pertumbuhan rambut.
  3. Rosemary essential oil untuk memulihkan jaringan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.
  4. Lavender essential oil untuk merangsang pertumbuhan rambut.
  5. Strawberry essential oil, aku tidak menemukan artikel khusus yang membahas strawberry essential oil untuk rambut, jadi mungkin fungsi dia bisa sebagai parfum alami. 
  6. Vitamin E untuk mempertahankan kilau rambut dan memperbaiki struktur rambut.
Bonabea Vitamin Hair Oil

Kegunaan

  1. menyehatkan kulit kepala
  2. memperkuat akar rambut
  3. membantu menumbuhkan rambut baru
  4. mengurangi ketombe
  5. menghaluskan dan memperbaik helaian rambut yang rusak

Tekstur dan wangi 

Tekstur Bonabea vitamin hair oil berupa minyak saja hehe dengan warna bening seperti minyak goreng premium. Waduh.... sorry oot ya, masih terkejut dengan fenomena kelangkaan minyak goreng wkwkwk πŸ˜‚ 

Bonabea Vitamin Hair Oil

Tekstur enggak terlalu kental dan memiliki wangi strawberry yang manis. Ada wangi rosemary juga kok. Paduan wanginya enak untuk rambut. Gak sedikit loh orang mengeluhkan wangi dari minyak rambut alami. Nah, mungkin Bonabea bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin minyak rambut alami ramah di hidung.

Cara pakai

  1. kocok produk terlebih dahulu
  2. teteskan produk pada kulit kepala dan pijat supaya minyak meresap.
  3. oleskan sisa minyak sampai ujung rambut
  4. tutup rambut dengan hair cup atau handuk hangat selama 2 jam
  5. keramas dengan air hangat untuk membersihkan minyak di rambut
Melihat urutan pemakaian di atas, Bonabea vitamin hair oil sama seperti hair mask pada umumnya. Perlu didiamkan beberapa saat dan ada proses pembilasan.

Disarankan menggunakan hari oil ini tiga kali dalam seminggu dan dilanjutkan dengan pemakaian Bonabea vitamin hair spray.

Yang aku suka dari Bonabea

Aku pakai Bonabea selama dua minggu nih. Masih sangat singkat untuk melihat hasil pemakaian produk rambut. Apalagi, Bonabea memiliki kegunaan untuk membantu pertumbuhan rambut yang mana gak bisa dihakimi dalam jangka waktu dua minggu.

So, aku hanya akan memberikan hal yang bisa pengguna dapatkan dalam jangka pendek saja. Pertama, wanginya enak. Kedua, Bonabea vitamin hair oil sangat menjaga kelembaban rambut. Terakhir dan yang penting, sangat membantu meningkatkan dan mempertahankan kilau rambut yang sehat.

Dari dulu aku suka rambut panjang. Sekarang rambutku udah sepinggang😁 Alhamdulillah kali ini rambut panjangku sehat wal afiat. Tidak seperti zaman SMP dan SMA dulu yang sering bercabang dan kering.

Curhat

Buat kalian yang baru coba hair oil, wajib tahu karakter rambut hasil dari perawatan hair oil. Aku akan mewanti-wanti jika kalian ingin rambut lembut dan halus seperti rambut bayi, hair oil is not for you.

Hair oil lebih seperti makanan untuk rambut bukan pelembut karena batang rambut akan memiliki karakteristik besar dan kuat. So, lembutnya enggak seperti lembut bayi, tapi enggak kasar juga. Licin kali ya? susah ngejelasinnya, maaf.

Khusus buat produk Bonabea ini, jangan shocked kalau rambut berjatuhan di awal-awal pemakaian. Secara alami rambut akan rontok hingga sekitar 100 helai per hari. Rambut jatuh di awal pemakaian Bonabea kurang dari segitu kok, jadi jangan khawatir. 

Setelah jatuh nanti rambut akan diganti dengan rambut baru yang lebih bagus/kuat tergantung dari makanan yang kamu kasih ke kulit kepala. Jatuh lagi, dan diganti lagi. Itu menjadi bagian dari lingkar kehidupan rambut sih. 

Ingin coba Bonabea vitamin hair oil?

Bisa kunjung toko resmi mereka di shopee Bonabea atau tokopedia. Harganya Rp99.000 untuk 60ml. Itu tidak mahal sama sekali karena memang pasaran hair oil segituan 😁 

Bonabea Vitamin Hair Oil

Oia, aku sangat merekomendasikan membeli Bonabea di official store mereka untuk mendapatkan pelayanan dan pengalaman yang optimal.

Informasi lebih lanjut kalian bisa tanya-tanya lewat instagram resmi Bonabea.

Selamat mencoba.

2 komentar

  1. saya sudah coba produknya kak.. hasilnya memang memuaskan sekali. terimakasih sudah berbagi informasi kak.. sukses selalu.

    BalasHapus
  2. Saya sudah mencoba kak.. hasilnya memang memuaskan sekali.. terimakasih sudah berbagi informasinya kak.. sukses selalu

    BalasHapus